Banyak Diminati: Program Manajemen Kebugaran dan Kesehatan di Les Roches Switzerland
22 Juni 2017
Sediakan Kurikulum Bermutu, UNL Terdepan dalam Ilmu Pangan dan Teknologi
22 Juni 2017

Program Perawatan dan Kebidanan Unggul di University College Cork

Sekolah Perawatan (Nursing) dan Kebidanan (Midwifery) University College Cork (UCC) masuk dalam peringkat 100 teratas di Tingkatan Dunia QS World Rankings by Subject 2017. Ini semakin memperkuat posisi UCC sebagai salah satu universitas terbaik dunia dan pilihan tepat untuk studi di luar negeri.

Kampus UCC / Sumber: Trinity News

 

UCC sendiri menduduki peringkat tertinggi di Irlandia dan ke-12 secara global dalam daftar universitas paling berkelanjutan pada 2017. Universitas yang dibangun pada 1845 ini juga mendapatkan penghargaan dari The Sunday Times University of The Year 2017 yang menandakan posisi UCC semakin terdepan dalam pendidikan Irlandia. Hal ini dibuktikan dari berbagai jurusan di UCC kerap mendapatkan top ranking dunia. Seperti pada program perawatan dan kebidanan.


UCC menawarkan program sarjana keperawatan dengan gelar BSc in Nursing, yaitu General, General & Children’sIntellectual Disabilitydan Mental Health. Gelar dapat diperoleh setelah siswa menyelesaikan studinya selama 4 – 4,5 tahun, tergantung jurusan. Nantinya, gelar tersebut mengarah ke pendaftaran dengan Dewan Perawat & Kebidanan Irlandia sebagai General Nurse (RGN), Children’s Nurse (RCN), Intellectual Disability Nurse (RNID), atau Mental Health Nurse (RMHN), serta penghargaan gelar BSc in Nursing (Kesehatan Umum atau Mental atau Perawatan Kecacatan Intelektual atau Perawatan Umum & Anak).


Dalam meningkatkan pengalaman siswa belajar melalui program ini, UCC telah bekerja sama dengan sejumlah penyedia layanan Kesehatan setempat dan rumah sakit terdepan di Irlandia, seperti Rumah Sakit Cork University, Rumah Sakit Universitas Mercy, Rumah Sakit Infirmary / Victoria University Selatan, Rumah Sakit Bon Secours, Yayasan COPE, Dinas Kesehatan Mental Cork (HSE) Cork Health (Eksekutif Mental) Program Keperawatan Kesehatan) dan Rumah Sakit Cork University.


Prospek karir dalam jurusan General dan General & Children’s terbuka lebar di berbagai area, seperti rumah sakit, home nursing, sekolah, dan panti jompo. Untuk jurusan Mental Health, terbuka karir menjadi perawat Psikiatri yang dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk rumah sakit dan fasilitas kesehatan mental masyarakat. Sementara lulusan program Intellectual Disability Nurse dapat ditempatkan di berbagai macam penempatan klinis di sejumlah rumah sakit universitas dan fasilitas masyarakat, yang mewakili semua spesialisasi Intelektual Disabilitas.


Selain perawatan, kursus kebidanan UCC juga menawarkan program sarjana empat tahun penuh waktu, yang mengarah pada gelar kebidanan BSc (Hons) dari The Catherine McAuley School of Nursing & Midwifery UCC. Untuk program ini, UCC bekerja sama dengan Cork University Maternity Hospital. Setelah menyelesaikan gelar, para siswa akan direkomendasikan ke Dewan Perawat dan Kebidanan Irlandia untuk pendaftaran sebagai bidan. Lulusan program ini tentunya dapat berkarir menjadi bidan profesional.

Murid-murid di UCC / Sumber: UCC

Adapun fokus pengajaran untuk kursus Perawatan dan Kebidanan UCC berpusat pada siswa dengan konsep pembelajaran integratif dari keterampilan dan pengetahuan di berbagai sumber. Pembelajaran ini tak hanya tentang teori, tapi juga praktik dalam berbagai situasi. Salah satu penerapannya melalui simulasi menggunakan mannequin dan role-play. Ini bertujuan untuk memenuhi hasil pembelajaran yang spesifik dari modul, sehingga fokus tidak hanya pada kompetensi teknis, tetapi juga kompetensi utama dunia kerja, seperti komunikasi, kognisi, pemikiran kritis, pemecahan masalah dan kerja tim.


Fasilitas yang disediakan pun lengkap untuk mendukung keterampilan siswa, baik dalam perawatan maupun kebidanan. Beberapa di antaranya ada tiga enam area bangsal tempat tidur, satu ruang anak dan bidan, ruang perawat, IT lab, hingga sumber daya simulasi (contohnya: simulasi manusia dan bayi).

Simulasi dengan mannequin di UCC / Sumber: Irish Times

 

Jika berminat, persyaratan masuk untuk program Perawatan dan Kebidanan UCC adalah siswa mencapai H5 dalam dua mata pelajaran, dan O6 / H7 di empat mata pelajaran lainnya dalam Leaving Certificate dari Irlandia untuk subjek Inggris, Matematika, satu bidang Ilmu Laboratorium (yaitu Kimia, Fisika, Biologi, Fisika dengan Kimia (Joint) atau Agricultural Science), dan dua lainnya adalah mata pelajaran yang diakui untuk persyaratan masuk.


UCC memiliki keunggulan dalam menawarkan program berkualitas tinggi di tingkat sarjana di bidang keperawatan dan kebidanan. Jadi, apalagi yang ditunggu? UCC sebagai salah satu universitas terbaik dunia bisa jadi pilihan untuk studi ke luar negeri.


Ingin tahu lebih banyak tentang UCC? Hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapatkan informasi mengenai universitas ini dan program-program yang ditawarkan. (SJV)

Tinggalkan Balasan