Langkah Mendapatkan Visa Pelajar di UK
21 Februari 2018
Berkontribusi untuk Pembangunan Global Melalui Program dari University of Nottingham Malaysia
25 Februari 2018

Langkah Penting dalam Menyertakan Bukti Keuangan untuk Mendapat UK Student Visa

Bukti Keuangan untuk Mendapat UK Student Visa

Close up United Kingdom visa in passport

Langkah Penting Menyertakan Bukti Keuangan untuk Mendapat UK Student Visa. Salah satu dokumen penting dalam pengurusan UK Tier 4 Student Visa adalah bukti keuangan bahwa Anda bisa membayar biaya studi dan biaya hidup di sana. Maka dari itu, Anda harus cermat dalam mengatur dana yang tercantum dalam bukti tersebut.

Berikut langkah penting menyertakan bukti keuangan untuk mendapat UK Tier 4 Student Visa dari petugas UK Visas and Immigration (UKVI) dalam acara UK & Europe Education Expo, Minggu 11 Februari 2018:

Perlu diingat sejak satu bulan sebelum tanggal pembayaran visa online, Anda harus menahan total biaya kuliah dan biaya hidup sembilan bulan di rekening selama paling sedikit 28 hari.  Sertakan buku tabungan sebagai bukti endapan dana tersebut, karena tak cukup hanya surat referensi bank dengan saldo. Anda harus memberikan rincian rekening dengan jelas dalam menunjukkan debit dan aliran kredit. Kalaupun ada deposito, harus ada surat pernyataan dari bank bahwa dana tersebut bisa dicairkan kapan saja.

Untuk menutupi fluktuasi mata uang, sebaiknya Anda jangan menyimpan duit “pas-pasan”.  Tambahkan dana selain dari biaya hidup dan biaya kuliah yang belum dibayar. Selain itu, Anda juga harus memastikan mata uang di buku tabungan sesuai dengan negara yang dituju. Ini dikarenakan pihak UK Visas and Immigration akan melihat mata uang dari situs www.oanda.com sebagai patokan untuk mengetahui apakah dana yang sudah diendapkan dalam tabungan Anda cukup atau tidak.

Anda diperbolehkan menggunakan beberapa akun tabungan yang disertakan dalam bukti, tapi lebih baik Anda menggunakan satu saja. Jika Anda menggunakan lebih dari satu, sebaiknya Anda bisa memastikan minimum yang harus dibayar dari tanggal per tanggal yang ditentukan tidak boleh kurang sama sekali.

Buku tabungan harus di atas nama orang tua atau pemohon, bukan di pihak ketiga, dengan bukti hubungan mensponsori. Kalau Anda membawa istri atau suami (dependants), rekening tersebut harus atas nama suami atau istri yang ikut ke UK.

Jika biaya hidup Anda disponsori oleh perusahaan, perusahaan tersebut harus internasional. Kalau perusahaan tersebut nasional, Anda harus memindahkan dana sponsor ke rekening pribadi Anda, karena UKVI tidak bisa menerima surat jaminan dari perusahaan apapun.

Untuk yang disponsori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Anda perlu menjelaskan bahwa yang mendanai biaya kuliah dan biaya hidup Anda adalah State-Owned Enteprise. Ini dikarenakan penilai visa adalah orang luar yang berlokasi di Manila atau UK yang notabennya tidak mengerti bahasa Indonesia.

Itu dia hal penting yang harus dicatat dalam menyertakan bukti keuangan untuk mendapat UK Student Visa. Apakah Anda ingin mendapatkan bantuan untuk pengurusan visa lebih mudah? Hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut tentang pengurusan visa. (SJV)

Tinggalkan Balasan