Speaking IELTS
Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 2)
2 Maret 2018
6 Tips Untuk Pengurusan Visa yang Lebih Efektif
6 Tips Untuk Pengurusan Visa yang Lebih Efektif
3 Maret 2018

Ingin Mengurus visa, Familiarkah kamu dengan VFS Global?

SNews: VFS Global

VFS Global berdiri sejak 2001 dan kini telah tersebar di 129 negara. Berada di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bali, VFS Global berfungsi sebagai lembaga independen yang menjembatani penerimaan dan penyerahan dokumen visa ke berbagai Negara seperti Australia, Selandia Baru, Inggris, Kanada, Belgia, Denmark, Islandia, Italia, Kroasia, Norwegia, Swedia, Spanyol, dan Uni Emirat Arab.

VFS Global

Sumber: www.vfsglobal.com

Sebelum adanya VFS Global, pengurusan visa baik untuk pelajar maupun turis ditangani langsung oleh pihak Imigrasi dari Kedutaan Besar Negara yang dituju. Namun, setelah diperantarai oleh VFS Global, maka penerimaan dan penyerahan dokumen visa tidak lagi langsung ke Kedutaan Besar melainkan ditujukan ke VFS Global dari Negara tujuan untuk kemudian petugas VFS berikan kepada pihak imigrasi di Kedutaan Besar Negara tersebut.

Tidak semua Negara memiliki kerjasama dengan VFS Global dan tidak semua tipe visa dari Negara yang bekerja sama dengan VFS Global perlu diserahkan melalui lembaga tersebut. Sebagai contohnya, jika ingin melakukan pengurusan visa pelajar dan turis untuk Negara Inggris maka yang perlu dilakukan yaitu mengisi formulis visa secara online kemudian membuat janji temu di VFS Inggris dengan membawa kelengkapan dokumen visa sesuai dengan persyaratan. Lalu, dokumen tersebut diberikan kepada petugas VFS dan selanjutnya akan diberikan kepada Visa Processing Hub di Manila, Filipina untuk diproses.

Serupa namun tak sama, pengurusan visa turis ke Australia diawali dengan mengisi formulir aplikasi dan kemudian memberikan formulir beserta kelengkapan dokumen visa tersebut ke VFS Australia. Selanjutnya petugas VFS Australia akan memberikan dokumen tersebut kepada petugas Imigrasi di Kedutaan Besar Australia untuk dapat diproses. Sedangkan untuk pengurusan visa pelajar Australia, kamu tidak perlu datang ke VFS Australia untuk memberikan kelengkapan dokumen visa karena hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengunggah dokumen secara online melalui Immi Account. Dapat dilihat bahwa, walaupun pengurusan visa ke Negara yang sama yaitu Australia, namun prosesnya belum tentu sama karena ditentukan pula oleh tipe visa yang ingin diajukan.

VFS Global

Sumber: nationalvisas.com.au

Setelah kita mengetahui cara mengajukan visa sesuai dengan Negara dan Tipe yang dimaksud, kita juga perlu mengetahui keterbaruan informasi mengenai tata cara pendaftaran visa tersebut. Sebagai contoh, baru-baru ini, terdapat keterbaruan cara penyerahan kelengkapan dokumen visa turis Australia. Mulai 1 November 2017, penyerahan dokumen dilakukan dengan terlebih dahulu membuat janji temu secara online. Sehingga pendaftar tidak lagi perlu menunggu lama di VFS melainkan kedatangan di VFS Australia Jakarta dapat disesuaikan dengan jadwal yang sudah diperoleh secara online.

Oleh karenanya, sebelum kamu mengurus visa baik visa pelajar maupun turis, pastikan selalu mengetahui keterbaharuan tata laksana pengajuan visa dari Negara yang dituju sesuai dengan tipe visa yang dimaksud. Untuk informasi detail mengenai tata laksana masing-masing Negara dan tipe visa, silakan menghubungi kantor kami di cabang terdekat dengan rumah atau sekolah kamu.

Sumber:
berbagai sumber
VFS Australia Jakarta

VFS Global

Tinggalkan Balasan