Pathway Student Visa University of Auckland
University of Auckland Menjadi Salah Satu Institusi Yang Menerapkan Percobaan Pathway Student Visa
30 Desember 2017
Masuk Sekolah Bisnis Terkemuka Melalui 1 Tahun Foundation di UCD
3 Januari 2018

Kenali ICA & IPA Letter Sebelum Belajar di Singapura

Kenali ICA & IPA Letter Sebelum Belajar di Singapura

Kenali ICA & IPA Letter Sebelum Belajar di Singapura

Kenali ICA & IPA Letter Sebelum Belajar di Singapura. Bagi sebagian besar orang, bepergian ke luar negeri bisa menjadi pengalaman menarik dalam hidupnya apalagi untuk pertama kalinya. Bepergian ke luar negeri pada dasarnya tak banyak berbeda dengan bepergian ke dalam negeri. Perbedaannya hanya karena adanya proses imigrasi dan bea cukai saja. Seperti negara lain pada umumnya, pemerintah Singapura juga memiliki lembaga yang menjaga keamanan negara melalui kontrol perbatasan yang disebut The Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Lembaga ini didirikan sejak 1 April 2003 dan berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri. Selain menjaga keamanan perbatasan, ICA juga bertanggung jawab terhadap perizinan keluar masuk dari dan ke Singapura untuk segala keperluan termasuk untuk belajar dengan mengeluarkan In Principal Approval (IPA) Letter.

Sumber : Foto/Dokumen ICA

Bagi yang ingin menuntut ilmu di negara termaju di kawasan Asia Tenggara ini, setelah mendapatkan surat penerimaan (offer letter) dari sekolah kamu perlu mengurus IPA Letter sebagai bukti bahwa kamu telah mendapatkan izin untuk masuk ke Singapura sebagai pelajar. IPA Letter berfungsi sebagai Student Pass sementara sebelum kamu mengambilnya di kampus masing-masing atau di kantor ICA.

Untuk pengurusan IPA Letter, kamu akan memerlukan dokumen seperti data diri, form 16 dan 36 dari ICA yang sudah dilengkapi, dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Pengurusan ini dapat kamu urus sendiri atau meminta bantuan dari sekolah yang dituju. Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki departemen yang membantu pengurusan ini. Namun, tidak usah khawatir karena bagi kamu yang mendaftar melalui SUN Education akan langsung dibantu semua pengurusan termasuk surat IPA. Kamu hanya perlu menyediakan dokumen utama dan pelengkap yang dibutuhkan.

Patung Merlion di depan lanskap Singapura

Sumber : Foto/Dokumen Freepik

Proses untuk mendapatkan IPA Letter berkisar antara 4-6 minggu dan tidak menutup kemungkinan untuk proses ini dapat selesai lebih cepat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengalokasikan waktu yang cukup untuk memproses IPA Letter agar semua rencana studi di luar negeri yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

Jika ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai berkuliah di Singapura atau negara lainnya serta mengetahui proses pendaftarannya, silakan mengunjungi kantor SUN terdekat untuk berdiskusi  dengan konselor kami. (NRK)

 

Comments are closed.