SUNEnglish_ITS_InfoSession&TOEFL_iBT Workshop
ITS Info Session & TOEFL iBT Workshop 20 Februari 2021
8 Februari 2021
Memaksimalkan Belajar Bahasa Inggris Secara ‘Online’ Disaat Pandemi
9 Februari 2021

Kuliah di Canada Saat Pandemi Tetap Bisa dengan Syarat Visa dan Study Permit!

Sumber: Freepik

Canada memiliki pemerintahan yang sangat mengutamakan pendidikan! Sudah menjadi fakta bahwa pendidikan di negara tersebut berkualitas dan mampu memberikan pengalaman extraordinary bagi mereka yang datang dari seluruh dunia. Gak heran kalau ada banyak sekali universitas terkemuka di Canada yang mendapatkan peringkat teratas di dunia! Seluruh pelajar yang bercita-cita dan berencana studi disana pun berusaha mempersiapkan persyaratan dengan baik; mulai dari nilai, syarat visa Canada, hingga keperluan penting lainnya.

Sumber: Unsplash

Nah, berbicara tentang syarat visa Canada, yang satu ini merupakan bagian esensial untuk dipersiapkan. Kamu pasti jadi bertanya-tanya, “Bagaimana studi di Canada saat pandemi? Seperti apa peraturan visa maupun lainnya?”. Seperti yang kita ketahui, penyebaran global COVID-19 menimbulkan dampak besar di setiap sektor. Mulai dari pariwisata, ekonomi, dan tak terkecuali pendidikan. Beberapa negara menyesuaikan keadaan dengan tindakan pencegahan serta protokol kesehatan, termasuk Canada.

Canada beradaptasi dengan mengeluarkan peraturan maupun sistem baru terkait studi di negara tersebut. Kamu yang berencana kuliah di universitas terbaik Canada harus mengetahui segala kabar terbaru karena pasti akan berkaitan dengan studi yang akan kamu ambil. Namun gak perlu bingungpoin dibawah ini bisa menjadi informasi penting untukmu sembari mempersiapkan studi!

Syarat Visa Canada/Study Permit

Kamu tetap membutuhkan study permit saat studi di Canada maupun online dari Indonesia. Yup, meski kamu gak terbang ke Canada, prosedur study permit tersebut harus kamu lalui saat proses aplikasi. Persyaratan untuk mendapatkan study permit juga dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, pastikan kamu selalu update dengan mengkonfirmasi hal tersebut melalui website Immigration, Refugees, and Citizenship Canada (IRCC) atau menghubungi konsultan pendidikan terpercaya.

Canada Menyambutmu!

Sumber: Unsplash

Per 20 Oktober 2020, siswa internasional yang menempuh studi dalam Designated Learning Institution (DLI) dan disetujui oleh pemerintah provinsi/teritorial dapat memasuki Canada. Kamu bisa cek terlebih dahulu apakah universitas yang kamu pilih masuk ke dalam daftar DLI tersebut. Untuk berkuliah di Canada, siswa internasional harus memiliki izin belajar yang valid atau surat pengantar yang menunjukkan bahwa mereka disetujui untuk mendapatkan izin belajar. Setelah nantinya memasuki Kanada, kamu wajib masa karantina selama 14 hari.

Online Learning

Online learning mulai menjadi bagian dalam perjalanan studi dan bahkan hidupmu. Sisi baiknya, kamu jadi bisa menjaga kesehatan dengan mengurangi mobilitas yang beresiko, menikmati perkuliahan pre-recorded yang bisa diulang-ulang, fleksibel, dan juga hemat waktu serta biaya. Di Canada, hampir seluruh pembelajaran masih bersifat virtual. Meskipun menjalani perkuliahan disana, kamu akan tetap belajar online dari residential nya di Canada. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya beberapa jadwal kelas tatap muka untuk beberapa jurusan yang memang membutuhkan.

Untuk kamu yang mengambil kelas online dari Indonesia juga bisa loh. Gak perlu khawatir dengan perbedaan waktunya! Kebanyakan universitas menyediakan pembelajaran asynchronous alias pre-recorded. Jadi konsepnya nggak ‘live’ dan bisa kamu akses kapanpun. FYI, kamu yang kuliah online dari luar Canada terhitung sejak Mei 2020 tetap bisa mendapatkan Post Graduate Working Program (PGWP visa) di Canada setelah lulus dengan syarat dan ketentuan yang berlaku loh. Lumayan banget kan?

Nah.. Biar makin semangat belajar, kamu bisa buat lebih bervariasi seperti diiringi dengan musik favorit ataupun minum segelas teh untuk menambah suasana!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.