Program Animation Bebaskan Imajinasimu
17 Februari 2018
Bukti Keuangan untuk Mendapat UK Student Visa
Langkah Penting dalam Menyertakan Bukti Keuangan untuk Mendapat UK Student Visa
21 Februari 2018

Langkah Mendapatkan Visa Pelajar di UK

Langkah Mendapatkan Visa Pelajar di UK

Mendapatkan visa pelajar di UK (UK Tier 4 Student Visa) tidak sulit jika kita paham prosedurnya dan melakukannya dengan benar. Dalam seminar bertajuk “Preparing Your Student Visa” di acara UK & Europe Education Expo pada hari Minggu, 11 Februari 2018 di Jakarta, petugas UK Visas and Immigration membagikan informasi penting untuk mendapatkan visa pelajar di UK.

Ia menjelaskan bahwa dalam mengajukan visa pelajar, tentunya Anda harus melengkapi sejumlah dokumen, antara lain:

  • Paspor terbaru yang masih berlaku.
  • Referensi Certificate of Acceptance for Studies (CAS) yang valid.
  • Semua sertifikat pendidikan asli (ijazah atau sertifikat pendidikan).
  • Bukti Anda bisa membayar biaya tahun pertama Anda sampai sembilan bulan biaya hidup.
  • Bukti hubungan dengan orangtua atau wali sah Anda jika dana untuk program Anda diadakan atas nama mereka.
  • Sertifikat Skema Persetujuan Teknologi Akademik (An Academic Technological Approval Scheme – ATAS). Universitas atau perguruan tinggi akan memberi tahu Anda jika ini dibutuhkan.
  • Semua dokumen pendukung yang tidak berbahasa Inggris harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  • Sertifikat bebas Tuberculosis (hasil rontgen dada) yang harus dari RS. Premiere.

Selain bukti dokumen, Anda juga harus menyertakan bukti kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk bisa mendapatkan visa Tier 4 yang ditunjukkan dari sertifikat Bahasa Inggris sebagaimana tercantum dalam CAS Anda (yang diminta oleh institusi atau yang digunakan untuk mendapatkan surat penerimaan di universitas atau institusi yang dilamar).

Jika institusinya adalah Non-Higher Education Institute, Anda harus memberikan Secure English Language Test certificate, kecuali jika Anda memenuhi pengecualian (misalnya, visa Tingkat 4 (Anak). Anda juga tidak perlu membuktikan pengetahuan bahasa Inggris Anda jika Anda berasal atau pendidikan sebelumnya ditempuh dari salah satu negara yang tercantum di situs  www.gov.uk/tier-4-general-visa/knowledge-of-english .

 

Proses Aplikasi Visa

Sebelum memasukkan semua dokumen untuk apply visa, sebaiknya Anda cek lagi semua persyaratan yang dibutuhkan, seperti CAS, bukti Anda bisa membayar course, dan sertifikat pendidikan yang asli. Setelah itu, Anda bisa bayar dan mengatur janji pada pihak pengurus visa secara online di www.gov.uk/apply-uk-visa.

Selanjutnya, Anda akan menerima e-mail confirmation of appointment termasuk formulir lamaran visa untuk dicetak. Jangan lupa bawa dokumen tersebut saat ke Visa Application Centre (VAC) beserta dokumen pendukungnya dan datanglah tepat waktu sesuai janji temu Anda. Toleransi keterlambatan hanya 30 menit.

Proses kerja visa bisa berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. Jika Anda ingin lebih cepat dari itu, Anda bisa menggunakan Priority Services dengan biaya tambahan Rp 3,6 juta.

Kalau pengajuan visa Anda diterima, Anda akan mendapatkan stiker di paspor yang berlaku selama 30 hari. Artinya, Anda diberikan kesempatan untuk ke Inggris dalam waktu 30 hari. Apabila kurang dari kurun waktu tersebut, sayangnya Anda harus apply visa dari awal. Anda juga akan mendapat Biometric Residence Permits, yaitu kartu izin tinggal di Inggris setelah Anda mendapat stiker 30 hari di paspor Anda. Anda bisa mengambil kartu tersebut di universitas atau di kantor pos terdekat di mana Anda menetap di UK.

Kalau pengajuan visa Anda ditolak, pihak VFS akan mengirim surat ke e-mail Anda dengan keterangan spesifik kenapa visa Anda ditolak.

 

Tips Mendaftar UK Tier 4 Student Visa

Mendapatkan visa pelajar di UK

Sumber: Shutterstock

Sebaiknya Anda mendaftar visa lebih cepat, sekitar tiga bulan dari keberangkatan ke universitas yang dituju. Validitas 30 hari terkait dengan tanggal pada CAS atau tanggal perjalanan Anda dalam periode ini.

Jika belum mendapat nomor CAS, Anda juga bisa mulai “menyicil” dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum mulai course Anda. Pastikan seluruh kertas dokumen berukuran A4. Jangan lupa untuk selalu cek email ataupun spam untuk mendapat pemberitahuan mengenai progress visa Anda.

 

Seputar “Student Interview”

Semua siswa yang mengajukan visa Tier 4 akan diwawancarai di Pusat Aplikasi Visa. Pengurus visa hanya mau melihat kemampuan bahasa Inggris mendasar dan  memastikan jika Anda adalah orang sama dengan orang yang apply ke universitas.

Topik seputar wawancara juga menyangkut kursus yang Anda ajukan, alasan memilih belajar di Inggris, bagaimana Anda mendanai studi, penelitian sebelumnya dan aspirasi pekerjaan masa depan.

Jika penilai wawancara tidak puas dengan hasil wawancara, ia akan menelpon Anda kembali dengan petugas visa.

Anda ingin mendapat bantuan untuk mendapatkan visa pelajar di UK dengan lebih mudah? Hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya mengenai prosedurnya. (SJV)

Tinggalkan Balasan