TOTAL ONE STOP SOLUTION FOR STUDY IN USA
26 Februari 2021
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sebagai ‘Bekal’ Kini dan Nanti!
28 Februari 2021

Akan Mengurus Visa Pelajar ke Australia? Kenali Dulu Jenis-jenisnya!

visa pelajar ke australia

Ilustrasi proses pembuatan visa. Sumber: Freepik

Sebagai salah satu destinasi favorit, Australia menerima ribuan pelajar dari Indonesia setiap tahunnya. Hingga tahun 2020, lebih dari 17 ribu pelajar Indonesia telah tersebar di berbagai wilayah di Australia untuk menempuh pendidikan. Dengan demikian, pelajar Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu pelajar internasional dengan jumlah terbesar di negeri kanguru tersebut. 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai visa pelajar ke Australia, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu alasan Australia menjadi destinasi studi favorit. 

3 Alasan Utama Australia Diminati Pelajar Indonesia

visa australia

Sumber: Freepik

Berikut adalah faktor utama yang menyebabkan tingginya minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi ke Australia. 

1. Merupakan negara maju

Australia merupakan salah satu negara maju di dunia yang menawarkan kehidupan yang serba praktis dan modern. Tinggal dan menempuh studi di negara ini tentunya akan memperluas wawasan dan membuka pikiran. Selain itu, Australia sendiri merupakan negara yang menjadi pertemuan berbagai bangsa di dunia. Hal ini tentunya akan memberi kesempatan bagi pelajar Indonesia dalam hal pergaulan internasional. 

2. Lokasi yang dekat dari Indonesia

Meskipun merupakan salah satu negara maju yang menggunakan bahasa Inggris layaknya negara-negara “barat”, Australia terbilang dekat dari Indonesia. Hanya dengan menempuh perjalanan dengan pesawat selama kurang dari 8 jam, kamu sudah akan sampai di negeri kanguru tersebut. Tidak heran jika banyak yang menjadikan Australia sebagai alternatif untuk melanjutkan studi di negara maju, namun dekat dari Indonesia. 

3. Pendidikan kelas dunia

Alasan lain yang memperkuat keinginan untuk melanjutkan studi di Australia adalah kualitas pendidikan yang diakui dunia internasional. Banyak universitas peringkat teratas dunia yang berlokasi di Australia dan menawarkan pendidikan berkualitas. Dalam hal penelitian, universitas-universitas di Australia juga tergolong progresif dan sudah banyak diakui dalam berbagai bidang keilmuan. 

Jenis-jenis Visa Pelajar ke Australia

visa pelajar

Sumber: Freepik

Sebagai pelajar internasional, kamu membutuhkan visa pelajar untuk dapat melanjutkan studi ke Australia. Nah, jenis-jenis visa untuk kepentingan studi ini sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang disesuaikan dengan lama waktu kunjungan dan keperluan. 

1. Visa Pelajar (subkelas 500)

Visa ini adalah jenis visa pelajar yang akan kamu butuhkan jika tujuanmu ke Australia adalah untuk melanjutkan pendidikan pada program penuh waktu (full-time). Agar bisa memperoleh jenis visa ini, kamu harus telah terdaftar di perguruan tinggi atau institusi pendidikan yang diakui oleh pemerintah Australia. 

Perlu diketahui, jika kamu berusia di bawah 18 tahun, Australia memiliki kebijakan tersendiri, sehingga pengajuan visamu akan membutuhkan persyaratan tambahan. 

2. Visa Wali Pelajar (subkelas 590)

Bagi kamu yang berusia di bawah 18 tahun, kamu akan wajib untuk memiliki wali saat tinggal dan melanjutkan studi Australia. Nah, jenis visa ini adalah visa yang diberikan untuk wali dari pemegang visa pelajar di Australia yang belum berusia 18 tahun. Biasanya visa jenis ini diberikan kepada orang tua, keluarga, atau kerabat dari pelajar yang bersangkutan.

3. Visa Pelatihan (subkelas 407)

Jenis visa ini akan kamu dapatkan jika kamu mengunjungi Australia dalam rangka mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan. Pelatihan yang dimaksud dapat berupa pelatihan bidang pekerjaan, bidang studi lanjutan (tersier), atau bidang keahlian tertentu. Kunjungan untuk kebutuhan pelatihan ini juga biasa lebih singkat daripada studi penuh waktu. 

Syarat dan Ketentuan Visa Pelajar ke Australia

visa ke australia

Sumber: Freepik

Setelah mengetahui jenis visa yang cocok untuk kepentingan studimu, selanjutnya SUN Education akan menginformasikan syarat pendaftaran serta ketentuan untuk pemegang visa pelajar Australia. 

1. Syarat Pendaftaran Visa Pelajar

Secara umum, untuk dapat mendaftar visa pelajar di Australia adalah:

  1. Terdaftar di program studi tertentu di lembaga pendidikan di Australia dan menyertakan bukti berupa Confirmation of Enrolment (CoE).
  2. Wajib memiliki Welfare Arrangement yang memadai jika kamu berusia di bawah 18 tahun.
  3. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris.
  4. Telah memiliki asuransi kesehatan.
  5. Memiliki dana yang cukup untuk tinggal dan melanjutkan studi di Australia.
  6. Merupakan pendatang sementara yang berniat untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi.
  7. Memenuhi Character Requirement dan Health Requirement.
  8. Bagi pelajar dewasa yang sudah memiliki keluarga, kamu dapat mendaftarkan pasangan dan anak tanggungan sewaktu mendaftar visa. 

2. Ketentuan Visa Pelajar Australia

Jika memiliki visa pelajar ke Australia, kamu diizinkan untuk:

– Belajar di program yang memenuhi persyaratan di Australia

– Melakukan perjalanan ke dalam dan ke luar Australia

– Bekerja hingga 40 jam setiap dua minggu, setelah pendidikan dimulai.

Kamu dapat menggunakan visa pelajar ke Australia ini hingga 5 tahun masa studi dengan jenis visa sesuai dengan program yang kamu ambil. Namun jika terdaftar di tahun 1-4 masa studi, umumnya hanya akan mendapatkan masa visa yaitu 3 tahun saja. Jika kamu ingin tinggal lebih lama dari batas waktu yang telah menjadi ketentuan karena studimu belum selesai, maka kamu butuh pengajuan ulang visa. 

Selain itu, kamu juga wajib untuk memenuhi beberapa persyaratan agar visa pelajar yang kamu miliki tetap berlaku. 

  1. harus tetap terdaftar dan mempertahankan kemajuan studi dan kehadiran yang memuaskan
  2. kamu harus mengajukan uang visa jika kamu ingin mengubah tingkat kualifikasi
  3. wajib menyerahkan alamat tinggal kepada pihak institusi dan memberi tahu jika terjadi perubahan alamat
  4. tidak melanggar ketentuan kerja yang berlaku untuk visa pelajar.

Proses Pengurusan Visa Pelajar ke Australia

visa pelajar ke australia

Ilustrasi proses pembuatan visa. Sumber: Freepik

Berikut adalah gambaran proses pengurusan visa pelajar ke Australia

  1. Mendaftarkan diri di universitas di Australia untuk mendapatkan Letter of Offer.
  2. Selanjutnya, kamu dapat menghubungi konsultan pendidikan terpercaya seperti SUN Education agar dapat berhubungan langsung dengan pihak universitas untuk mengambil alih pengurusan visa. 
  3. Menerima penawaran pada Letter of Offer sehingga pihak universitas dapat menerbitkan Certificate of Enrollment yang merupakan salah satu syarat pengajuan visa. 
  4. Menyerahkan persyaratan dokumen pengurusan visa kepada konsultan pendidikan terpercaya seperti SUN Education.

Setelah semuanya selesai dan kamu telah mendapatkan visa pelajar, kamu dapat segera berangkat ke Australia. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen penting yang mungkin akan kamu butuhkan di Australia nanti seperti sertifikat IELTS/TOEFL, Ijazah S1/S2 dan paspor. 

Bagi kamu yang ingin kuliah di Australia tanpa ribet mulai dari pendaftaran, pengurusan visa dan persiapan keberangkatan, kamu dapat mempercayakannya pada SUN Education. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.