Persiapan IELTS: Pahami Materi dan Tips & Triknya!
10 Juni 2021
beasiswa monash university
Monash University: Kuliah Seru dan Terbaik Australia dengan Beragam Beasiswa
11 Juni 2021

Visa Schengen: Persyaratan yang Wajib Punya Sebelum ke Belanda

persyaratan visa belanda

Sumber: Tirto ID

Kamu berencana untuk mengunjungi Belanda? Mungkin eksplorasi, jalan-jalan, atau bisa saja untuk menempuh studi. Sebelum bepergian kesana, kamu wajib memiliki visa! Visa inilah yang disebut sebagai Visa Schengen. Visa tersebut merupakan ‘akses masuk’ ke dalam negara Schengen atau yang disebut dengan negara Eropa apa sajadan Belanda termasuk sebagai bagian negara Eropa Barat. Untuk kunjungan ke Belanda, permohonan visa harus diajukan ke kedutaan atau konsulat dari negara tersebut. Kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen sah dan penting agar memenuhi persyaratan visa Belanda.

persyaratan visa belanda

Sumber: Unsplash

Visa Schengen sendiri terbagi menjadi dua jenis. Ada Short Stay dalam artian kunjungan jangka waktu singkat dan Long Stay sebagai kunjungan jangka waktu panjang. Jenis Short Stay umumnya kamu gunakan untuk berpelesir, wisata, keperluan bisnis, atau mengunjungi keluarga. Sementara Long Stay diperlukan untuk urusan studi, bekerja di negara bagian Eropa, dan lainnya. Nah, sebelum mendaftar visa Belanda, ketahui dulu apa saja yang perlu kamu persiapkan! Berikut ini daftar dokumen penting untuk memenuhi persyaratan visa Belanda.

1. Formulir Visa

Langkah pertama adalah mengunduh Visa Schengen. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs resmi kedutaan besar Belanda disini. Pastikan kamu mengisinya sesuai data dan informasi kamu secara benar dan detail.

2. Paspor

persyaratan visa belanda

Sumber: kompas.com

Kamu wajib menyertakan paspor yang masih berlaku. Minimal enam bulan sejak tanggal akan bepergian ke Belanda. Paspor ini nggak boleh dikeluarkan lebih dari 10 tahun yang lalu dan minimal masih memiliki dua halaman visa yang kosong. Selain itu, lampirkan juga fotokopi paspor dan lembar detail informasi personal.

3. Pas Foto Terbaru

Ini nggak mungkin ketinggalan! Mereka tentunya memerlukan pas foto dirimu yang terbaru. Siapkan dua lembar pas foto berukuran 3,5 x 4,5 cm dengan latar belakang putih atau abu-abu muda. Di kedutaan sebenarnya bisa membuat pas foto, tetapi akan lebih baik jika kamu menyiapkannya jauh hari dari rumah.

4. Bukti Perjalanan

Sumber: Unsplash

Yup. Kamu harus menyertakan rencana perjalanan selama berada di Belanda. Rencana ini berisi reservasi perjalanan ke dan dari wilayah negara tersebut atas nama mu. Jika tujuannya untuk liburan, sertakan reservasi hotel saat berkunjung. Jika ternyata untuk keperluan studi dan kamu memilih untuk tinggal di sebuah tempat yang disewakan, kamu juga bisa melampirkan bukti informasinya.

5. Bukti Keuangan

Lampirkan rekening koran tiga bulan terakhir atau buku tabunganmu. Ini penting untuk melengkapi persyaratan visa Belanda! Jika misalnya kamu berlibur ke Belanda dan ada orang tua atau lainnya yang menanggung biaya, kamu perlu melampirkan bukti hubungan keluarga dan surat keterangan dari pihak yang buku tabungannya kamu lampirkan.

6. Dokumen Asuransi Kesehatan

Sumber: Freepik

Dokumen terakhir adalah polis asuransi atas namamu. Pastikan asuransi ini masih berlaku ke seluruh wilayah Schengen dan selama kamu bepergian ya! Sebagai rekomendasi, pilihlah asuransi perjalanan yang meng-cover biaya kesehatan dengan lengkap! Seperti minimal pengeluaran medis sebesar 30,000 Euro yang dapat kamu reimburse, perawatan di rumah sakit dan gawat darurat, hingga repatriasi.

Itu dia deretan dokumen yang perlu kamu punya sangat mengajukan aplikasi visa! Setelah menyerahkan dokumen persyaratan, kamu akan menjalani tahap akhir yaitu wawancara. Wawancara visa akan kamu lakukan bersama dengan konsuler visa selama 10-15 menit. Jawablah pertanyaan dengan tegas, to the point, dan jujur ya! Last but not least, pengajuan Visa Schengen cukup ‘membludak’ loh menjelang waktu liburan. Biar nggak ngantri super panjang, lebih baik kamu mengajukan aplikasi seenggaknya dua bulan sebelum tanggal berangkat. Dengan begitu, kamu nggak bakal kalang kabut dalam mempersiapkan semuanya. Semoga lancar!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.