Fakta University of Queensland, Universitas Terbaik Jebolan Australia
6 Maret 2021
James Cook University Singapore: Salah Satu Institut Inovatif Asia
8 Maret 2021

Jenis-jenis Visa Selandia Baru untuk Pelajar Indonesia

visa selandia baru

Sumber: Freepik

New Zealand atau Selandia baru adalah destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi dalam rangka wisata maupun ditinggali dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak heran jika setiap tahunnya ada banyak sekali orang yang mengajukan pengurusan visa Selandia Baru untuk berbagai keperluan. Negara yang merupakan tetangga dekat Australia ini juga menjadi tujuan bagi pelajar dari berbagai negara untuk melanjutkan pendidikan. 

Lingkungan alam Selandia Baru sendiri terbilang nyaman untuk ditinggali dan negara ini memiliki pendidikan yang tidak kalah bersaing. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi Selandia Baru dalam rangka studi, berikut adalah serba-serbi visa selandia baru untuk kepentingan studi. 

Jenis-jenis Visa Selandia Baru untuk Pelajar

visa pelajar

Sumber: Freepik

Jenis visa yang kamu butuhkan saat ingin melanjutkan studi ke Selandia Baru disesuaikan dengan jenis dan durasi program atau kursus yang akan kamu ambil. Berikut adalah jenis-jenis visa Selandia Baru untuk pelajar:

1. Student Visa

Jenis visa ini kamu butuhkan jika kamu akan mengambil program program penuh waktu yang berdurasi lebih dari 3 bulan. Dengan visa ini, kamu mendapat izin untuk bekerja hingga 20 jam per minggu dalam masa studi, dan boleh bekerja full-time selama liburan. 

2. Visitor Visa

Visa ini adalah visa kunjungan singkat seperti yang biasanya diberikan kepada turis untuk berwisata. Meski demikian, jika kamu bermaksud untuk mengambil kursus singkat yang berdurasi tidak lebih dari tiga bulan, jenis visa ini adalah yang cocok untuk kebutuhanmu. 

3. Pathway Student Visa

Visa ini diberikan kepada pelajar internasional untuk dapat mengambil hingga 3 jenis program secara berkelanjutan. Misalnya jika kamu ingin mengambil program bahasa Inggris yang berlanjut ke program Foundation dan kemudian bersambung ke program gelar. 

4. Post Study Work Visa

Kamu masih dapat tinggal di New Zealand hingga tiga tahun setelah kelulusan dengan menggunakan post study work visa. Visa ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai dengan kualifikasi dalam bidang sesuai program gelar yang kamu miliki. 

Persyaratan Visa Pelajar Selandia Baru

visa pelajar selandia baru

Sumber: Freepik

Jika memang sudah mantap untuk melanjutkan studi ke Selandia Baru, kamu perlu mengetahui persyaratan visa pelajar sebelum kamu mengurusnya. Pastikan kamu memahami setiap poinnya dengan baik, ya! 

  1. Offer Letter atau surat penawaran dari penyedia pendidikan yang diakui di New Zealand.
  2. Bukti keuangan yang menunjukan bahwa kamu mampu membiayai pendidikan di New Zealand.
  3. Paspor dan foto yang dapat diterima sesuai ketentuan yang berlaku
  4. Fotokopi tiket pesawat untuk pulang atau bukti yang menunjukkan kamu mampu untuk memilikinya. 
  5. Bukti keuangan, yaitu memiliki sebesar $15,000 (sekitar 156 juta rupiah) per tahun untuk biaya hidup
  6. Jaminan tempat tinggal, jika berusia di bawah 18 tahun
  7. Membayar biaya aplikasi visa
  8. Menyediakan sertifikat kesehatan dan hasil pindai dada (paru), serta surat keterangan dari kepolisian

Sayangnya, saat ini Selandia Baru masih menutup akses dari luar, termasuk untuk kepentingan studi. Oleh karena itu, kamu tidak perlu terburu-buru dan lebih baik mematangkan rencana studimu di Selandia Baru terlebih dahulu. Semoga terbantu! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.