Berhemat Ala Mahasiswa Rantau (Bagian 2)
23 Oktober 2016
Siapkah Kamu Menjadi Seorang Mahasiswa ( Bagian 2 )
26 Oktober 2016

Siapkah Kamu Menjadi Seorang Mahasiswa (Bagian 1)

Salah satu hal yang paling sulit bagi mahasiswa baru adalah mengatasi culture shock atau gegar budaya akan perbedaan kehidupan sekolah dan universitas terutama bagi kamu yang melanjutkan kuliah di luar negeri. Belajar mandiri serta beradaptasi dengan gaya belajar dan pemikiran baru dan tetap mendapatkan nilai yang baik mungkin akan membuat kamu kewalahan. Artikel ini akan menjelaskan cara untuk membuat awal kehidupan kamu sebagai mahasiswa menjadi lebih mudah baik dari segi akademis maupun sosial.


Transisi Akademik

Jika selama ini kamu terbiasa dengan kehidupan sekolah yang serba teratur, mungkin kamu akan terkejut dengan cara berpikir yang beda, pertanyaan yang lebih sulit saat berdiskusi, gaya pengajaran yang berbeda, dan esai yang lebih rumit. Selain itu kamu juga akan merasakan perbedaan gaya hidup dari seorang siswa sekolah yang biasanya bergantung pada orang tua menjadi seorang mahasiswa yang dituntut untuk bisa mandiri.


Baca Juga: Intip Serunya Masa Orientasi Siswa di Luar Negeri


Figured 1. Daftar bacaan mahasiswa. Sumber: verge.ogilvydo.com

Figured 1. Daftar bacaan mahasiswa. Sumber: verge.ogilvydo.com

  1. Persiapkan daftar bacaan

Pihak fakultas biasanya akan mengirimkan daftar bacaan sebelum tahun ajaran dimulai. Banyak siswa yang memilih untuk mengabaikannya. Namun, jika kamu ingin transisi akademik yang lancar, ada baiknya untuk membaca sebanyak mungkin karena gaya pengajaran universitas yang lebih banyak berdiskusi membuatmu harus memiliki pengetahuan mengenai topik yang didiskusikan.


  1. Berbicara dengan mahasiswa

Gali informasi mengenai program yang akan kamu ambil melalui mahasiswa yang sudah mengambil program tersebut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan informasi yang berguna seperti cara mengajar sang dosen, bagaimana menyelesaikan program tersebut dengan baik, dan lainnya.


3, Temukan cara belajar yang efektif

Berbeda dengan sekolah dengan cara pengajaran 1 arah, di universitas kamu dituntut untuk melakukan penelitian yang efektif, mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, dan belajar secara efektif baik secara individu maupun dalam grup, dan lainnya. Bertanggung jawab atas jadwal belajar akan menjadi kunci kesuksesan sebagai seorang mahasiswa.


Baca Juga: 8 Cara Efektif Mengatasi Stres Ketika Kuliah


  1. Ekspektasi yang sewajarnya

Kamu yang biasanya selalu mendapatkan peringkat pertama di sekolah atau selalu mendapatkan nilai bagus mungkin akan kecewa saat tidak bisa memenuhi ekspektasi yang sama saat di universitas. Level akademik yang berbeda, cara belajar dan mengajar yang juga berbeda dapat membuat kamu kewalahan jika tidak tahu cara mengatasinya. Berekspektasilah yang sewajarnya dan jangan terlalu memaksakan diri. Kamu mungkin tidak langsung mendapatkan akademis yang sempurna namun kamu dapat memperbaiki diri secara bertahap.


Figured 2. Manajemen waktu. SUmber: businessamongmoms.com

Figured 2. Manajemen waktu. Sumber: businessamongmoms.com

  1. Manajemen waktu yang baik

Mengatur waktu dengan baik dapat membantumu dalam kehidupan akademik dengan efektif. Tidak seperti sekolah di mana jadwal belajar diatur oleh pihak sekolah, di universitas kamu bisa memilih dan merencanakan kegiatan belajarmu. Dosen tidak akan terus mengingatkanmu akan tenggat waktu tugas sehingga jika kamu tidak hati-hati, kamu bisa saja lupa atau tidak memiliki waktu banyak untuk mendapatkan hasil yang baik.


Setelah transisi akademik, kamu tentu juga akan melalui transisi kehidupan sosial yang berbeda dengan sebelumnya. Bagian 2 artikel ini akan memberikan tips melalui masa transisi sosial dengan lebih mudah. (NRK)

 

Tinggalkan Balasan