SPANYOL

Spain atau Spanyol adalah negara di Eropa barat, yang berbatasan dengan Portugal di sebelah bara; Gibraltar dan Maroko di selatan. Di bidang perekonomian, Spanyol masuk di peringkat 15 untuk negara dengan Ekonomi terbesar di dunia. Komoditas ekspor utama Spanyol adalah produk-produk otomotif, farmasi, mesin dan produk-produk konsumen. Spanyol menawarkan kehidupan menarik, seperti pantai-pantai yang mewah, gaya hidup santai, dan kuliner lezat. Sistem pendidikan di Spanyol telah disempurnakan selama bertahun-tahun. The University of Salamanca di Spanyol bahkan sudah berdiri sejak tahun 1218. Pantas saja, selain laris dikunjungi wisatawan mancanegara, Spanyol juga banyak dijadikan tujuan studi oleh para pelajar internasional. Tercatat, sebanyak 60 ribu siswa dari berbagai penjuru dunia belajar di Spanyol.

INFO PENDIDIKAN DI SPANYOL

• Sistem pendidikan di Spanyol telah berevolusi selama bertahun-tahun, terhitung sejak tahun 1218.

• Dari 1.8000.000 orang yang belajar di Spanyol, sebanyak 60.000 merupakan mahasiswa internasional.

• Siswa diizinkan bekerja paruh waktu, mengambil bagian dalam berbagai kegiatan budaya.

• Program MBA di Spanyol termasuk yang paling bergengsi di dunia.

LES ROCHES INTERNATIONAL SCHOOL OF HOTEL MANAGEMENT - MARBELLA

Seperti di negara lain, biaya hidup bervariasi sesuai tempat tinggal dan gaya hidup. Namun, secara umum, biaya hidup tinggal di Spanyol setiap bulan berkisar antara US$ 970 - 1,200 (Rp 13.984.490 - 17.300.400).

Pendidikan umum di Spanyol dibagi menjadi pra-sekolah (usia 2-6 tahun), sekolah dasar (usia 6-12 tahun), wajib sekunder (usia 12-16 tahun), pendidikan menengah kejuruan, bachylerato (usia 16-18 tahun) dan perguruan tinggi (usia 18-24 tahun).

Sistem pendidikan di Spanyol dimulai pada Abad Pertengahan. Salah satu universitas tertua dan paling terkenal di Spanyol, The University of Salamanca, didirikan pada tahun 1218 dan menarik lebih dari 2.000 siswa internasional setiap tahunnya. Saat ini, sistem pendidikan di Spanyol diatur oleh Ministerio de Educación (Kementerian Pendidikan) dan telah berevolusi selama bertahun-tahun.

Spanyol memiliki universitas negeri dan swasta yang diatur dalam sekolah (fakultas). Sekolah-sekolah tersebut dipisahkan menjadi departemen yang berbeda, masing-masing memiliki spesialisasi di bidang studi tertentu (misalnya Bisnis, Humaniora, Ilmu Pengetahuan). Saat ini, sistem universitas terdiri dari 49 universitas negeri, 14 universitas swasta dan 4 universitas gereja katolik. Di bawah European Higher Education Area (EHEA), universitas Spanyol berkumpul dalam satu sistem umum yang kompatibel dengan semua Universitas Eropa, yang disebut Sistem Bolonga. Program sarjana (grado) dan pascasarjana mencakup berbagai bidang dan menawarkan keseimbangan antara teori dan praktik. Tersedia pula gelar ganda yang menggabungkan dua jalur studi. Selain itu, siswa diijinkan belajar di universitas fleksibel untuk bekerja paruh waktu dan ambil bagian dalam berbagai kegiatan budaya.

Biaya pendidikan program sarjana di Spanyol rata-rata berkisar antara US $ 740 - 1,500 (Rp 10.668.580 - 21.625.500) per tahun. Biaya dibebankan pada 'per kredit' dasar dan bisa lebih tinggi di tingkat pascasarjana. Siswa yang belajar di Spanyol dapat memanfaatkan koneksi internasional negara tersebut. Plus, berkesempatan bekerja dengan beberapa perusahaan multinasional di Spanyol seperti Telefonica, Inditex, Santander Bank, dan Repsol YPF.

GEO & CULTURE

LOKASI SPANYOL

Spanyol merupakan negara terbesar ketiga di benua Eropa, dengan ibu kota Madrid. Luas wilayahnya sebesar 505.370 km² dengan populasi penduduk mencapai 46.423.064 jiwa. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga. Pemandangan Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada.

IKLIM SPANYOL

Spanyol memiliki tiga iklim utama yang dibedakan berdasarkan pada situasi dan kondisi geografis: Mediterania, Oceanic/Iklim Maritim, dan Semiarid. Iklim Mediterania ditandai musim dingin ringan dan musim panas yang hangat. Iklim Maritim/Oceanic ditandai dengan suhu moderat dengan curah hujan melimpah. Sedangkan iklim Semiarid didominasi oleh cuaca yang kering dan hangat. Musim dingin: Januari - Februari Musim panas: Maret - Agustus Musim dingin: September - Oktober Musim gugur: November - Desember Suhu rata-rata musim panas berkisar 35°C. Sedangkan saat musim dingin, suhunya mencapai -15°C, bahkan sangat mungkin mencapai -20°C disertai hujan salju. Hujan biasanya turun saat musim semi dan gugur, dengan suhu rata-rata 20°C.

ZONA WAKTU SPANYOL

Spanyol berada di zona waktu divisi GMT +1, sedangkan Indonesia (WIB) berada di zona waktu GMT +7, yaitu 6 jam lebih lambat dari Jakarta (WIB). Semisal saat ini Indonesia (WIB) pukul: 00.00 WIB maka Spanyol pukul: 6 sore.

MASYARAKAT SPANYOL

Negara yang juga dikenal sebagai istana batu ini dipengaruhi banyak budaya, termasuk bangsa Castillians, Catalonians, Romawi, dan Arab. Bahasa Spanyol menjadi bahasa resmi. Namun, sebagian penduduknya juga menggunakan Bahasa inggris.

TRANSPORTASI DI SPANYOL

Spanyol memiliki sistem transportasi yang teratur dan modern. Di jalur darat, ada banyak jenis transportasi seperti bus dan taksi. Jalur kereta api juga sangat memadai dengan rute antar-kota di dalam negeri, bahkan ada juga yang bisa mengantar sampai ke Perancis Selatan. Sama juga dengan tram yang melaju cepat mengantarkan penumpang ke banyak tempat pemberhentian dalam kota. Selain itu, metro juga patut dicoba, mengingat jaringannya cukup luas di Spanyol. Sedangkan untuk jalur udara, Spanyol memiliki sejumlah maskapai andalan: Iberia dan NAYSA. Basis utama maskapai tersebut di Bandar Udara Internasional Gran Canaria.

PEMERINTAHAN DI SPANYOL

Sistem pemerintahan di Spanyol yaitu Monarki Konstitusional dengan kepala negara seorang Raja. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang dipilih melalui pemilihan umum parlemen setiap 4 tahun sekali.

TUJUAN WISATA DI SPANYOL

Spanyol memiliki banyak pantai yang indah, bangunan kerajaan yang mergah, wisata belanja yang menggoda, serta kuliner yang menggiurkan. Inilah rekomendasi tempat wisata di Spanyol yang wajib dikunjungi; Plaza Mayor - Madrid, Santiago Bernabeu di Madrid dan Camp Nou di Barcelona, El Rastro Flea Market - Madrid, Royal Palace of Madrid

FAKTA MENARIK MENGENAI SPANYOL
  • Lagu kebangsaan Spanyol, ‘Marcha Real’ tidak memiliki lirik.
  • Di Barcelona, terdapat gereja katedral Sagrada Familia, yang pembangunannya belum rampung juga meski sudah mulai dikerjakan sejak tahun 1882. Konon, gereja ini direncanakan akan rampung pada 2026.
  • Jumlah turis di Spanyol jauh lebih banyak ketimbang penduduk lokal. Tercatat, 75 juta wisatawan datang ke Spanyol setiap tahun. Sedangkan jumlah penduduk Spanyol hanya sekitar 46 juta jiwa.
  • Alfonso XIII adalah Raja termuda di dunia. Lahir pada 17 Mei 1886, ia langsung dilantik jadi Raja Spanyol. Berkuasa sejak masih menggunakan popok, Alfonso XIII membawa Spanyol ke era kehancuran.
Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!