Pilihan Setelah Lulus Jurusan Kepariwisataan di Malaysia
Pilihan Setelah Lulus Jurusan Kepariwisataan di Malaysia
21 Januari 2018
Belajar Mengelola Proyek Secara Profesional di Sekolah Bisnis Terkemuka Inggris
29 Januari 2018

8 Topik Paling Umum IELTS™ Speaking Part 2

8 Topik Paling Umum IELTS Speaking Part 2. Dalam sesi speaking test pada IELTS™, Anda diminta untuk menjelaskan sesuatu yang umum dan global. Anda akan ditanyakan langsung oleh penguji dalam waktu dua menit. Sebelum berbicara, Anda punya kesempatan selama 1 menit untuk mencatat apa yang ingin Anda utarakan. Penilaian penting yang ditekankan adalah kelancaran berbicara dengan bahasa Inggris dan koherensi Anda dalam membahas topik.

Ini berarti Anda harus memiliki gambaran yang cukup untuk tahu poin apa saja yang ingin Anda sampaikan kepada penguji. Dirangkum Ms. Putu dari SUN English pada seminar “8 Most Common IELTS™ Speaking Part 2 Topics” di acara Australia New Zealand Education Expo 2018, berikut adalah delapan topik umum yang sering ditanyakan saat tes IELTS™:

Topik Paling Umum IELTS Speaking Part 2

Ms. Putu SUN English memaparkan mengenai 8 Topik Paling Umum IELTS Speaking Part 2. Foto/Dok. SUN

 

Orang-Orang (People)

Pada topik ini, Anda bisa membicarakan seseorang yang lebih tua dari Anda dan yang Anda kagumi. Anda bisa menceritakan siapa orang tersebut, seberapa lama Anda mengenalnya, kualitas apa yang dia punya, dan sebutkan alasan mengapa Anda mengagumi dirinya.

Contoh kedua, Anda bisa membahas mengenai seseorang yang bisa berbicara dua bahasa. Ceritakan siapa orangnya, bahasa yang dia kuasai, dan mengapa dia bisa menguasai bahasa lebih dari satu.  Anda bisa menyebutkan aktor favorit Anda, olahragawan, atau guru paling berpengaruh.

 

Tempat (Places)

Topik selanjutnya adalah tempat. Gambarkan tentang tempat wisata yang pernah Anda kunjungi, kapan kunjungan ke tempat itu, alasan Anda ke sana, dan apakah Anda menikmati perjalanan tersebut atau tidak.

Ms. Putu menjelaskan lebih lanjut kalau Anda dapat memberikan tanggapan negatif terhadap kunjungan ke tempat wisata tersebut asalkan alasan yang diberikan tetap menyangkut dengan topik.

Contohnya, Anda bisa mendeskripsikan soal restoran yang Anda tau. Seperti tempat restoran, menu yang disajikan, cara Anda pergi ke restoran tersebut, dan alasan Anda merekomendasikan restoran itu.

 

Pengalaman (Experience)

Topik ketiga adalah pengalaman. Anda bisa menceritakan tentang pengalaman Anda mengikuti suatu kegiatan di negara Anda, misalnya music event. Ceritakan mengenai event apa, di mana, jenis konser musik-nya, dan jelaskan mengapa Anda menikmati pengalaman tersebut. Belum pernah mengikuti music event sama sekali? Karang cerita!

“Jika Anda belum pernah datang ke event apapun, just make up stories! Ini diizinkan, karena penguji tak akan pernah mencari tahu jika jawabannya benar atau tidak,” jelas Ms. Putu meyakinkan para peserta seminar.

Contoh kedua, Anda bisa menceritakan momen ketika Anda mencoba sajian baru dan jelaskan apa Anda menikmati sajian tersebut atau tidak.

 

Perasaan (Feeling)

Topik ini sedikit sulit karena jarang dibahas. Tapi, Anda bisa mengutarakan perasaan Anda ketika lupa tentang sesuatu. Ceritakan apa yang Anda lupakan, alasannya, apa yang Anda lakukan setelahnya. Bahkan, Anda juga bisa menjelaskan perasaan Anda ketika mengalami penolakan.

 

Kebiasaan (Habits)

Anda bisa menjelaskan tentang kegiatan yang sering Anda lakukan. Contohnya, jelaskan mengenai situs (website) yang sering Anda kunjungi. Sebutkan situs itu seperti apa, seberapa sering mengunjungi situs tersebut, bagaimana Anda bisa mengetahui situs itu, kenapa Anda mengunjungi situs itu begitu sering.  Catatan penting adalah berikan contoh yang unik, jangan memberi jawaban yang umum.

 

Preferensi (Preferences)

Bicara soal preferensi, Anda bisa menguraikan tentang film atau lagu yang Anda sukai. Jelaskan genre-nya, popularitas, dan sebagainya.

 

Benda (Objects)

Anda bisa menjelaskan tentang benda penting yang Anda miliki. Jelaskan seberapa lama Anda memilikinya, digunakan untuk apa, dan kenapa itu penting untuk Anda.

Selain itu, Anda bisa menjelaskan tentang transportasi umum di negara Anda. Angkat poin penting seperti jenis transportasinya, intensitas menggunakan transportasi itu, dan jelaskan mengapa Anda memilih menggunakan transportasi itu.

 

Ide-ide (Ideas)

Ide bisa berbentuk apa aja. Anda bisa menjelaskan mengenai sesuatu yang Anda gunakan untuk menabung. Paparkan mengenai bagaimana hal tesebut bisa membantu Anda menabung, bagaimana menggunakannya, dan lainnya.

Anda juga bisa membahas mengenai liburan ideal Anda. Jelaskan di mana tempatnya, dengan siapa Anda akan pergi, dan kenapa Anda ingin ke sana.

Nah, itu dia topik paling umum IELTS Speaking Part 2. Untuk kursus persiapan tes IELTS™, Anda bisa menghubungi SUN English di (021) 45855238 (SJV)

Tinggalkan Balasan