SWEDIA

Swedia merupakan salah satu negara di Eropa utara tepatnya di Skandinavia. Negara ini berbatasan langsung dengan Norwegia di barat, dan Finlandia di timur laut, selat Skagerrak dan Selat Katttegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothania di timur. Swedia juga terhubung dengan Denmark melalui sebuah jembatan terowongan melewati Öresund. Swedia merupakan salah satu negara yang luas dengan kepadatan penduduk rendah.

Swedia merupakan salah satu negera termodern di Eropa yang juga terkenal dengan kekayaan alamnya. Negara ini merupakan tempat ditemukannya Bluetooth, Skype dan Spotify, serta merupakan negara asal dari perusahaan perabot terkemuka IKEA. Sistem pendidikan yang bertitik berat pada penelitian membuat Swedia menjadi salah satu negara tujuan studi yang kerap diincar oleh mahasiswa internasional.

INFO PENDIDIKAN DI SWEDIA

  • Merupakan negera maju dengan pemanfaatan teknologi informasi terbaik.
  • Dikenal sebagai negara yang inovatif setelah Inggris dan Swiss.
  • Pendidikan bertitik berat pada penelitian.
  • Biaya hidup relatif lebih murah dibandingkan engan negara-negara eEropa lainnya
  • Keuntungan belajar di negara Eropa adalah kemudahan travelling dari satu negara ke negara Eropa berikutnya.


Pendidikan di Spanyol secara umum terbagi menjadi Förskola (usia 1-5 tahun), Förskoleklass (usia 6 tahun), Grundskola (usia 7-16 tahun), Gymnasieskola (usian 16-19 tahun). Setelah itu siswa bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi yaitu university atau university college (Högskola/Universitet). Biaya pendidikan tinggi di Swedia beragam tergantung bidang studi yang diambil, rata-rata berkisar antara SEK 80,000-130,000 (120-196 juta rupiah) per tahun.

Biaya hidup di Swedia bervariasi berdasarkan gaya hidup dan kota yang ditempati. Biaya hidup bulanan rata-rata mahasiwa di Swedia adalah sekitar SEK 8,370. Jumlah tersebut berdasarkan akumulasi dari biaya akomodasi, makan, transportasi, telfon dan internet, serta kebutuhan hidup lainnya.

GEO & CULTURE

LOKASI SWEDIA

Daerah Swedia terletak di belahan bumi utara, terdapat wilayah di lingkaran arktik namun beriklim sedang. Di sebeah timur dibatasi oleh laut Baltik dan teluk Bothnia. Batas Swedia dengan Norwegia di sebelah barat adalah pegunungan Skandinavia. Kepadatan penduduk cenderung lebih tinggi di selatan yang mayoritas agrikultur dan semakin ke utara, hutannya semakin lebat.

IKLIM SWEDIA

Swedia terletak di utara jauh Alaska, tapi umumnya memiliki iklim yang lebih ringan. Hal ini karena arus air hangat Atlantik utara mengalir di dekatnya dan angin yang bertiup dari barat daya di semua musim. Suhu musim dingin di bagian tengah dan selatan negara rata-rata sedikit di bawah titik beku. Di ujung utara, suhu musim dingin rata-rata -14°C. suhu musim panas cenderung sejuk dan nyaman. Curah hujan rata-rata sekitar 160 milimeter per tahun. Curah hujan terbesar ada di barat daya dan utara jauh. Ada hujan salju yang cukup di musim dingin.

ZONA WAKTU SWEDIA

Swedia berada di zona Waktu Eropa Tengah yaitu divisi GMT +1. Indonesia yang berada di zona waktu GMT+7 memilik selisih waktu sekitar enam jam dengan Swedia. Jika di Swedia pukul 00.00, maka di Indonesia pukul 6 pagi.

MASYARAKAT SWEDIA

Masyarakat Swedia saat ini terdiri dari beragam etnis. Terdapat banyak masyarakat Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah dan Asia. Masyarakat asli Swedia berhubungan erat dengan masyarakat Denmark, Islandia, Kepulauan Faeroe, Norwegia. Mereka berasal dari beberapa migrasi suku yang beberapa mungkin berasal dari rusia ribuan tahun lalu. Masyarakat Swedia cenderung tinggal di bagian selatan di mana perkotaan berada.

TRANSPORTASI DI SWEDIA

Swedia memiliki sistem transportasi yang memadai baik di jalur darat maupun udara. Kereta api menghubungkan hampir sebagian besar wilayah negara. Kereta api cepat tersedia sebagai moda transportasi darat untuk menghubungkan kota-kota besar seperti Stockholm dan Göteborg. Terdapat pula bandar udara yang melayani penerbangan dalam dan luar negeri di beberapa kota seperti Arlanda, Stockhol, Landvetter dll. Ada pula jembatan yang menghubungkan Swedia dan Denmark sehingga yang mempermudah jalur wisata darat negeri-negara Skandinavia.

PEMERINTAHAN SWEDIA

Swedia adalah negara monarki konstitusional dan demokrasi parlementer, dengan monarki sebagai kepala negara. Ibukotanya adalah Stockholm, juga merupakan kota terbesar di negara ini. Kekuasaan legislatif ditentukan oleh 349 anggota unikameral Riksdag. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri. Swedia adalah negara kesatuan, saat ini dibagi menjadi 21 county dan 290 munisipalitas.

TUJUAN WISATA DI SWEDIA

1. Millesgarden


Millesgarden merupakan sebuah museum yang dulunya merupakan rumah dari seorang sepasang seniman yang bernama Carl Milles dan Olga Milles. Museum seni dan patung taman ini terletak di Pulau Lidingo yang tepat berada di ibukota Swedia, yaitu Stockholm.


2. Nobel Museum

Museum ini berisi segala informasi tentang perhargaan nobel secara lengkap sejak pertama penghargaan ini diberikan pada tahun 1901. Pengunjung juga bisa melakukan demonstrasi berbagai percobaan ilmiah di museum yang didirikaan pada tahun 2001 ini. Nobel Museum terletak di kota tua Gamla Stan, tepatnya Stortorget Square, Stockholm.


3. Falun


Falun adalah sebuah kota di Swedia yang dulunya merupakan kota pertambangan dan telah secara resmi dijadikan salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Di kota ini pengunjung bisa menikmati event tradisional seperti pertandingan Ski Swedia, Falu Cruising, dan Falu Party.


4. Kiruna


Kiruna merupakan sebuah kota di Swedia yang terkenal dengan wisata musim dinginnya. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di kota ini selama musim dingin seperti memancing di air es, bermain ski, hingga mengunjungi istana es. Juga terdapat event-event menarik yang pantang untuk dilewatkan.

FAKTA MENARIK MENGENAI SWEDIA
  • Swedia memiliki sistem pengolahan sampah yang sangat baik sehingga dapat dijadikan sumber energi. Uniknya, Swedia bahkan mengimpor sampah dari Norwegia karena kerap ‘kehabisan sampah’.
  • The Northen Light/Aurora dapat dijumpai saat musim semi dan gugur di semua wilayah Swedia.
  • Sebagian besar kecelakaan jalan di Swedia disebabkan oleh rusa yaitu sekitar 6000 kasus setiap tahunnya.
  • “Ikea” dan “Superman” adalah nama terlarang di Swedia, sedangkan “Lego” dan “Google” diperbolehkan untuk nama depan dan nama tengah.
Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!