10 Personal Safety Tips as a College Student
10 Tips Menjaga Keselamatan Diri di Luar Negeri
23 Mei 2014
Bekerja Paruh Waktu Selama Studi Di Luar Negeri
Bekerja Paruh Waktu Selama Studi di Luar Negeri
4 Juni 2014

Top 6 Pilihan Karir Bagi Lulusan Luar Negeri

Top 6 Pilihan Karir Bagi Lulusan Luar Negeri

Top 6 Pilihan Karir Bagi Lulusan Luar Negeri

Kamu telah menyelesaikan kuliah dan lulus dari universitas asing di luar negeri kini kembali ke Indonesia dan siap untuk memasuki dunia kerja di industri yang kamu minati. Dengan keahlian yang unik, sesuai dengan ranah kerja global, kamu tentunya berharap dapat menemui tantangan menarik. Bagi kamu, ada banyak pilihan karir internasional yang berhubungan dengan keterampilan dan minatmu. Berikut ini adalah top 6 pilihan karir bagi lulusan luar negeri


1. Pemerintahan

Negara-negara seperti Inggris dan Australia dan lain-lain memiliki kedutaan dan kantor asing di berbagai negara di dunia termasuk di Jakarta dan mereka membuka lowongan untuk siswa yang baru lulus atau pekerja yang sudah berpengalaman. Memiliki pemahaman tentang negara yang kamu wakili dan kefasihan berbicara dalam bahasa asing akan memberikan keuntungan bagi kamu dibanding calon pelamar lain. Mulai dari bisnis dan akuntansi hukum hingga kesehatan, pemerintah asing memberdayakan berbagai jenis keahlian selain juga memberikan keuntungan tambahan yaitu  adanya kesempatan perjalanan bisnis ke luar negeri.


2. Konselor Pendidikan Internasional

Mungkin masih segar dalam ingatanmu bagaimana kamu memulai perjalanan kamu untuk studi di luar negeri. Kamu mungkin ingat orang-orang di konsultan pendidikan internasional dan kursus bahasa asing yang telah membantu kamu mempersiapkan kebutuhanmu untuk belajar di luar negeri. Jika kamu memahami proses persiapan studi ke luar negeri dan menyukai interaksi dalam mengilhami orang lain untuk belajar di luar negeri, maka kamu dapat mempertimbangkan karir di industri ini. Sebagai konsultan, koordinator program, atau staf marketing, kamu dapat langsung mengirimkan aplikasi kamu melalui orang yang kamu kenal di sana.


3. Petugas Internasional 

Jika kamu menikmati pengalaman internasional serta belajar tentang pengembangan bisnis, kamu akan menemukan karir yang tepat bekerja di universitas swasta lokal maupun asing di negaramu. Ada pilihan seperti menjadi staf pelajar internasional atau sejumlah posisi di departemen bahasa asing. Sebagai petugas internasional, kamu akan terlibat dalam berbagai proyek seperti membangun jaringan dengan universitas asing untuk program kerjasama, mempersiapkan program magang, sukarelawan atau bekerja di luar negeri dan mengelola hubungan antarbudaya.


4. Perwakilan Universitas

Setelah melewati 3 tahun terakhir atau lebih sebagai mahasiswa, kamu memiliki keyakinan untuk mempromosikan universitas almamatermu. Mengapa tidak menjadikan pengalaman itu sebagai bekal untuk karirmu? Beberapa universitas asing menawarkan posisi Perwakilan Universitas dengan pekerjaan meliputi pemasaran atau hubungan internasional. Biasanya posisi ini memberi kamu kesempatan untuk bekerja dari rumah serta bepergian ke seluruh bagian di Indonesia untuk mempromosikan universitas yang kamu wakili.


5. Petugas LSM (NGO) Internasional

Jika menjadi seorang penderma (philanthropist) adalah sesuatu yang kamu sukai, maka pilihlah karir di sebuah LSM internasional (lembaga swadaya masyarakat) / NGO (Non-Governmental Organisation) seperti PBB, UNICEF dan EOTO World, dll. Beberapa LSM memiliki kantor pusat di Amerika dan memiliki kantor cabang di banyak negara termasuk di Indonesia. Berbagai pekerjaan di LSM meliputi kebijakan luar negeri, reformasi hukum, komunikasi pemasaran, media sosial, dan audit. Dengan bekerja di LSM Internasional, kamu kemungkinan besar akan melakukan perjalanan tidak hanya mengunjungi daerah di Indonesia tapi juga ke luar negeri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.


6. Mengajar Bahasa Inggris di Luar Negeri

Mengajar di luar negeri adalah karir yang menjadi pilihan yang semakin populer. Meskipun kamu tidak memiliki gelar di bidang pendidikan, namun dengan pengetahuan dan pengalaman berbahasa Inggris dengan lancar dengan aksen Inggris yang baik, kamu akan menjadi kandidat yang sesuai untuk mengajar bahasa Inggris di luar negeri. Ada negara yang tidak mengharuskan kamu untuk memiliki sertifikasi TOEFL seperti di Korea Selatan. Namun jika kamu adalah seorang guru yang berkualifikasi, kamu dapat memilih untuk mengajar di luar negeri melalui Departemen Luar Negeri Pertahanan (Foreign Department of Defense) atau Kementerian Luar Negeri Pendidikan (Foreign Ministry of Education) yang mempekerjakan guru di sekolah dan universitas. Ini akan menjadi pengalaman yang berharga terutama bagi mereka yang suka bepergian, belajar tentang budaya baru, dan membantu orang lain. (SUN)

Comments are closed.