COMPARATIVE LITERATURE / SASTRA PERBANDINGAN
Comparative Literature / Sastra Perbandingan
30 November 2021
Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!
Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!
1 Desember 2021

5 Fakta Kehidupan di China buat Mahasiswa Internasional

fakta kehidupan di china

Source: Unsplash

Banyak mahasiswa internasional memilih China sebagai destinasi studi mereka di luar negeri. Why, you ask? China telah banyak berinvestasi dalam pendidikan selama beberapa tahun terakhir dan telah mengembangkan kemitraan dengan universitas mancanegara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Negeri Tirai Bambu, sebaiknya kamu tau terlebih dahulu mengenai fakta kehidupan di China bagi mahasiswa internasional!

Universitas di China menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dan memiliki fasilitas dengan standar internasional. Itu sebabnya, lebih dari 100 institusi pendidikan tinggi di China berada di peringkat teratas milik Times Higher Education dan TopUniversities

Namun, sebenarnya seberapa mahal untuk tinggal dan belajar di China? Lalu bagaimana dengan fakta kehidupan di China lainnya buat mahasiswa internasional? Di bawah ini, SUN Education akan menjabarkan seluruh faktanya buatmu agar mempermudah proses pengambilan keputusanmu!

 

1. Biaya Kuliah

fakta kehidupan di china

Source: Unsplash

Fakta kehidupan di China yang pertama pastinya terkait dengan tuition fee atau biaya kuliah buat mahasiswa internasional. Biaya kuliah rata-rata di universitas negeri di China berkisar antara $2.500 hingga $10.000 per tahun akademik. Kamu juga bisa menemukan beberapa program tanpa biaya kuliah yang biasanya ditawarkan oleh universitas dari negara lain seperti Inggris, Jerman, dan Denmark, yang memiliki cabang kampus di China.

Sementara itu, biaya perguruan tinggi swasta biasanya lebih tinggi. Sebagian besar biaya rata-rata di bawah $30.000 per tahun, tetapi untuk beberapa program MBA kamu bisa merogoh kocek hingga lebih dari $40.000 per tahun. Biaya bisa lebih tinggi di lembaga swasta dari negara lain. Misalnya, Universitas New York (NYU) Shanghai, yang didirikan bekerja sama dengan Universitas Normal China Timur Shanghai, memiliki biaya kuliah lebih dari $50,000 per tahun.

2. Biaya Hidup bagi Pelajar Internasional

Kamu tau nggak kalau Beijing ternyata adalah salah satu kota termahal di China! Kamu akan membutuhkan antara $1.000 hingga $1.200 per bulan untuk menutupi pengeluaranmu. Sementara itu, Shanghai dan Shenzhen adalah kota termahal kedua, di mana kamu kemungkinan akan menghabiskan antara $850 hingga $1.200 per bulan.

Di semua kota China lainnya, pengeluaran per bulanmu kemungkinan besar akan berkisar antara $600 hingga $1.000. Jumlah ini juga bisa mencakup pengeluaran terkait akomodasi jika kamu memilih untuk tinggal di asrama.

Perlu diingat bahwa biaya hidup sangat bervariasi di seluruh China. Faktor-faktor seperti biaya kuliah, jenis universitas, dan kebiasaan pengeluaranmu dapat secara signifikan meningkatkan atau justru menurunkan pengeluaranmu!

3. Biaya Makanan

fakta kehidupan di china

Source: Unsplash

Selain menjadi tujuan studi luar negeri yang menarik, China juga terkenal dengan kulinernya yang beragam dan sangat terjangkau bagi kantong mahasiswa!

Makan di kafetaria milik universitasmu, restoran lokal kecil, atau rantai makanan cepat saji akan menelan biaya antara $1 hingga $4. Nah, kalau makanan kelas menengah, termasuk hidangan otentik China dan internasional, biasanya akan menelan biaya antara $4 hingga $7.

Kalau kamu membeli makanan dari supermarket lokal, kamu akan menghabiskan sekitar $170 hingga $200 per bulannya. Kamu juga bisa banget menemukan jaringan supermarket internasional macam Walmart, Carrefour, Auchan, atau Metro di Tiongkok. Ingin menghemat uang? Coba masak di rumah! Beli buah dan sayuran dari pasar segar! Kamu akan mendapatkan sekantong buah-buahan hanya dengan harga $3.

4. Transportasi

Source: Unsplash

Fakta kehidupan di China lainnya adalah transportasinya! FYI, China terkenal dengan sistem transportasi umum yang berkualitas tinggi dengan harga yang sangat murah. Bahkan, taksi pun cukup murah di negara ini! 

Kamu akan mengeluarkan biaya sekitar $0,5 untuk naik metro, $0,33 untuk tarif taksi per kilometer, dan $0,3 untuk naik bus dalam kota. Pretty affordable, right? Kamu juga bisa membeli tiket transit bagi pelajar seharga $20 per bulan.

5. Akomodasi

Meskipun Shanghai dan Beijing dikenal di seluruh dunia sebagai beberapa kota paling mahal untuk ditinggali, kamu bisa saja menemukan beberapa pilihan perumahan yang terjangkau di kota-kota metropolitan ini. Tarif bahkan lebih rendah di tempat-tempat seperti Tianjin, Jiangsu, atau Sichuan.

Pilihan akomodasi paling umum di China antara lain asrama siswa dengan harga berkisar antara $150 dan $400 per bulan, menyewa flat dengan biaya antara $300 dan $1.000 per bulan untuk apartemen satu kamar tidur, atau homestay bersama keluarga di China yang akan menelan biaya antara $350 dan $550 per bulan.

Tinggal bersama teman sekamar, baik di asrama mahasiswa atau apartemen, adalah pilihan paling terjangkau dan paling umum di kalangan mahasiswa internasional di China. Semua akomodasi memerlukan uang deposito sebesar $300 hingga $460.

Itu dia 5 fakta kehidupan di China bagi mahasiswa internasional! Mulai dari biaya kuliah sampai biaya tempat tinggal sudah dijelaskan, semoga artikel ini bermanfaat dan makin memantapkan pilihanmu untuk belajar di China!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan