5 Rekomendasi Jurusan Pastry Buat Kamu yang Mau Kuliah di Luar Negeri
5 Rekomendasi Jurusan Pastry Buat Kamu yang Mau Kuliah di Luar Negeri
13 Desember 2021
5 Alumni University of Exeter yang Keren Banget, Ada Penulis Terkaya di Dunia!
5 Alumni University of Exeter yang Keren Banget, Ada Penulis Terkaya di Dunia!
15 Desember 2021

Udah Tau Belum? Ini Fakta Menarik Soal Studi di Negara Inggris!

fakta negara inggris

Source: Unsplash

Persiapan yang matang penting banget buat kamu yang ingin belajar ke luar negeri, termasuk Inggris. Hal-hal esensial mulai dari dokumen perjalanan sampai akomodasi harus sudah disiapkan sebelum berangkat. Eits jangan lupa! Bekali dirimu dengan pengetahuan soal destinasi studimu, misalnya dengan cari tau fakta negara Inggris!

Gunanya? Tentu biar kamu lebih familiar dengan Inggris sebagai tempatmu studi nanti! Getting to know the country is a good first step to settle in.

Ada 1.001 alasan kenapa banyak sekali pelajar yang memilih Inggris sebagai destinasi kuliah mereka. Top-tier quality education system? Check! A home to the world’s best universities? Check! Amazing tourist destination? Check!

Tapi tau nggak sih masih banyak banget fakta negara Inggris yang unik dan menarik! Baca terus untuk tau apa aja fun facts-nya ya! Siapa tau salah satu dari faktanya bisa jadi alasan kamu mau lanjut belajar ke Inggris.

 

1. Rumah Bagi Siswa Internasional

fakta negara inggris

Source: Unsplash

Fakta negara Inggris pertama adalah negara ini merupakan rumah bagi 450.000 siswa internasional setiap tahunnya! Menurut UCAS, lebih dari 450.000 siswa internasional belajar di Inggris setiap tahun. Artinya, you’re not alone! Banyak banget calon mahasiswa kayak kamu yang memilih Inggris sebagai destinasi studi mereka.

Kalau kamu belajar di universitas Inggris, kamu bukan cuma bagian dari angka itu, tapi kamu akan menjadi siswa terbaru yang memperoleh kualifikasi berkualitas tinggi dari salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia!

Dengan banyaknya siswa internasional yang belajar di Inggris setiap tahunnya, ini artinya Inggris berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat! Kuliah di Inggris memberimu kesempatan untuk belajar bersama siswa dari Inggris dan mereka dari negara yang berbeda, sehingga kamu bisa mengalami sendiri budaya-budaya beragam yang unik.

2. Mayoritas Asal Asia

Another surprising fact! Asia terus mengirimkan jumlah siswa terbesar untuk belajar di universitas-universitas di Inggris, bahkan mengalahkan Eropa!

Menurut data pada 2018, siswa dari Asia mencapai 44% dari siswa internasional yang belajar di Inggris. China mencatat jumlah siswa tertinggi, lebih dari 40.000! Angka itu kemudian diikuti oleh Hong Kong, India, dan Malaysia.

3. Pilihan Jurusan Unik

Fakta negara Inggris selanjutnya adalah banyaknya jurusan dan gelar paling unik yang ditawarkan di negara ini! Meskipun universitas-universitas di Inggris dikenal luas dan menawarkan beberapa gelar paling prestisius, ada juga program studi unik yang tersedia bagi kamu lho!

Ethical hacking, surf science and technology, puppetry design and performance, atau floral design adalah segelintir dari banyaknya jurusan unik yang bisa kamu ambil saat studi di Inggris.

Selain jurusan atau program studi yang unik, ada juga beberapa jurusan yang populer di Inggris. Beberapa program studi yang paling populer di kalangan mahasiswa internasional di Inggris termasuk Business Management, Civil Engineering, Chemistry, Computer Science, Biomedical Sciences, Engineering, Media, Architecture, dan Law.

 

4. Tiga Tipe Universitas di Inggris

fakta negara inggris

Source: Unsplash

Kamu tau nggak bahwa ada tiga tipe universitas di Inggris? Politeknik, ancient, dan Russell Group adalah tiga kategori universitas di negara ini. 

Ada sekitar 24 universitas di Russell Group. Mereka berkomitmen untuk melakukan penelitian terkemuka di industri dan pengalaman belajar berkualitas tinggi bagi semua siswa, dengan universitas bergengsi seperti Cambridge, Oxford, dan Newcastle sebagai bagian dari anggotanya.

Sementara itu, karena sangat bersejarah, ancient universities seringkali memiliki ruang kuliah dan koridor yang bertempat di gedung-gedung berusia ratusan tahun. Oxford adalah yang tertua dan kita bisa telusuri jejaknya hingga ke 1096. Did you know, Universitas Oxford lebih tua dari peradaban Aztec?

Universitas-universitas yang masuk ke dalam Russell Group dan merupakan ancient university berkembang dari politeknik, perguruan tinggi pendidikan lanjutan dan lembaga pendidikan tinggi lainnya menjadi universitas populer seperti sekarang ini.

5. Gelar Berkualitas Tinggi

Gelar dari universitas di Inggris dikenal di seluruh dunia berkualitas tinggi dan berkelas dunia. Pengakuan tinggi ini tercermin dari universitas-universitas di Inggris yang secara konsisten mendapatkan peringkat tinggi di ranking dunia. 

Jadi, ketika kamu lulus dengan gelar dari universitas di Inggris, hal ini akan menjadi nilai jual yang bagus banget pas kamu melamar pekerjaan.

6. Pemimpin Dalam Penelitian

Wanna make a real difference? UK universities are the perfect fit! Kamu bisa menjadi bagian dari grup yang dapat membuat perbedaan nyata di dunia melalui penelitian dan inovasi. 

Penelitian menunjukkan bahwa 54% dari semua penelitian yang dilakukan universitas di Inggris digolongkan sebagai yang terdepan di dunia dan unggul secara internasional.

Secara umum, Inggris merupakan negara penelitian terkemuka di dunia. Itu adalah reputasi yang bagus untuk dimiliki dan sesuatu yang bisa kamu dapatkan manfaatnya. 

 

7. Destinasi Studi Favorit

Source: Unsplash

Di atas sudah dijelaskan kalau Inggris berada tepat di belakang Amerika Serikat dalam hal menarik pelajar internasional, Inggris sebenarnya adalah tujuan yang paling direkomendasikan sebagai destinasi studi.

It’s easy to see why! Inggris adalah negara berbahasa Inggris dengan campuran budaya, kepercayaan, dan ras yang berbeda. Belum lagi prospek karir yang luar biasa! Nggak heran mengapa banyak pelajar internasional memilih Inggris sebagai tempat mereka menimba ilmu di perguruan tinggi.

8. Peluang Kerja 

Peluang kerja menjadi fakta negara Inggris berikutnya. Umumnya, seorang pelajar internasional dapat bekerja hingga 20 jam seminggu selama masa perkuliahan dan 10 jam ketika kuliah libur. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengambil pekerjaan paruh waktu atau magang, untuk mempelajari keterampilan baru dan mendapatkan uang sambil belajar.

Universitas tujuanmu bahkan dapat membantu kamu mendapatkan magang sebagai bagian dari program studi, yang pasti ini akan memberimu keunggulan kompetitif saat lulus.

 

9. Budaya Unik

Source: Unsplash

Jika kamu memutuskan untuk belajar di Inggris, kamu nggak bakal bosan! Selalu ada sesuatu yang bisa kamu lakukan yang sesuai dengan minatmu. Inggris adalah negara unik, penuh dengan banyak orang dengan akar dari seluruh dunia.

Hal ini membuat Inggris memiliki perpaduan unik dari berbagai budaya, makanan, dan minat. Kamu nggak cuma belajar tentang budaya Inggris, tetapi juga dari orang-orang dari negara dan budaya lain.

Kalau kamu tinggal di bagian Inggris mana pun, kamu bisa menemukan perpaduan wisata kuliner, kehidupan malam, toko, dan aktivitas olahraga yang membuatmu tetap tertarik.

Nah, itu dia beberapa fakta negara Inggris yang pastinya bisa buat kamu tambah yakin buat belajar di sana. Now that you know more, it’s time for you to experience it in real life! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan