wajib militer Korea selatan
Kenapa Warga Korea Selatan Harus Mengikut Wajib Militer? Simak Faktanya Yuk!
5 Desember 2022
Ingin Mengetahui Soal Bintang? Maka Kuliah Jurusan Astronomi Jawabannya!
6 Desember 2022

Kenalan dengan Gelar MSc Ternyata Penting!

Pernah dengan gelar MSc? Yap, gelar ini memang masih asing di telinga. Padahal, gelar ini sudah ada sejak lama, lho. Tapi, masih banyak banget yang bingung, apakah gelar MSc ini sama dengan gelar Magister? Atau berbeda? Buat kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kamu harus kenalan dulu nih dengan gelar MSc. Apalagi kalau kamu mau berkecimpung di dunia sains. Biar nggak salah arti dan jadi lebih faham, yuk, kita bahas tentang gelar MSc. Ternyata gelar ini penting buat masa depanmu, lho!

BACA JUGA: Ini 7 Alasan Penting Kenapa Harus Mengambil Gelar Master

Gelar MSc atau Magister adalah…

Gelar MSc atau Magister adalah

Berbicara gelar MSc, apakah sama dengan gelar Magister? Gelar MSc merupakan gelar pendidikan pascasarjana yang lebih tinggi dari program Sarjana. MSc sendiri merupakan singkatan dari Master of Science. Artinya gelar ini diberikan pada mahasiswa yang mengambil program pascasarjana di program pelajaran matematika dan ilmiah. 

Untuk mendapatkan gelar ini, kamu harus menempuh program ilmiah seperti Biologi, Fisika, Geologi, dan lainnya. Namun, beberapa jurusan seperti Manajemen, Keuangan dan Ekonomi juga akan mendapatkan gelar MSc karena tesisnya juga fokus pada aspek teoritis dan bidang praktis.

Alasan mendapatkan gelar MSc 

MSc adalah gelar

Ada beberapa alasan mendapatkan gelar MSc ini seperti berikut ini:

Jabatan dan gaji yang lebih tinggi

Gelar MSc membuat kamu punya kesempatan besar mendapatkan jabatan dan gaji yang lebih tinggi di perusahaan. Gelar ini membuktikan kalau kamu memiliki keahlian lebih di bidang yang kamu pelajari. Dengan gelar ini di belakang namamu, saat melamar kerja di manapun pasti mereka akan lebih memilih kamu.

Keuntungan bila bekerja di perusahaan bidang sains atau teknik

Namanya juga memiliki ilmu lebih di bidang sains, tentunya perusahaan yang bergerak di bidang ini pastinya akan mencari lulusan di jurusan ini. Apalagi kalau kamu memiliki gelar MSc, kamu dijamin mendapatkan posisi tinggi di perusahaan tersebut.

Punya skill yang praktikal

Yap, keunggulan kuliah program Master adalah pembelajarannya lebih praktikal. Kamu akan belajar analisa dan riset, problem solving dan keahlian presentasi yang bisa kamu praktikan dalam dunia kerja!

Sebagai investasi masa depan

Punya gelar MSc juga disebut sebagai investasi masa depan. Jika kamu merasa lelah bekerja di perusahaan, kamu masih punya keuntungan untuk mencoba karir lain seperti menjadi dosen, pengamat, bahkan penulis. Bahkan opini dari kamu juga menjadi legit karena gelar ini membuat kamu lebih kompetitif dibanding yang lain.

BACA JUGA: Punya Aspirasi Jadi ‘Game-changer’ Lingkungan? Lanjutkan Program Mastermu Disini!

Bidang apa saja yang bisa mendapatkan gelar MSc?

Nggak semua bidang bisa mendapatkan gelar Master of Science (MSc) setelah lulus program Master. Ada beberapa bidang studi yang lulusannya nanti mendapatkan program MSc, antara lain:

  • Engineering / Teknik
  • Computer Science / Ilmu Komputer
  • Psychology / Psikologi
  • Business and Commerce / Bisnis dan Perdagangan
  • Geology / Geologi
  • Physics / Fisika
  • Accounting / Akuntansi
  • Economy / Ekonomi
  • Biomedical Science / Ilmu Biomedis

Kurikulum program Master ini lebih advanced dibandingkan program Bachelor. Sebagian besar melibatkan kerja praktik di laboratorium serta penempatan kerja atau internship.

Syarat masuk program gelar MSc

Berikut syarat masuk program gelar MSc baik dari universitas dalam maupun luar negeri buat bayangan kamu!

Syarat masuk program gelar MSc di Indonesia

Jika kamu ingin melanjutkan program MSc, ada beberapa syarat masuknya. Untuk di Indonesia, kita ambil contoh Program Magister Sains dari Universitas Gadjah Mada. Pada universitas ini program studi yang tersedia adalah Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi. Inilah syarat-syaratnya:

  • Akuntansi: Harus berasal dari S1 Akuntansi (sebidang)
  • Manajemen: Tidak harus lulusan Manajemen (dapat alih bidang program studi). Bagi yang asal S1-nya ahli bidang maka harus mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester.
  • Ilmu Ekonomi: Tidak harus lulusan ilmu Ekonomi (dapat alih bidang program studi). Bagi yang asal S1-nya ahli bidang maka harus mengikuti Program Matrikulasi selama 1 semester.

Syarat masuk program gelar MSc di luar negeri

Buat kamu yang mau mengambil gelar MSc ini di luar negeri, pilihannya akan banyak banget. Kali ini SUN Education akan mengambil contoh salah satu program dari The University of Manchester untuk program Accounting.

  • Persyaratan Bahasa Inggris yang harus dipenuhi calon mahasiswa ialah memiliki score IELTS 7.0 atau iBT TOEFL dengan nilai keseluruhan 100 dengan minimum nilai 22 pada elemen lainnya.
  • Persyaratan akademis untuk mahasiswa Indonesia adalah IPK jenjang S1 dengan minimum rata-rata antara 3.0 -3.2.
  • Calon mahasiswa harus memiliki nilai yang baik untuk mata kuliah akuntansi maupun keuangan.
    Admission team juga bisa mempertimbangkan mahasiswa dengan latar belakang pendidikan Sarjana Bisnis Administrasi atau Perdagangan.

Cara dapat gelar MSc dari kampus luar negeri

Cara dapat gelar MSc dari kampus luar negeri

Mendapatkan gelar satu ini dari universitas di luar negeri tentunya jadi impian banyak orang. Apalagi dengan segudang keunggulan yang ditawarkan, mulai dari pembahasan yang lebih advanced, perkuliahan yang praktikal, pengalaman yang lebih riil, dan tentunya kesempatan berkarir dengan posisi dan gaji lebih tinggi.

Tapi, perlu kamu tahu kalau kuliah S2 di luar negeri tentunya caranya berbeda dengan di Indonesia. Kebanyakan universitas mensyaratkan kamu harus sudah punya pengalaman kerja atau pernah menjalani riset yang sesuai dengan bidang yang mau kamu ambil. Selain itu kamu harus punya surat rekomendasi yang menonjolkan kelebihanmu, persyaratan bahasa Inggris seperti score TOEFL atau IELTS, dan banyak lagi.

Daripada kamu bingung mempersiapkan kuliah S2 di luar negeri, lebih baik konsultasi GRATIS di SUN Education. Mulai dari persyaratan, pendaftaraan, persiapan bahasa Inggris, sampai akomodasi selama kamu kuliah di luar negeri bisa dibantu. Jangan lupa untuk download SUN Education Mobile App GRATIS sudah tersedia di Play Store dan App Store! Semua informasi ter-update bisa kamu dapatkan di aplikasi ini!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Pexels

Tinggalkan Balasan