Criminal Justice and Law Enforcement / Hukum Tindak Kriminal
26 Maret 2021
Kiat dan Strategi untuk Meningkatkan iBT TOEFL Score Kamu!
27 Maret 2021

Kiat dan Strategi untuk Meningkatkan iBT TOEFL Score Kamu!

Sumber: Unsplash

Siapa saja yang berada di sekolah menengah hingga kuliah pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya TOEFL! TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. TOEFL sendiri diperlukan sebagai persyaratan masuk kuliah untuk hampir seluruh universitas di luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia. Untuk jenis TOEFL, TOEFL iBT memang salah satunya yang sangat terkenal. Bisa jadi, kamu yang membaca ini juga sedang berusaha untuk meraih score TOEFL iBT impian!

toefl score ibt

Sumber: ETS

First thing first, kamu tentu sudah paham bahwa jenis TOEFL ada berbagai macam. Secara major, TOEFL dibagi menjadi TOEFL Resmi yaitu iBT, PBT, dan CBT, TOEFL Institutional yaitu ITP, dan Prediction. Jenis TOEFL yang resmi diterima oleh hampir kebanyakan lembaga internasional seperti universitas adalah yang berjenis TOEFL Resmi. Sekarang ini, satu-satunya TOEFL Resmi yang diakui dan diterima secara global adalah TOEFL iBT. TOEFL iBT juga berbeda loh dengan TOEFL umum yang mungkin kita pahami sebelumnya.

Jenis TOEFL dengan score maksimum 600an adalah jenis PBT atau ITP yang mungkin pernah kamu ikuti sebelumnya! Namun berbeda dengan iBT. TOEFL iBT memiliki nilai maksimum sebanyak 120. Tes ini juga dibagi menjadi 4 segmen soal, yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Masing-masing score maksimum untuk soal tersebut adalah 30. Yang membedakan TOEFL iBT dengan TOEFL era sebelumnya adalah terletak pada penekanan kemampuan Bahasa Inggris secara umum. Bukan grammar ataupun structure. Sementara ‘kunci’ untuk menyelesaikan TOEFL iBT adalah dengan kemampuan reading, listening, speaking, dan writing yang baik.

Nah, untuk mendapatkan score TOEFL iBT impian alias diatas 110, kamu pastinya membutuhkan usaha dan kemampuan yang besar! Coba untuk menguasai 4 kunci diatas yang sudah disebutkan. Tingkatkan kemampuan reading, listening, speaking, dan writing yang kamu miliki. “Caranya seperti apa saja sih?”, untungnya, kita memiliki tips dan strategi jitu biar kamu bisa menembus ataupun meningkatkan  score TOEFL iBT nantinya! Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu mulai maksimalkan:

Perbanyak Membaca

Toefl Score IBT, Mau tau cara meningkatkannya? Berikut strateginya!

Sumber: Unsplash

Membaca literatur berbahasa Inggris membuat kamu semakin familiar dan bisa memperkaya kosakata baru loh. Saat kamu membaca teks berbahasa Inggris, otak dan daya pikir yang kamu miliki akan terlatih untuk lebih mengenal kata, struktur, serta makna konteks keseluruhan. Oleh karena itu, semakin sering dan banyak yang kamu baca, maka kamu akan lebih mudah memahami secara luas bacaan serta arti yang terkandung dalam teks Bahasa Inggris tersebut. After that, new reading skills are unlocked!

Tingkatkan Penguasaan Vocab

Ini juga masih nggak terpisahkan dari kegiatan ‘membaca’. Kamu perlu memperkaya kosa kata atau yang disebut dengan vocabulary agar berhasil menyelesaikan soal TOEFL dan mendapatkan score sesuai harapan kamu. Cobalah membaca banyak hal seperti majalah, berita online, maupun konten sosial media berbahasa Inggris. Kamu juga bisa mencoba untuk mengerjakan contoh soal TOEFL iBT yang ada di internet. Dengan cara tersebut, kamu bisa berlatih menerjemahkan beberapa teks atau passage  yang ada dalam soal latihan reading.

Disamping itu, karya ilmiah ataupun jenis tulisan bersifat formal lainnya bisa menambah wawasan kamu. Mulailah perbanyak jenis bidang untuk kamu ‘kulik’, seperti sains, budaya, politik, maupun ekonomi. Hal ini dibutuhkan agar perbendaharaan yang kamu miliki menjadi lebih kontekstual dan luas! Terlebih, kamu akan menemukan berbagai macam soal TOEFL iBT yang membahas topik pengetahuan umum. Lebih baik siap sebelum menghadapinya, bukan?

Menonton Film Berbahasa Inggris

Toefl Score IBT, Mau tau cara meningkatkannya? Berikut strateginya!

Sumber: Unsplash

Kiat yang satu ini sangat ampuh dalam meningkatkan kemampuan listening mu! Kamu bisa memilih film berbahasa Inggris dengan tema seru dan tetap bisa belajar sambil menikmatinya. Dengan menonton film berbahasa Inggris, kamu bisa mendengarkan percakapan si aktor maupun aktris secara langsung. Ketika kamu nggak bisa memahami sebuah kata atau kalimat, kamu bisa langsung mengintip subtitle Bahasa Inggris yang ada dalam layar. Setelahnya, kamu bisa coba untuk mencari tahu arti dan makna kata tersebut melalui kamus!

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Ini juga sama dengan poin ketiga yang ada diatas. Mungkin pop, rock, r&b, hip-hopapapun genre musik yang kamu sukai! Kamu bisa mendengarkan lagu berbahasa Inggris favoritmu sambil belajar memahami lirik bahkan arti keseluruhan lagunya. Selain menambah kemampuan listening kamu, kamu juga bisa memperkaya pengetahuan akan lexical choices loh!

Maximize Yourself’

Toefl Score IBT, Mau tau cara meningkatkannya? Berikut strateginya!

Sumber: Unsplash

Strategi aja nggak akan cukup. Kamu harus bisa ‘menyelami’ dan mengenal dirimu. Identifikasi sisi lemah yang kamu miliki. Refleksi diri sangat berguna untuk membantu memaksimalkan sisi-mu yang perlu ditingkatkan. Misalnya, kamu merasa titik lemahmu adalah listening. Nah, kamu perlu berlatih lebih giat lagi untuk memperbaikinya. Kamu bisa mencoba lebih sering mendengar berita, serial atau film berbahasa Inggris, hingga mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

Itu dia beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan score TOEFL iBT! Jangan lupa, kamu harus mendaftar jauh-jauh hari dari sebelumnya ya. Misalnya, kamu ingin mendaftar sekarang ini, kemungkinan besarnya kamu baru bisa memulai tes tersebut paling cepat 1 hingga 2 bulan yang akan datang. Tergantung pada antrian tersebut. Kamu bisa mendaftar TOEFL iBT melalui situs orisinilnya. FYI, TOEFL iBT ini hanya memiliki masa berlaku skor selama 2 tahun saja loh! Jika ternyata kamu membutuhkan sertifikat tersebut untuk mendaftar perkuliahan dan masanya sudah lewat, kamu wajib mengambil tes ulang.

Sumber: Unsplash

Nggak perlu khawatir dengan mengambil tes ulang! Kamu bisa mempelajari kembali dengan berbagai strategi diatas serta media yang ada. Sekarang ini, ada banyaaaak sekali platform yang semakin inovatif. Di internet kamu bisa menemukan berbagai situs untuk mempelajari Bahasa Inggris. Carilah sumber yang kredibel dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain kebanyakan bersifat gratis, kamu juga jadi lebih fleksibel saat mengaksesnya karena nggak perlu keluar dari rumah. Aman kan untuk mengurangi mobilitas berisiko disaat pandemi?

Selain itu, kamu berkesempatan untuk bergabung dalam klub atau komunitas belajar Bahasa Inggris yang saat ini kian menjamur. Menyesuaikan kondisi saat ini dengan protokol kesehatan ketat, banyak lembaga atau komunitas yang mengadakan program tersebut secara virtual. Great side nya, kamu nggak hanya bisa mempraktekan bahasa Inggris, tetapi juga memperbanyak kegiatan bersosialisasi maupun bekerjasama. Mana tahu kan kamu jadi membangun suatu proyek bersama dengan teman baru yang kamu temui!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan