Biaya Kuliah di Luar Negeri Mahal? Tidak di 7 Negara Top Pendidikan Ini!
24 Agustus 2020
Botany / Ilmu Tumbuh-tumbuhan
26 Agustus 2020

5 Destinasi Terbaik untuk Kuliah Luar Negeri Biaya Sendiri

kuliah luar negeri dengan biaya sendiri

Sumber: Freepik

Kuliah ke luar negeri adalah impian banyak pelajar di Indonesia. Meski demikian, banyak yang mengurungkan niat tersebut lataran masalah finansial karena biaya kuliah di luar negeri umumnya mahal. Ada pula yang sudah berkali-kali mendaftar untuk seleksi beasiswa namun juga tidak kunjung diterima. Jangan berkecil hati, kamu bisa melanjutkan studi ke luar negeri dengan biaya sendiri. Nah, kali ini SUN Education akan menginformasikan destinasi terbaik untuk kuliah luar negeri dengan biaya sendiri dan tentunya terjangkau. 

Ada beberapa alasan yang membuat suatu negara dapat menjadi destinasi studi dengan biaya terjangkau untuk studi dengan biaya sendiri. Ada yang karena biaya hidup relatif murah, ada yang menawarkan kesempatan bekerja, dan ada pula yang memberlakukan pendidikan gratis untuk mahasiswa internasional. Nah, simak masing-masing negaranya ya!

5 Negara Terbaik untuk Kuliah Luar Negeri dengan Biaya Sendiri

Malaysia

kuliah luar negeri di malaysia

Sumber: Freepik

Negeri Jiran Malaysia adalah destinasi studi pertama kuliah luar negeri biaya sendiri yang terjangkau. Hal ini karena sama-sama berada di Asia Tenggara dengan kondisi sosial ekonomi yang relatif mirip dengan Indonesia. Biaya kuliah di Malaysia memang sangat beragam, sama halnya dengan Indonesia. Namun, masih terdapat banyak universitas yang menyediakan program untuk mahasiswa internasional dengan harga di bawah 30 juta rupiah per tahun. Selain itu untuk biaya hidup, rata-rata harga makanan dan barang di Malaysia masih sangat terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Hal ini juga disebabkan oleh nilai tukar rupiah terhadap ringgit tidak begitu jauh selisihnya.

Taiwan

kuliah di taiwan biaya sendiri

Sumber: Freepik

Tidak banyak yang menyadari bahwa Taiwan adalah sebuah negara di Asia Timur yang terbilang cukup maju. Hal ini dibuktikan dengan produk-produk teknologi yang dikeluarkan seperti merek ASUS dan ACER. Meski demikian, negara ini termasuk sebagai salah destinasi yang tepat untuk kuliah luar negeri dengan biaya sendiri. Biaya studi S1 tahunan di Taiwan masih berkisar sekitar 50.000-80.000 dolar Taiwan atau sekitar 35-40 juta rupiah per tahun. Sementara itu, jumlah yang sama juga akan kamu butuhkan untuk keperluan hidup sehari-hari selama setahun. Fakta menariknya, Taiwan pernah menjadi salah satu negara yang paling ramah mahasiswa dalam hal biaya hidup. 

Jerman

destinasi studi luar negeri biaya sendiri

Sumber: Freepik

Jerman adalah salah satu negara maju di Eropa yang maju secara teknologi dan juga terdepan dalam pendidikan. Hal menarik dari negara ini adalah biaya studi yang digratiskan untuk semua universitas publik, baik untuk pelajar nasional maupun internasional. Pelajar hanya harus membayar sejumlah kecil biaya untuk biaya administrasi per semester. Hanya saja biaya hidup di negara ini cenderung mahal, kendati demikian hal tersebut tertutupi dengan gratisnya biaya kuliah. Perkiraan biaya yang mungkin kamu habiskan dalam setahun termasuk untuk biaya administrasi kampus dan biaya hidup hanya sekitar 10520 dolar atau setara dengan sekitar 150 juta rupiah. 

Prancis

studi di prancis biaya sendiri

Sumber: Freepik

Yunani adalah destinasi studi dengan biaya hidup termurah di Eropa, sehingga cocok untuk kamu yang ingin kuliah luar negeri dengan biaya sendiri. Biaya hidup di negara ini hanya berkisar sekitar 600 dolar atau setara dengan 8 jutaan saja jika dirupiahkan. Selain itu biaya kuliah di Yunani juga sangat terjangkau yaitu sekitar 20 juta hingga 30 juta rupiah dalam setahun. Jumlah bisa dianggap paling murah untuk ukuran negara-negara Eropa. Negara ini bahkan pernah menjadi salah satu negara “ramah pelajar” dan ramah kantong dari segi biaya hidup. 

Norwegia

norwegia

Sumber: Freepik

Selain Jerman, negara Eropa yang juga menggratiskan biaya kuliah di universitas publik adalah Norwegia. Kebijakan tersebut juga berlaku bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia. Sama dengan peraturan yang berlaku di jerman, Norwegia juga menerapkan biaya administrasi per semester sejumlah 600-850 NOK tau sekitar 1-1,4 juta rupiah. Sayangnya, biaya hidup di negara ini juga dikenal cukup tinggi yaitu sekitar 10.000 NOK per bulan atau sekitar 17 juta rupiah. Namun, kamu bisa melakukan pekerjaan paruh waktu hingga 20 jam per minggu. 

Mana Negara Pilihanmu?

Nah, itulah negara-negara yang bisa kamu pertimbangkan untuk kuliah ke luar negeri dengan biaya sendiri. Meskipun terkesan murah, pastikan kamu membaca ketentuan bagi pelajar internasional terutama untuk pengurusan izin studi atau izin tinggal. Beberapa negara mungkin menerapkan aturan harus memiliki sejumlah uang di dalam rekening tabunganmu. Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi dengan biaya sendiri di kelima negara tersebut, selama berjuang ya!

Comments are closed.