beasiswa kuliah 2021
Cari Beasiswa Kuliah S2 Akuntansi di Inggris? Temukan infonya di sini!
31 Mei 2021
le cordon bleu australia
5 Alasan Menarik Untuk Berkuliah di Le Cordon Bleu Australia
3 Juni 2021

Jurusan Teknik Lingkungan: Penjelasan Dan Prospek Kerja

prospek kerja teknik lingkungan

Source: Envato

Jurusan teknik lingkungan merupakan salah satu disiplin ilmu yang memiliki banyak peminat baik di luar negeri maupun Indonesia. Bukan hanya karena dinilai sebagai salah satu jurusan dengan bergengsi, namun juga karena prospek pekerjaan yang banyak dengan gaji yang menggiurkan. Namun, sepertinya jurusan teknik lingkungan masih jarang dibicarakan jika dibandingkan dengan jurusan teknik lain nya. Oleh karena itu, kali ini SUN Education akan membahas tentang jurusan Teknik Lingkungan serta bagaimana prospek kerja teknik lingkungan di masa depan!

BACA JUGA: Swiss, Negara Ramah Lingkungan Nomor 1 di Dunia

Apa Itu Jurusan Teknik Lingkungan?

Jurusan teknik lingkungan adalah bidang pengetahuan yang berfokus pada penyelesaian masalah terkait penataan lingkungan dengan pendekatan teknologi dan ilmu tata ruang. Salah satu tanggung jawab penting dari Teknik Lingkungan sendiri adalah mencegah terlepasnya kontaminan berbahaya ke lingkungan udara, air, dan tanah. Dengan ilmu ini, proses baru dapat dirancang, atau proses yang ada dapat di modifikasi, untuk mengurangi atau menghilangkan pelepasan polutan.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, bahwa bidang ilmu ini punya peluang karir menjanjikan dengan gaji besar lohh! Untuk kamu yang tertarik ingin mendalami jurusan Teknik Lingkungan, beberapa prospek kerja Teknik Lingkungan berikut layak untuk kamu pertimbangkan!

BACA JUGA: Spill Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

1. Pemerintahan dari PNS hingga BUMN

Menjadi PNS atau bekerja di BUMN adalah merupakan impian tersendiri bagi banyak pelajar di Indonesia. Nah, bagi lulusan Teknik Lingkungan, kamu memiliki banyak peluang untuk membangun negeri bersama instansi milik negara. Kamu bisa bekerja sebagai PNS di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, dan masih banyak lagi. Sementara untuk BUMN, banyak perusahaan besar menanti kamu untuk bergabung, seperti PT. Pertamina, PT. Aneka Tambang, dan lain-lain.

prospek kerja teknik lingkungan

BUMN Pertamina – Source: Motor1.com

2. Konsultan AMDAL

Lulusan Teknik Lingkungan juga dapat bekerja di bidang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sebagai konsultan. Kamu akan bekerja untuk membantu para klien baik dari sektor swasta maupun pemerintah. Tujuannya untuk memberikan solusi dan mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan dekat perusahaan klien tersebut. Salah satu contohnya adalah bagaimana menurunkan dampak polusi di lingkungan seperti polusi air, limbah, pengelolaan drainase yang baik, kualitas udara, hingga permasalahan kontaminasi tanah yang di akibatkan aktivitas perusahaan tersebut.

BACA JUGA: Jurusan untuk yang Peduli Lingkungan dan Perairan

3. Dosen dan Tenaga Pengajar

Bagi kamu yang memiliki passion yang kuat dalam mengajar dan ingin memberikan ilmu yang kamu punya untuk banyak orang, menjadi dosen adalah prospek kerja yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu akan mendampingi murid dalam berbagai penelitian dan eksperimen menarik. Untuk menjadi dosen, kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang magister terlebih dahulu. Begitu mendapatkan gelar S2, kamu bisa mendaftar ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia sebagai dosen. 

4. Water Project Manager

Prospek kerja Teknik Lingkungan yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga awam. Water Project Manager adalah orang yang bertugas untuk menjaga, mengawasi dan mengelola proyek yang berkaitan dengan pengelolaan air maupun air limbah. Beberapa di antaranya adalah memantau kualitas air, menganalisis pasokan air, dan merancang sistem distribusi. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang mempekerjakan Water Project Manager ini dikarenakan mereka membutuhkan pengelolaan sistem air yang efisien. 

BACA JUGA: Skill Wajib Lulusan Gelar Sarjana Teknik Industri, Harus Kamu Kuasai!

5. LSM (NGO)

Bekerja di Non-Government Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) cocok untuk kamu yang ingin memberikan dampak positif untuk sekitarmu. Beberapa NGO skala internasional di bidang lingkungan adalah Greenpeace dan World Wide Fund for Nature (WWF). Meskipun NGO atau LSM umumnya merupakan lembaga non-profit yang anggotanya bekerja sukarela, bergabung di NGO akan menjadi langkah awal yang baik dalam karirmu di bidang lingkungan.

prospek kerja teknik lingkungan

NGO – WWF
Source: wwfca.org

 

Bersiap untuk Kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan!

Itulah beberapa prospek kerja Teknik Lingkungan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih jurusan Teknik Lingkungan. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk merencanakan pendidikan dengan matang. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan jurusan Teknik Lingkungan ke luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. Kamu juga bisa cek semua informasi penting seputar perkuliahan dengan download aplikasi sun education di Playstore dan Appstore secara GRATIS! SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

Tinggalkan Balasan