jenis jenis akomodasi di Belanda
Jenis-jenis Akomodasi di Belanda, Mahasiswa Internasional Wajib Tahu!
16 Juli 2021
kursus bahasa inggris terbaik di jakarta
Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Jakarta untuk Seluruh Kalangan!
17 Juli 2021

Punya Visa Pelajar Malaysia? 7 Destinasi Indah dan Unik Ini Menunggumu!

visa pelajar malaysia

Sumber: Backyard Travel

Hei kamu yang sedang membaca ini! Apa kamu memiliki visa pelajar Malaysia yang masih aktif? Hmm, kesempatan bagus! Baik sedang berkuliah di kampus pilihan favorit atau baru akan memulai studi, kamu bisa memanfaatkan secara maksimal pengalaman ‘merantau’ mu lho. Malaysia memang menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan berkualitas yang inovatif. Nggak heran ada banyak pelajar internasional yang bersaing ketat untuk mengemban studi di negara ini! Belum lagi, bukan hanya pendidikan maju saja yang bisa kamu nikmati di Malaysia. Their beautiful gems everywhere—kamu punya kesempatan besar untuk mengeksplorasinya selagi ada waktu saat disana!

visa pelajar malaysia

Sumber: Unsplash

Malaysia memiliki beragam sudut, tempat unik, serta destinasi wisata yang super memesona. Beberapa melahirkan karakteristik serta cerita tersendiri. Gaya gedung, histori, kegunaan, sampai budayanya terkesan unik dan sebenarnya cukup berbeda dari negara-negara tetangganya. Malaysia nggak hanya sekadar Menara Kembar Petronas ikonik dan Bukit Bintang lho. Ada destinasi wisata lainnya yang mungkin belum pernah kamu dengar dan sangat menakjubkan! Selain mengemban studi di negara ini, jangan sampai kamu lewatkan kesempatan mengeksplorasi Malaysia. Mumpung masih ada visa pelajar Malaysia di kantong, coba deh kunjungi 7 tempat indah nan unik berikut ini. Dijamin sangat berkesan dan bikin susah move on!

1. Malacca

visa pelajar malaysia

Sumber: The Culture Trip

Bukan! Ini bukan di Eropa. Ini adalah Kota Malaka sebagai ibu kota negara bagian Malaka yang penuh dengan sejarah dan budaya. Kota Malaka terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2008. Menjadi kota kolonial dengan keindahan yang hangat dan memanjakan mata, kamu bisa melihat arsitektur lokal, menikmati kuliner sedap, dan mampir di Jonker Street Night Market yang populer. FYI, Malaka ini memiliki kisah sejarah di bawah Portugis dan Belanda serta kesultanan abad ke-15 nya dianggap sebagai zaman keemasan bagi budaya Melayu. Kamu bisa melipir-melipir ke atraksi utama bergaya historic seperti St. Paul Church dan A Famosa Fort. Pasti bakal seru!

2. Perhentian Islands

Anak pantai jangan sampai lewat! Perhentian Islands merupakan tempat terindah di pantai timur. Ada beberapa pulau yang bisa kamu kunjungi dan kelilingi dengan perahu atau speedboat. Pasirnya putih, airnya jernih, dan langit biru akan menjadi ‘lukisan tropis’ yang akan kamu saksikan. Backpacker biasanya senang mengunjungi Perhentian Kecil—pulau yang lebih kecil, dimana pasir halusnya sangat cocok untuk snorkeling maupun menyelam! Sementara Perhentian Besar—pulau besar, cocok untuk agenda liburan bersama keluarga, pasangan, solo travel, atau siapapun itu yang ingin menikmati indahnya pantai. All are welcome!

3. Taman Negara National Park

visa pelajar malaysia

Sumber: roadaffair.com

‘Vibes’ nya adem dan menenangkan ya? Taman Negara National Park adalah taman nasional terbesar di Semenanjung Malaya. Menjadi area hutan hujan dan margasatwa, Taman Negara merupakan salah satu area terakhir yang bertahan di luar Borneo Malaysia. Kamu bisa menyusuri sungai, melihat desa-desa dari atas perahu, ataupun berjalan di atas kanopi yang tergantung tinggi di pepohonan. Bisa jadi ide yang bagus untuk refreshing n recharging saat kamu punya waktu senggang!

4. Johor Bahru

 

Johor Bahru sebagai salah satu kota terbesar di Malaysia masih tergolong sepi dan seperti tempat rahasia. Meskipun berada agak jauh di pinggir seberang perbatasan ke selatan, tempat ini secara tradisional menjadi salah satu yang paling penting! Kamu bisa mempelajari budaya dan melihat istana megah Sultan Johor yang sempat menguasai sebagian besar semenanjung. Gedungnya berwarna putih dengan sentuhan desain arsitektur klasik. Uwaah.. terlihat menawan dan berkarakter! Sensasinya seperti melangkah di waktu yang jauh nan dahulu.

5. George Town, Penang

visa pelajar malaysia

Sumber: Pinterest

George Town adalah museum terbuka yang berlokasi di Penang. Distrik kolonial ini menyajikan pemandangan seperti bangunan dan gereja Inggris, serta menjadi rumah bagi Fort Cornwallis. Kamu bisa menyusuri jalanan sembari melihat ruko tradisional dengan desainnya masing-masing, seni jalanan, hingga mural yang menghiasi dinding. Kamu juga berkesempatan mencoba kedai kopi yang berbeda, mendatangi pusat perbelanjaan dengan suasana ramai, sampai tempat bersejarah lainnya. Kuil Kek Lok Si yang unik dengan ribuan patung Buddha? Nggak lain bisa kamu temukan di George Town!

6. Ipoh

Mungkin bagi beberapa orang, Ipoh hanyalah titik transit dari Dataran Tinggi Cameron ke utara. Nyatanya, Ipoh adalah kota warisan yang menakjubkan. Ada jalanan tua yang menarik untuk kamu jelajahi seperti di film-film hingga berbagai pilihan kuliner lezat. Di dekatnya ada karst batu kapur, danau, dan bahkan reruntuhan kastil satu-satunya di Malaysia, Kastil Kellie. Ternyata, Kastil Kellie dibangun oleh orang Skotlandia pada abad ke-19 lho.

7. Cameron Highlands

Sumber: roadaffair.com

Nggak sulit untuk menemukan wisata alam di negara ini! Mumpung punya visa pelajar Malaysia, sempatkan berjalan-jalan dan menghirup udara super segar di Cameron Highlands! Destinasi ini merupakan salah satu yang terbaik di Malaysia. Perbukitannya dipenuhi tanaman hijau dan ternyata dulu merupakan stasiun bukit bagi kolonial Inggris untuk melarikan diri di musim panas. Dataran tinggi Cameron memang terasa sejuk, sering hujan, dan sangat menyegarkan. Kamu bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya seperti memetik daun teh di kebun teh ataupun berjalan di dalam perkebunan stroberi. Cocok buat bersantai setelah minggu-minggu penuh tugas di kampus nantinya.

Sangat indah bukan? Itu dia rekomendasi tempat menarik yang bisa kamu datangi jika berkuliah di Malaysia! Seru banget kalau kuliah tetapi bisa berjalan-jalan melihat hal baru yang berbeda. Nggak hanya untuk menghibur diri, kamu pun bisa sekaligus mempelajari sejarah dibaliknya. Nah, untuk yang belum punya visa pelajar Malaysia dan sedang berencana untuk berkuliah di negara ini, jangan khawatir! Kamu tinggal mengajukan single entry visa di Konsulat Malaysia di Indonesia. Sesuai dengan peraturan terbaru dari Departemen Pendidikan Malaysia per bulan Januari 2014, kamu yang mendaftar kuliah di universitas di Malaysia wajib memiliki paspor, asuransi kesehatan, mengambil mata kuliah Bahasa Malaysia, memiliki kartu pelajar, dan surat penerimaan masuk dari universitas sebelum dapat mengajukan permohonan visa tersebut. 

Sumber: Freepik

Setelah mendapatkan persetujuan, kamu akan langsung mendapatkan visa on arrival di bagian imigrasi bandara Malaysia. Pihak universitas akan mengurus aplikasi Student Pass Application dan harus sudah disetujui sebelum tiba di Malaysia. Student Pass ini merupakan ‘akses’ masuk kamu sebagai pelajar. Jangan lupa untuk membawa dokumen permohonan Student Pass yang tersebut serta surat penerimaan masuk dari universitas ya! Pihak universitas akan membantu kamu dalam penerbitan Student Card di Departemen Imigrasi dengan nama i-Kad dan masih harus mewakili mu dalam menandatangani Personal Bond (semacam surat tanggungan). 

Setelah itu, congratulations! Kamu sudah bisa menikmati hari-hari pertama sebagai pelajar internasional di Malaysia dan mengunjungi destinasi indah di atas.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.