gaya hidup orang jepang
Daripada Kamu Bingung Cek Cara Menentukan Jurusan Kuliah, Dijamin Anti Nyesel!
15 November 2022
Apa Itu Sains dan Jurusan Apa yang Paling Diminati?
17 November 2022

Sejarah Prancis Dan Fakta Unik Yang Wajib Kamu Tahu!

sejarah prancis

Kamu tertarik kuliah di negara Prancis? Well, why wouldn’t you! Prancis terkenal dengan pusat mode, budaya, kuliner, dan juga menampung beberapa universitas ternama di dunia. Sebelum berangkat untuk studi di sana, cek yuk fakta unik hingga sejarah Prancis biar lebih kenal dengan negaranya!

 

Sejarah Singkat Prancis Dan Dampak Revolusi Prancis

revolusi prancis

 

Prancis adalah negara dengan masa lalu atau sejarah yang berliku-liku. Mungkin kalo kita bahas semua nggak bakal kelar dalam sehari, saking banyaknya hal yang perlu diketahui soal sejarah Prancis. Untuk itu, baca yuk beberapa momen penting dalam sejarah singkat Prancis di bawah ini!

 

BACA JUGA: Perancis: Destinasi Studi Favorit Mahasiswa International

 

Pusat Kekuasaan Louis XIV

Raja Louis XIV pada 1661 menyatakan dirinya penguasa absolut monarki Prancis setelah kematian menteri utamanya, Kardinal Mazarin. Setelah itu, Louis XIV memusatkan kekuasaannya di Prancis dengan menjadikan Istana Versailles, yang juga adalah tempat tinggalnya, sebagai pusat pemerintahan serta sebagai tempat untuk parlemen Prancis.

BACA JUGA: Fakta Le Cordon Bleu Paris: Universitas ‘Culinary’ Terbaik di Prancis Almamater Chef Renatta Moeloek

Revolusi Prancis

Nah, buat yang belum tau, Revolusi Prancis adalah salah satu peristiwa sejarah paling penting di negara ini! Dampak Revolusi Prancis adalah pembentukan karakteristik Prancis modern.

Menurut sejarah Prancis, revolusi ini dimulai dengan penyerbuan benteng Bastille pada 1789 oleh anggota Third Estate (julukan bagi rakyat jelata) yang udah muak sama Raja Louis XVI. Kenapa sih mereka menyerbu Bastille? Soalnya tempat ini mereka nilai sebagai representasi dari monarki.

Kemarahan terhadap monarki dan Louis XIV melahirkan Revolusi Prancis. Pada saat kemerosotan ekonomi, Third Estate memutuskan untuk menjalankan pemerintahan sendiri dan membentuk Majelis Nasional. Saat itu, pemimpin Majelis Nasional Maximilien Robespierre memutuskan siapa pun yang nggak setuju dengan revolusi ini adalah pengkhianat yang patut dihukum mati. Salah satu korban jiwa Revolusi Prancis adalah Raja Louis XIV sendiri dan istrinya, Marie Antoinette.

Menurut sejarah Prancis, Revolusi Prancis berakhir dengan kekalahan Napoleon Bonaparte dalam upaya terbarunya untuk memerintah Prancis dan deklarasi atas dirinya sebagai penguasa republik baru.

BACA JUGA: Mengintip Biaya Kuliah S2 di Prancis, Mahal Nggak Ya?

Fakta Unik Negara Prancis

dampak revolusi perancis

 

Setelah seru bahas sejarah singkat nya, yuk kenal negara ini lebih dalam dengan mengetahui fakta-fakta unik di baliknya!

1. Negara Terbesar di Uni Eropa

Negara Prancis adalah negara terbesar di Uni Eropa, dan ketiga terbesar di Eropa setelah Ukraina dan Rusia. Sekitar sepertiga (31%) Prancis adalah hutan dan merupakan negara dengan hutan terluas keempat di Uni Eropa, setelah Swedia, Finlandia, dan Spanyol.

BACA JUGA; Syarat Kuliah di Perancis Gak Rumit Kok, Apa Saja?

2. Tujuan Wisata Terpopuler

Mahasiswa internasional nggak usah ragu lagi kalo mau studi di Prancis soalnya udah pasti kamu bisa cuci mata juga! Ternyata Prancis terkenal dengan atraksinya di mata turis, lho.

Negara ini adalah tujuan yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ibu kota negara, Paris, juga merupakan kota ketiga yang paling banyak dikunjungi di dunia, setelah Bangkok dan London. Time to pack!

3. Gudang Pemenang Nobel Prize

Mau belajar literatur di Prancis? You made the right choice! Sebanyak 15 orang Prancis udah memenangkan Nobel Prize di bidang literatur sejak 1901. Fakta ini membuat Prancis terkenal dengan sebutan rumah bagi penulis ternama!

Wajar untuk mengatakan bahwa Prancis telah menghasilkan beberapa penulis dan pemikir paling berpengaruh di dunia. Di antara penyair, novelis, dan penulis paling terkenal di Prancis adalah René Descartes, Voltaire, Charles Baudelaire, Blaise Pascal, Gustave Flaubert, dan Victor Hugo.

BACA JUGA: Syarat Kuliah di Perancis Gak Rumit Kok, Apa Saja?

4. Museum Paling Populer di Dunia

Dengan 9,6 juta pengunjung pada 2019, Louvre adalah museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. Terletak di jantung kota Paris, museum yang megah ini adalah rumah bagi sekitar 38.000 karya seni dan artefak yang berasal dari zaman prasejarah. 

Jangan lupa sempetin ke museum ini pas lagi kuliah di Prancis! Kamu bisa melihat banyak banget karya ternama, termasuk Mona Lisa, Venus de Milo, dan piramida kaca Louvre yang terkenal.

Seru, kan, sejarah Prancis? Apalagi fakta-fakta uniknya juga! Dari fakta bahwa Prancis terkenal dengan wisata budaya dan sejarah seperti Louvre, hingga dampak Revolusi Prancis udah dibahas di atas.

Tunggu apa lagi? Yuk buruan studi di negara Prancis! Biar semakin siap, perkaya informasi soal studi luar negeri dengan baca SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan