It Digunakan Untuk Kata Ganti Benda Dalam Bahasa Inggris
25 April 2022
Contoh Finite dan Non-Finite Verb Dalam Bahasa Inggris
Contoh Finite dan Non-Finite Verb Dalam Bahasa Inggris
25 April 2022

Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?

Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?

Setiap hari Minggu, pasti kita menonton kartun-kartun yang ada robotnya. Dari awalnya menonton, nggak sedikit yang penasaran bagaimana ya caranya bisa membuat robot yang canggih? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, ternyata kini sudah ada jurusan robotik, lho! Jurusan ini hadir untuk memenuhi permintaan banyak mahasiswa dan kesadaran bahwa robot merupakan bagian dari masa depan yang perlu dipelajari dari sekarang. Mempelajari jurusan robotik juga seru banget! Kamu bisa menggunakan peralatan-peralatan canggih untuk membuat robot yang keren.

Apa itu jurusan robotik?

Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?

Jurusan robotik adalah jurusan yang mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan robot yang canggih. Tak hanya canggih, robot ini juga harus memiliki banyak kelebihan dan produktif. Sejauh mana kelebihannya? Setidaknya bisa melakukan hal-hal yang sudah bahkan masih belum dikuasai oleh manusia. 

Pada intinya, jurusan ini akan sangat fokus pada pengembangan robotik dan kecerdasan buatan. Jadi dengan perpaduan ini akan hadir kaya berupa sistem pintar yang bisa digunakan dan diaplikasikan pada semua bidang dan ada manfaatnya untuk manusia. Keterampilan dalam merancang robot ini pun akan sangat berguna di industri. Itulah mengapa jurusan ini kian lama jumlahnya bertambah.

 

Yang dipelajari dalam jurusan robotik

Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?

Sebelum kamu memilih jurusan robotik, pasti penasaran banget dengan apa sih yang akan kamu pelajari dalam jurusan ini? Mata kuliah yang akan kamu pelajari mencakup sains dasar terutama matematika dan fisika, pemrograman, komputer, teknik informatika, sistem siber termasuk elektronika, mekatronika juga desain dan aplikasi robotik dan kecerdasan buatan. Untuk itu, sebaiknya kamu harus memiliki latar belakang jurusan IPA untuk bisa lebih mudah kuliah jurusan robotik.

 

Alasan memilih jurusan robotik

Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?

Ada banyak alasan mengapa jurusan ini harus masuk wish list kamu. Selain sesuai dengan bakat dan minat, kamu juga akan lebih melek teknologi. Ingat, orang yang melek teknologi sangat dibutuhkan dimana-mana. Apalagi di era yang semakin hari teknologinya sangat berkembang, keuntungan besar untuk kamu bila memilih jurusan ini. Kamu juga akan lebih memahami kerja mesin apa saja, sehingga kamu bisa memperbaiki atau merawat mesin. 

Dengan melek teknologi dan faham mesin, lulusan jurusan ini nggak perlu khawatir tentang prospek kerja mereka. Apalagi dengan berkembangnya teknologi di setiap detiknya, akan ada banyak lapangan kerja yang bisa mereka pilih setelah lulus kuliah. Nggak lupa dengan gaji yang menjanjikan tentunya!

 

Bisakah kuliah jurusan robotik di luar negeri?

Di Indonesia sendiri hanya ada beberapa kampus saja yang memiliki jurusan robotik ini. Makanya, disarankan untuk kamu menempuh pendidikan jurusan ini di luar negeri. Kuliah jurusan di luar negeri sendiri tentu lebih insightful secara staf pengajarnya merupakan tenaga yang berpengalaman di industri tersebut belum lagi fasilitas seperti laboratorium yang super canggih dengan teknologi terbaru.

Nggak perlu khawatir, SUN Education juga sudah bekerjasama dengan kampus-kampus di negara tujuan favorit yang memiliki jurusan robotik ini. Beberapa kampus yang memiliki jurusan robotik antara lain PSB Academy Singapore, King’s College London, RMIT University, Monash University Malaysia, Edmunds College dan banyak lagi. Kalau kamu butuh informasi lebih banyak lagi, kamu bisa konsultasi GRATIS langsung dengan konselor berpengalaman dari SUN Education. Semua pertanyaan tentang jurusan ini di universitas luar negeri pasti akan terjawab!

 

Prospek kerja lulusan jurusan ini

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu pasti penasaran kan prospek kerja apa saja yang tersedia? Beberapa pilihan karir yang bisa kamu jalani antara lain Software Engineering, Data Scientist, Software Developer, Robot Engineer, dan banyak lagi. Jadi, kamu nggak hanya bisa bekerja di bidang robotik saja, tapi di bidang teknik lainnya. Isn’t it great?

 

Itulah penjelasan tentang jurusan robotik yang wajib kamu tahu. Kalau kamu penasaran dengan jurusan-jurusan kuliah lain yang unik dan mencengangkan, kamu bisa cek di SUN E-guidebook. Yap, buku panduan kuliah di luar negeri dari SUN Education ini punya banyak informasi buat kamu. Nggak sebatas persiapan kuliah di luar negeri saja, tapi juga jurusan-jurusan unik, survival tips bahkan info lengkap tentang negara-negara tujuan favorit. Yuk, baca SUN E-guidebook GRATIS sekarang juga!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Sumber: Pexels

Tinggalkan Balasan