Promo Kejar Ramadhan
5 April 2022
Fakta-Fakta Tentang Sheffield Hallam University
Fakta-Fakta Tentang Sheffield Hallam University
7 April 2022

Catat Tips Jitu Ini Biar SAT Scores Kamu Tinggi!

sat scores

Masih banyak yang belum tau kalo beberapa universitas di luar negeri, terutama di Amerika Serikat, menjadikan SAT scores sebagai salah satu persyaratan masuk. Untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum kuliah di Negeri Paman Sam, kamu perlu tau apa aja yang dibutuhkan agar bisa meraih SAT scores yang tinggi!

As mentioned above, SAT scores jadi salah satu komponen utama persyaratan masuk ke universitas impianmu di luar negeri. If you don’t know it before, SAT terdiri dari tes pilihan ganda yang menggunakan pensil dan kertas. Tes ini dibuat dan dikelola oleh College Board.

Sebelum tau cara mendapatkan SAT scores yang memuaskan, ayo belajar lebih banyak soal bentuk tes ini dulu! Sebenernya, SAT bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa SMA untuk masuk kuliah. Meski begitu, perlu diingat bahwa seberapa penting nilai SAT dalam proses aplikasi perguruan tinggi berbeda dari sekolah ke sekolah. Pada dasarnya, semakin tinggi skor  SAT kamu, semakin banyak pilihan kuliah bagimu!

Sebagian besar siswa SMA mengambil tes SAT saat pertengahan atau akhir tahun terakhir mereka.

Lebih lanjutnya, baca terus artikel ini untuk tau tips jitu biar kamu bisa meraih SAT scores yang maksimal!

SAT Scores

Dalam hal penilaian, skor maksimum SAT yang bisa kamu raih adalah 1600 dan minimum adalah 400. Tes SAT dinilai dalam dua bagian terpisah yakni Reading & Writing serta Math. Setiap bagian bernilai 800 poin dengan skor minimum 200 poin.

Terus sebenernya berapa sih skor SAT yang tinggi? Nah, ini semua tergantung dengan targetmu sendiri dan standar penerimaan untuk universitas incaranmu! Misalnya kalo kamu mau ke University of Delaware, skor kamu harus di antara 1200-1350. Sementara itu, kalo mau daftar ke Ivy League, skor kamu harus setidaknya 1450.

Tips SAT Scores Tinggi

 

1. Belajar Vocab

sat scores

 

Tips pertama untuk meraih SAT scores yang tinggi adalah bangun kemampuan vocabulary milikmu! Mulai dari membaca kritis hingga menulis esai, sangat penting untuk kaya akan kosakata dalam SAT. Cara terbaik untuk menemukan kosakata baru adalah dengan membaca. Jadi, setiap kamu menemukan kata yang belum kamu ketahui, coba pelajari!

Cara lain untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris adalah untuk melihat contoh tes SAT sebelumnya, kamu bisa menyadari ada beberapa kata yang muncul lebih sering daripada kata lainnya. Ini berguna karena terkadang SAT dikenal suka mendaur ulang kata-kata alias menggunakannya lagi di kemudian hari.

Membangun dan memperkaya kosakatamu nggak cuma akan membantu saat kamu mengerjakan soal di bagian reading atau bacaan, tapi juga bakal membantu banyak saat kamu menulis esai. Learning vocab goes a long way!

2. Baca & Tulis!

Seperti dijelaskan di tips sebelumnya, dengan rajin membaca kamu akan menemukan kata-kata baru, gaya penulisan, serta ide-ide baru. Untuk itu, tips mendapatkan SAT scores tinggi selanjutnya adalah banyak-banyak baca!

Read things you love and read those you find boring as well. Baca koran, artikel ilmiah, intinya apapun yang bisa mengembangkan keterampilan membacamu!

Lalu coba latihan ini: Setelah baca sebuah buku, artikel, bahkan ulasan film, coba rangkum ulang dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Latihan semacam ini akan membuat kamu berpikir soal apa yang udah kamu baca, serta meningkatkan kemampuan menulismu.

Writing is a lot like working out, kalo kamu nggak sering latihan menulis, kamu akan kehilangan keterampilannya. Tapi kalo kamu sering menulis, tentu keterampilanmu akan semakin kuat dan semakin mudah dilakukan.

 

3. Manfaatkan Materi Belajar

sat scores

 

Ada banyak buku persiapan SAT di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai materi persiapan belajar. Buku-buku ini berisi banyak banget hal yang bisa bantu kamu mendapat SAT scores tinggi mulai dari kiat mengerjakan ujian, contoh bacaan, petunjuk esai, hingga soal latihan. 

Kalo mau tau caranya memilih buku SAT yang tepat buatmu, baca di sini ya!

4. Latihan Soal!

Baik melalui sekolah, buku persiapan SAT, atau apa pun itu, jangan lupa untuk terus ikuti tes latihan! Dengan membiasakan diri mengikuti tes latihan, kamu benar-benar melatih pikiranmu untuk fokus dan lebih siap saat menghadapi tes nantinya.

Selain itu dengan mengikuti tes latihan, kamu bisa melihat bagaimana struktur tes SAT, jenis pertanyaan apa yang akan dihadapi, serta mengidentifikasi area apa yang mungkin akan jadi kesulitan buatmu.

 

5. Pahami & Hafal Rumus

 

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar dapat SAT scores tinggi adalah dengan memahami dan menghafal rumus. Karena ada bagian matematika, tentu hal ini perlu dilakukan. Jika kamu benar-benar memahami rumus, kamu bisa menerapkannya dengan lebih percaya diri saat ujian SAT nantinya.

6. Don’t Cram!

Begadang untuk belajar hanya semalam sebelum hari-H nggak akan membantu apa-apa. Lebih baik untuk mencicil porsi belajarmu sehingga materi yang kamu pelajari benar-benar meresap. 

Lebih lanjut, try your best not to stress! Penting banget kamu istirahat cukup, makan teratur, dan rileks biar nggak stress saat menghadapi tes SAT nantinya!

 

7. Jangan Berhenti Menulis

Saat nanti mengerjakan soal SAT, kadang kamu bakal ketemu pertanyaan matematika yang nggak bisa langsung dipahami. Alih-alih kehilangan fokus, panik, dan kehilangan waktu, don’t stop writing! Garis bawahi bagian-bagian pertanyaan, gambar diagram atau apa pun yang bisa membantumu, yang penting keep that pencil moving because it will keep your brain moving as well.

Most of the time, menulis bisa membantu kita mengingat atau membantu memecahkan pertanyaan secara visual. 

Itu dia beberapa tips jitu biar kamu bisa dapat SAT scores tinggi dan memuaskan! Bottom line is you need to prepare well, karena dengan persiapan yang matang, you’re already halfway there.

Jangan lupa bahwa persiapan tes SAT juga bisa dilakukan di SUN English! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya! 

Sudah siap-siap tes SAT tapi masih belum yakin kuliah di mana? Untuk tau informasi penting soal studi di luar negeri, akses SUN E-Guide Book sekarang! E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun secara GRATIS.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan