cara kuliah di jerman
8 Cara Kuliah di Jerman Dengan Mudah
31 Januari 2020
macam-macam jurusan kuliah
Macam-macam Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Di Masa Depan
2 Februari 2020

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Biaya hidup adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum pindah ke kota lain, baik untuk tujuan kuliah maupun untuk memulai karir. Di Indonesia sendiri, banyak orang percaya bahwa Yogyakarta merupakan kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Banyak pula yang meyakini bahwa Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Namun, benarkah demikian?

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah

Berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) oleh  Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012, Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Biaya yang harus dikeluarkan untuk satu keluarga dengan dua orang anak di Jakarta mencapai 7,5 juta rupiah. Meski demikian, biaya yang dikeluarkan untuk warga yang belum berkeluarga adalah sekitar 2,5 juta rupiah hingga 5 juta rupiah tergantung gaya hidup. 

Berkebalikan dengan Jakarta, berikut adalah 5 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber.

1. Yogyakarta

Hampir semua orang tahu bahwa Yogyakarta, merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Dalam satu bulan, kita dapat hidup di Yogyakarta hanya dengan mengeluarkan 1-1,5 juta rupiah saja. Percaya atau tidak, masih banyak makanan di jogja yang harganya di bawah 10 ribu rupiah per porsi. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk tempat tinggal berupa indekos (kos-kosan) berkisar antara 300 hingga 700 ribu saja. Angka tersebut hanya setengah dari rata-rata biaya indekos dengan fasilitas yang sama di Jakarta. Perbedaan biaya hidup untuk makan, tempat tinggal serta transportasi inilah yang menyebabkan perbedaan Upah Minimum Regional (UMR) Yogyakarta biasanya hanya berkisar setengah dari UMR Jakarta. 

2. Solo

Selain Yogyakarta, Solo merupakan kota lainnya dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Biaya hidup di kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini adalah sekitar 1,5 juta rupiah, tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta. Baik dari segi tempat tinggal, harga makanan serta transportasi di Solo memiliki rata-rata harga yang sama dengan Yogyakarta. Kota yang memiliki nama lain Surakarta ini sangat ramah untuk ditinggali oleh pelajar dari segi biaya hidup serta lingkungan. 

3. Cirebon

Beralih ke bagian barat pulau Jawa, Cirebon merupakan salah satu kota yang ramah kantong bagi mahasiswa maupun pekerja yang baru memulai karir. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk hidup di kota ini berkisar antara 1,5 hingga 2 juta rupiah saja per bulan. Jumlah tersebut sudah termasuk sewa kamar, uang makan, serta transportasi. Biaya indekos untuk mahasiswa umumnya berkisar antara 500-800 ribu rupiah. Sementara untuk makanan biasanya berkisar 200 hingga 250 per minggu. 

4. Banyuwangi

Meski banyak yang menganggap Yogyakarta adalah kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia, nyatanya Banyuwangi lah yang layak menyandang predikat tersebut. Biaya hidup satu keluarga di Jakarta bisa mencapai 7,5 juta rupiah per bulan, sedangkan di Banyuwangi tidak sampai 3,1 juta per bulan. Sementara untuk mahasiswa rantau, biaya hidup yang dibutuhkan setiap bulannya hanya sekitar sepertiganya atau sekitar 1 sampai 1,5 juta rupiah saja. Beberapa mahasiswa bahkan ada yang menyatakan bahwa mereka bisa hidup hanya dengan sekitar 800 ribu per bulan. Jika dibandingkan dengan di Jakarta, jumlah tersebut hanya cukup untuk menyewa tempat tinggal saja. 

5. Metro

Kota yang satu ini barangkali tidak sefamiliar kota-kota sebelumnya yang berlokasi di Pulau Jawa. Terletak di Provinsi Bandar Lampung, Metro adalah kota lainnya dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Biaya sewa kamar di Metro rata-rata adalah 4 juta per tahun atau sekitar 350 ribu per bulan. Sementara untuk makan adalah sekitar 600-800 ribu per bulan. Jika ditambah kebutuhan lainnya, biaya hidup per bulan di Metro tidak sampai 1,5 juta rupiah. 

Bersifat Relatif

Meski lima kota di atas adalah kota-kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, namun semuanya bersifat relatif. Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki latar belakang ekonomi serta kebutuhan yang berbeda-beda. Selain itu, gaya hidup juga sangat mempengaruhi besaran biaya hidup yang harus dikeluarkan oleh seseorang setiap bulannya. (HK)

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!