TeesideUniversity_DesignCompetition
Teesside Design Competition 2020 – 2021
10 November 2020
7 Persiapan Penting Bagi Kamu dengan Target Kuliah di Inggris!
14 November 2020

Pilihan Program Studi untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan S2 Beda Jurusan

melanjutkan s2 beda jurusan

Sumber: Freepik

Melanjutkan studi lintas jurusan bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Hal ini sangat lumrah terjadi bahkan sejak dari di bangku SMA ke jenjang pendidikan sarjana. Tidak heran anak yang mengambil jurusan IPA di SMA melanjutkan kuliah di jurusan dalam cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora, atau sebaliknya. Hal yang sama pun banyak terjadi di tingkat pendidikan yang lebih tinggi, yaitu di tingkat S2. 

Alasan Ingin Melanjutkan S2 Beda Jurusan

lanjut S2

Sumber: Freepik

Berikut adalah beberapa alasan umum yang menjadi alasan bagi seseorang untuk melanjutkan studi S2 di jurusan yang berbeda. Barangkali kamu juga termasuk salah satu yang memiliki pandangan serupa. 

1. Ingin jurusan yang lebih mendukung karir

Pendidikan S2 umumnya merupakan pegaplikasian ilmu sehingga menjadikan kamu lebih terampil dan menguasai bidang yang kamu ambil. Hal ini tentunya memiliki kaitan erat dengan karirmu setelah menyelesaikan studi. Sering terjadi ketika seseorang menyelesaikan pendidikan S1, namun tidak berkarir di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Jika demikian, maka melanjutkan S2 di bidang yang lebih relevan adalah pilihan yang tepat untuk sebagai pendukung karirmu. 

2. Merasa “salah jurusan” di tingkat sarjana

Meskipun telah dipertimbangkan dengan matang, tetap saja beberapa orang bisa merasa “salah jurusan” di tengah perjalanan studi sarjana mereka. Hal ini terjadi karena beberapa hal dalam studi bisa saja tidak sesuai dengan yang dibayangkan, atau terlalu sulit untuk dijalani. Hal ini pun kemudian mengubah keinginan dan harapan terhadap apa yang akan dilakukan setelah lulus. Melanjutkan pendidikan di bidang yang berbeda tentu saja dapat dijadikan solusi untuk menjadi jembatan dengan masa depan yang lebih baik. 

3. Butuh pengetahuan tambahan untuk kesempatan karir lebih baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk memperluas kesempatan dan memantapkan karir ke depannya, kamu harus mau dan bisa menguasai banyak hal. Tidak heran jika orang yang telah berkarir di bidang yang sesuai dengan latar pendidikan sarjananya, tetap ingin melanjutkan S2 di jurusan yang berbeda. Misalnya, seseorang dengan latar belakang pendidikan di bidang desain dan telah berkarir di bidang yang sesuai. Meski demikian, ia melanjutkan studi di bidang manajemen, untuk memperluas kesempatan karirnya untuk berkembang ke tingkat yang lebih tinggi. 

4. Menambah wawasan di bidang yang berbeda

Alasan yang satu ini mungkin terdengar aneh, jika kamu tidak suka belajar dan tidak tertarik untuk melanjutkan studi. Meski demikian, sangat mungkin dilakukan oleh orang-orang yang mencintai ilmu pengetahuan dan selalu tertarik untuk menambah wawasan dalam banyak bidang. Hal ini secara tidak langsung juga akan menjadikan kamu seorang yang serba tahu dan serba bisa, serta lebih fleksibel di dunia kerja nantinya. 

Pilihan Program Studi untuk Melanjutkan S2 Beda Jurusan

pilihan program studi

Sumber: Freepik

Tidak semua program dan bidang studi dapat menerima siswa dengan latar belakang pendidikan berbeda. Hal tersebut terjadi karena beberapa jurusan memang diprogram untuk pelajar yang telah memiliki pengetahuan di bidang tersebut. Meski demikian, kamu dapat memilih beberapa jurusan berikut jika ingin melanjutkan S2 di jurusan berbeda. Namun perlu diingat bahwa hal ini juga sangat tergantung pada universitas dan program yang ditawarkan. Selain itu, kebijakan universitas di dalam negeri dan di luar negeri juga akan sangat berbeda dalam hal ini. 

Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis atau bisnis secara umum adalah jurusan yang terbuka untuk segala latar belakang pendidikan S1. Di luar negeri, program magister dengan jurusan ini biasanya dikenal dengan program MBA atau Master of Business Administration. Agar dapat diterima jurusan ini, biasanya tidak mewajibkan pelajar memiliki latar belakang pendidikan di bidang yang sama. Namun, beberapa program mungkin membutuhkan pengalaman kerja, namun ini sangat berbeda-beda tergantung universitasnya. 

Konseling

Jurusan selanjutnya yang juga tidak membutuhkan gelar S1 yang sesuai adalah konseling atau psikologi konseling. Meski demikian, kamu tetap harus memiliki pencapaian akademik yang baik serta memperhatikan persyaratan masuk yang diminta. Beberapa universitas mungkin memberikan syarat bahwa kandidat harus mengambil mata kuliah tertentu atau telah menyelesaikan sejumlah kredit/SKS. 

Jurnalistik/Media

Bidang media dan jurnalistik termasuk bidang yang terbuka terhadap berbagai latar belakang. Sebagian besar program di jurusan ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang linear. Seringkali jurusan ini lebih mengutamakan dalam menguasai jurnalistik dan media. Jika kamu terbukti unggul, maka apapun jurusan yang kamu pelajaran di tingkat S1 tidak akan menjadi penghalang. 

Pekerja Sosial

Banyak hal yang bisa dipelajari di jurusan terkait dengan pekerja sosial jika kamu termasuk orang yang memiliki sisi sosial dan kemanusiaan yang tinggi. Jurusan ini seringkali tidak mensyaratkan ketentuan akademik tertentu sebagai syarat untuk diterima. Hal ini disebabkan jiwa sosial  yang kamu miliki jauh lebih berarti daripada angka atau huruf pada penilaian akademikmu. 

Desain Interior

Jurusan desain interior pada dasarnya adalah mengenai perancangan dan perencanaan tata ruang. Di tingkat magister, umumnya jurusan ini tidak meminta latar belakang pendidikan S1 yang sesuai. Oleh karena itu kamu dapat menjadikan jurusan desain interior sebagai pilihan untuk melanjutkan S2 beda jurusan. 

Manajemen

Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai persyaratan untuk mengambil jurusan manajemen di tingkat S2. Sebagian universitas di luar negeri mengharuskan latar belakang pendidikan dalam bidang yang sama, yaitu bisnis, ekonomi, finansial dan sejenisnya. Sementara beberapa institusi pendidikan dalam negeri tidak mewajibkan latar belakang tersebut. 

Keperawatan

Jurusan keperawatan di luar negeri juga termasuk jurusan yang terbuka untuk pelajar dari berbagai jurusan. Salah satu hal menariknya, banyak juga universitas atau institusi pendidikan luar negeri yang membuka kelas online untuk jurusan ini. Sayangnya, di Indonesia S2 jurusan keperawatan umumnya membutuhkan bidang studi yang relevan sebagai latar belakang pendidikan. 

Ingin melanjutkan kuliah S2 ke luar negeri?

S2 beda jurusan

Sumber: Freepik

Pendidikan tinggi di luar negeri umumnya jauh lebih terbuka dan fleksibel daripada di Indonesia. Oleh karena itu, jika kamu termasuk yang ingin melanjutkan kuliah S2 beda jurusan, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Tentunya ada lebih banyak jurusan lain yang tidak memerlukan latar belakang pendidikan di bidang yang sama. Dalam hal ini kamu dapat berkonsultasi dan berdiskusi mengenai rencana studimu dengan SUN Education, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.