nilai untuk masuk jurusan kedokteran
Yuk, Siapin Nilai untuk Masuk Jurusan Kedokteran Terbaik Inggris Ini!
10 Juli 2022
biaya kuliah jurusan aktuaria
Berapa Sih Biaya Kuliah di Jurusan Aktuaria Kampus Terkemuka Australia?
11 Juli 2022

Menengok Sydney Sebagai Kota Tertua yang Ada di Australia

Sydney Opera House

Sebagai salah satu kota tersibuk di Australia, Sydney menjadi pusat bisnis dan teknologi, serta menjadi penggerak roda ekonomi di Australia. Tapi hal tersebut butuh waktu panjang bagi Sydney, sebagai kota tertua yang ada di Australia, hingga bisa menjadi kota dengan kemajuan teknologi yang pesat di dunia.

Sejarah Kota Sydney

Seperti Amerika Serikat, Australia merupakan salah satu negara yang menjadi daerah jajahan Kerajaan Inggris. Kisah penjajahan Inggris di Australia bermula pada sekitar tahun 1770, di bawah komando pasukan Kapten James Cook tiba di Silver Beach, Sydney. 

Saat itu, pasukan Inggris melakukan kontak pertama dengan suku asli Australia, Suku Aborigin. Namun, pasukan pimpinan Kapten James Cook saat itu belum melakukan  invasi. Mereka hanya mengisi persediaan makan dan minum dan melakukan observasi di sekitar pesisir lokasi. 

kota tertua yang ada di australia

Selang beberapa tahun kemudian, pasukan Inggris gagal mempertahankan daerah jajahannya di Amerika Serikat, yang mendapatkan kemerdekaan pada 1776. Kemudian pasukan Inggris di bawah komando Kapten Arthur Phillip memantapkan niatnya untuk menambah daerah jajahan baru dengan membangun penjara di Sydney. Bermula dari momen tersebut, ini menjadi awal berdirinya Sydney sebagai kota tertua yang ada di Australia.  

 

BACA JUGA: Ini Dia 5 Jurusan Top di University of Sydney!

 

Budaya dan Kondisi Sosial di Sydney

Bisa dibilang, Sydney menjadi gerbang pintu masuk bagi berbagai warga dunia, terutama orang-orang dari Benua Eropa. Faktor utamanya karena kota ini berada berada di pesisir pantai, yang menjadi akses datang warga dengan berbagai latar belakang dari  berbagai belahan dunia. 

Urusan biaya hidup, Sydney memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan kota lainnya di Australia. Hal ini karena Sydney termasuk salah satu kota yang menjadi pusat bisnis di negara tersebut. Ini menjadi pertimbangan bagi mahasiswa internasional yang berniat melanjutkan studi di sini. 

Sydney berlokasi di pesisir pantai. Itu mengapa kota ini menjadi destinasi favorit para wisatawan karena memilikiiklim dan cuaca yang cenderung hangat. Berbagai atraksi dan destinasi wisata bisa kamu temukan, mulai dari arsitektur yang indah hingga bentang alam yang memanjakan mata.

Atraksi dan Hiburan di Sydney

 

Sydney Opera House

kota tertua yang ada di australia

Sebagai salah satu situs warisan budaya UNESCO, mengunjungi Sydney Opera House akan menjadi pengalaman terbaik sepanjang hidup. Arsitektur indah yang berpadu dengan kisah bersejarah di balik bangunan ini, menjadi cerita perjalanan terbaik yang membekas sepanjang masa!

 

Cockatoo Island

kota tertua yang ada di australia

Salah satu situs warisan budaya UNESCO lainnya berupa pulau kecil di sekitar pesisir Sydney. Dahulu, pulau ini berfungsi sebagai pangkalan untuk pembuatan kapal, serta menjadi pangkalan angkatan laut. Kini, pulau ini menjadi destinasi wisata terindah yang ada di Kota Sydney!

 

Queen Victoria Building

kota tertua yang ada di australia

Setelah puas berwisata di pesisir pantai, manjakan diri dengan wisata belanja di Queen Victoria Building! Gedung megah dengan arsitektur zaman romawi ini dibangun pada tahun 1890an. Setelah berbagai macam renovasi, gedung ini kini menjadi pusat perbelanjaan barang-barang mewah yang tidak boleh dilewatkan!

 

BACA JUGA: Sekolah Design di Australia? Billy Blue College of Design Bisa Jadi Pilihanmu

 

Pilihan Universitas Terbaik di Sydney

Sebagai salah satu kota tujuan utama untuk pendidikan, Sydney menawarkan berbagai universtias terbaik di dunia. Bukan hanya bagi mahasiswa lokal, Sydney juga menjadi tujuan bagi mahasiswa internasional. Setidaknya terdapat 35.000 mahasiswa internasional, dari Asia hingga Eropa. Itu mengapa kamu bisa melihat manusia dari berbagai budaya yang unik.

Untuk biaya hidup, biaya hidup dan biaya kuliah di Sydney relatif lebih tinggi dibandingkan kota-kota lainnya di Australia. Namun, dengan adanya visa pelajar, memungkinkan bagi mahasiswa internasional bekerja ssebagai tambahan biaya hidup selama di Sydney. Para mahasiswa bisa bekerja hingga 40 jam setiap dua minggu selama perkuliahan, atau bekerja full time ketika liburan tiba. 

Buat kamu yang mau melanjutkan kuliah ke luar negeri, berikut ini sejumlah rekomendasi universitas favorit di Sydney!

1. University of Sydney

kota tertua yang ada di australia

Berdiri sejak 1850, University of Sydney merupakan universitas tertua di Australia dengan kapasitas tampung hingga 73.000 mahasiswa. Beberapa fakultas favorit dari Universitas Sydney di antaranya Fakultas Seni, Fakultas Binsis & Manajemen, Ilmu Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Pengetahuan, dan Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Sydney mendapat peringkat pertama sebagai kampus dengan tingkat lulusan yang mendapat kerja dari QS Graduate Employability Rankings.

 

2. University of Technology Sydney

kota tertua yang ada di australia

Berlokasi di pusat distrik bisnis, University of Technology Sydney menjadi kampus terbaik untuk program studi dan lulusan di bidang teknologi. University of Technology Sydney menjadi kampus pertama yang menyandang Top 100 universitas muda berusia di bawah 50 tahun oleh Times Higher Education.

Selama perkuliahan, pihak kampus memadukan antara teori dan praktik simulasi di dunia kerja. Itu mengapa, lulusannya menjadi favorit bagi industri di bidang bisnis dan teknologi, seperti perusahaan startup aplikasi di Australia. 

 

3. University of New South Wales

kota tertua yang ada di australia

Alasan utama mengapa UNSW menjadi universitas favorit adalah tingginya kualitas pendidikan yang berfokus pada ilmu pengetahuan. UNSW menjadi rumah bagi mahasiswa internasional dengan menampung 50.000 mahasiswa dari 128 negara di dunia.

Karena berkofus pada penelitian dan ilmu pengetahuan, pihak kampus aktif melakukan penelitian pada bidang-bidang yang menjadi isu global. Mulai dari isu perubahan iklim dan energi terbarukan hingga di ilmu kesehatan. Di bidang sosial, sejumlah penelitian berfokus pada perjuangan hak asasi manusia dan kesetaraan pelayanan kesehatan.

 

Itulah sedikit kisah bagaimana perkembangan Sydney dari kota tertua yang ada di Australia hingga mampu menjadi kota dengan kemajuan teknologi di dunia. Memilih Sydney sebagai kota pilihan untuk melanjutkan studi, bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. 

Pasalnya, kamu bisa merasakan suasana kota dengan perpaduan teknologi, budaya, dan kesenian yang berjalan harmonis dan beriringan. Selain itu, lokasinya yang berada di pesisir memberikan berbagai atraksi dan hiburan yang menarik wisawatan, lokal maupun internasional.

Nah, kalau kamu masih bingung dalam menentukan pilihan kampus di luar negeri, langsung aja konsultasi bersama SUN Education. Selain informasinya lengkap, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias GRATIS! Cek juga SUN E-Guide Book untuk mencari tahu lebih jauh tentang informasi program beasiswa di universitas luar negeri. Kamu bisa akses langsung dari gadget kamu, kapan pun dan di manapun! Tambah seru lagi karena ini semua dijamin GRATIS! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber Foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan