Jurusan Desain Komunikasi Visual
4 Alasan Studi Jurusan Desain Komunikasi Visual Dan Info Kuliah Lengkapnya!
12 Januari 2023
Apa Itu Resesi Ekonomi? Ini Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Krisis Yang Satu Ini!
13 Januari 2023

Paling Ditunggu! Pertanyaan Wawancara Beasiswa dan Jawabannya Wajib Kudu Harus Tahu!

pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya

Sumber: Freepik

Wawancara beasiswa adalah kegiatan di mana calon penerima dan pihak universitas saling bertemu untuk berkenalan lebih dekat dan menjadi salah satu faktor krusial bagi kedua pihak. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk dapat mendaftar program beasiswa, baik itu dari segi akademik dan juga berbagai berkas. Salah satu tahapan dari seleksi beasiswa yang harus kamu lalui adalah sesi wawancara.

Sesi wawancara sendiri dianggap sesi yang paling penting dan menentukan apakah kamu akan berhasil atau tidak. Oleh sebab itu, kamu benar-benar harus mempersiapkan sesi ini dengan baik.

Nah, kira-kira hal apa saja yang akan ditanyakan dalam sesi tersebut? Kali ini SUN Education akan memberitahu sedikit bocoran pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya. Langsung cek aja yuk!

Pertanyaan Wawancara Beasiswa Beserta Contoh Jawabannya

pertanyaan wawancara beasiswa

Sumber: Freepik

Seperti yang udah kita singgung sebelumnya, kalau dalam mengambil beasiswa baik itu di dalam maupun luar negeri akan ada yang namanya wawancara beasiswa. Hal ini dilakukan oleh pihak universitas untuk mengetahui karakter dan sifat dari calon mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa tersebut.

Bukan hanya itu saja tapi nantinya hal ini juga bisa menjadi faktor penentu akankah dirimu layak mendapatkan beasiswa tersebut. Makanya syarat dalam mengambil beasiswa bukan hanya sekedar punya nilai bagus dan prestasi banyak saja, tetapi juga karakter seseorang bisa menentukan.

Lalu apa sajakah contoh pertanyaan interview beasiswa yang umumnya di tanyakan? Simak berikut ini yuk!

1. Ceritakan tentang dirimu!

Hal pertama yang pasti ditanyakan dalam pertanyaan beasiswa adalah pertanyaan mengenai dirimu sendiri. Namun, hal yang dimaksud bukanlah informasi formal dan personal seperti yang terdapat dalam resume atau CV-mu. Melalui pertanyaan ini kamu diminta untuk menceritakan keunikan dan kelebihan dirimu yang membuatmu berbeda dari pelamar lainnya. 

  • Jawaban Pertanyaan:

Kamu bisa menceritakan tentang blog atau channel Youtube yang kamu miliki. Kamu juga bisa menceritakan tentang hobimu yang unik seperti berpetualang, atau mungkin bakatmu dalam bermain catur. Sebisa mungkin buatlah hal ini menarik, namun tetap relevan dengan kebutuhan beasiswa. Ini contoh cara menjawabnya jika mengambil scholarship di bidang teknologi informasi

  • Contoh Cara Menjawab:

“Halo! Perkenalkan nama saya Johan Sutrisno. Saya sangat berminat sekali dengan teknologi dan semua yang menggunakan logika. Seringkali saya mencari informasi mengenai cara membuat program dari internet. Saya senang membuat program sederhana menggunakan bahasa C++ dan JAVA.

Pernah sekali saya mengikuti lomba membuat program, namun sayang nya saya belum menang. Tapi semua itu tidak membuat saya patah semangat dan berhenti mempelajari programming. Saya memiliki hobi bermain rubik dan puzzle karena hal tersebut membutuhkan logika dan penalaran dalam memecahkan masalah.”

“Hello! my name is Johan Sutrisno. I am very interested in technology and all things related to logic. Oftenly I look for information on how to make programs from the internet especially youtube. I love to make simple programs using C++ and JAVA languages.

I was Once took part on a programming competition, but unfortunately I didn’t win. But all those things didn’t discouraged and stop me from learning programming. My hobby is playing rubick and puzzles because it requires logic and reasoning in solving problems.”

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri Paling Populer Buat Pelajar Indonesia

2. Jelaskan mengenai kelebihan dan kekuranganmu!

contoh jawaban pertanyaan beasiswa

Pertanyaan ini sering ditanya dalam interview beasiswa untuk melihat seberapa jauh kamu mengenali dirimu sendiri. Selain itu, pewawancara juga akan melihat apakah kamu bisa jujur dengan kelebihan dan kekuranganmu. Kamu akan butuh jawaban yang tricky untuk menjawab pertanyaan ini terutama saat bagian menjelaskan kekurangan. 

  • Jawaban Pertanyaan:

Nyatakan kelebihanmu dengan jujur disertai dengan contoh kasus yang membuktikan hal tersebut. Tetapi pilih yang memang benar-benar cocok dengan bidang yang nantinya akan kamu geluti. Misalkan kalau dalam bidang komunikasi, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu adalah orang yang mudah bergaul atau supel. Jangan terlalu banyak menjawab mengenai kelebihanmu ya!

Selanjutnya, jujurlah mengenai kekuranganmu, namun pastikan hal tersebut disertai dengan bagaimana kamu mengatasinya. Misalnya kekuranganmu adalah pelupa, namun kamu sepenuhnya menyadari hal tersebut sehingga kamu selalu mencatat informasi dan hal-hal yang mungkin akan terlupa. Jangan pernah sekalipun membuat kelemahanmu seolah terdengar seperti kelebihan ya!

Simak cara menjawab pertanyaan ini, jangan sama persis dan kondisikan sesuai dengan keadaan mu ya!

  • Contoh Cara Menjawab Kelebihan:

“Kelebihan saya adalah saya merupakan seseorang yang sangat teliti terhadap detil kecil. Saya juga selalu berpikir kritis dan logis berdasarkan fakta. Saya juga senang mencoba mengembangkan ide yang sudah ada.”

“My strengths is, I am someone who pays close attention and small details. I also always think critically and logically based on facts. I also like to try to develop existing ideas.”

  • Contoh Cara Menjawab Kekurangan:

“Untuk kekurangan saya adalah seseorang yang sering menunda. Makanya saya mengatur alarm setiap hari untuk mengingat deadline pekerjaan yang saya kerjakan, dan jika mungkin meminta tugas lebih awal agar bisa memiliki tenggat waktu lebih lama.”

“My weakness is, i am someone who often postponing works. That’s why I set an alarm every day for deadline reminder of the work I’m currently working on, and if possible I will ask for assignments earlier so I can have a longer deadline.”

Baca juga: Cara Apply Beasiswa Indonesia Maju Serta Syarat Hingga Pilihan Universitas Nya Paling Lengkap

3. Bidang atau mata pelajaran apa yang paling kamu sukai di sekolah?

Jika kamu mendaftar dalam program beasiswa terkait akademik, pertanyaan ini biasanya adalah salah satu yang ditanyakan saat wawancara. Tujuannya adalah untuk melihat kecocokanmu dengan bidang yang akan kamu ambil saat menggunakan beasiswa yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kamu memang punya minat di bidang tujuan.

  • Jawaban:

Cara menjawab yang satu ini sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan bisa mencari mata pelajaran yang berhubungan dengan beasiswa incaranmu. Misalkan jika dirimu mencoba mengambil beasiswa bidang aktuaria maka kamu bisa menjawab bahwa mata pelajaran yang kamu sukai adalah fisika, matematika.

Namun jangan lupa memberikan alasannya juga ya! Karena jika tidak maka jawabanmu hanya akan dianggap omong kosong. Berikut ini contoh cara menjawab jika dirimu mengambil beasiswa bidang hukum!

  • Contoh Cara Menjawab:

“Saya sangat senang mata pelajaran PPKN. Alasannya adalah karena dalam mata pelajaran PPKN  mengajarkan saya tentang undang-undang, hukum dan bagaimana cara peraturan berjalan berlaku di suatu negara. Bukan cuma itu saja mata pelajaran PPKN juga membangkitkan jiwa nasionalisme dan rasa keadilan dalam diri saya.”

“I really like Civil education subjects. The reason because in Civil education subjects it teaches me about laws, how regulations works  that apply in a country. Not only that, Civil education subjects also awaken a spirit of nationalism and sense of justice within me. “

4. Hal yang apa yang kamu lakukan di sekolah selain belajar?

Pertanyaan wawancara beasiswa ini dimaksudkan untuk melihat seberapa aktif kamu dalam kegiatan ekstrakurikuler. Banyak program beasiswa yang lebih menyukai siswa yang aktif baik dalam komunitas tertentu maupun klub bakat dan minat. Hal ini akan memberikan gambaran kepada pewawancara tentang kepribadian dan kecenderungan kamu dalam bersosialisasi. 

  • Jawaban:

Ceritakan mengenai klub, organisasi atau komunitas yang kamu ikuti dan bagaimana keterlibatanmu di dalamnya. Misalnya jika kamu memegang posisi atau jabatan tertentu, pengalaman yang kamu dapatkan atau manfaat kegiatan tersebut untuk dirimu. Berikut contoh menjawab pertanyaan ini jika mengajukan beasiswa akuntansi ataupun aktuaria.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Semasa sekolah dulu saya pernah ikut OSIS dan menjadi bendahara. Ketika memegang jabatan tersebut saya belajar banyak hal, seperti mengatur keuangan dan mencatat pengeluaran dan pemasukannya. Saat menjadi bendahara saya harus teliti menghitung dan menyimpan uang yang di titipkan kepada saya. Saya juga belajar bahwa rasa percaya dari dan kepada orang lain sangatlah penting”

“During i was on high school, I used to join student councils and became treasurer. When I held that position I learned many things, such as managing finances and keeping track of expenses and income. When I became treasurer I had to be carefully calculate and keep the money that entrusted to me. I also learned that sense trust from and to others is very important”

Baca juga: Mau Dapet Beasiswa S2 Luar Negeri? Baca Ini!

5. Ceritakan tentang pencapaianmu selama di sekolah!

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan untuk mengetahui pencapaian dan prestasi apa saja yang sudah kamu dapatkan selama sekolah. Hal ini adalah pertimbangan lanjutan dari pertanyaan sebelumnya mengenai kegiatan ekstrakurikuler. Namun dalam menjawabnya, kamu dapat menceritakan semua prestasi yang telah kamu capai. 

  • Jawaban:

Sebutkan pencapaianmu misalnya seperti menjadi juara kelas atau mewakili sekolah dalam ajang olimpiade tertentu. Kamu juga dapat menyebutkan pencapaian non-akademis seperti menjadi perwakilan sekolah sebagai paskibra tingkat nasional, atau dipercaya memegang jabatan tertentu seperti menjadi ketua organisasi atau komunitas.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Waktu kelas 10 saya pernah menjadi ranking pertama dalam satu angkatan untuk nilai pelajaran. Saat itu juga saya juga pernah menjadi runner-up lomba sains tingkat nasional. Saat kelas 12 saya pernah di percaya menjadi ketua panitia acara perpisahan sekolah.”

“When I was in grade 10, I was ranked first in a class for grades. At that time I was also win as runner-up in a national science competition. When I was in grade 12, I was entrusted with being leader of the student farewell event.”

6. Ceritakan tentang kegagalan atau kesalahan yang pernah kamu lakukan

Pertanyaan paling sering wawancara beasiswa

Selama menempuh pendidikan dan mengikuti berbagai macam kegiatan di sekolah, kamu pasti pernah menghadapi yang namanya kegagalan. Pertanyaan mengenai kegagalan ini umumnya di maksudkan untuk melihat bagaimana kamu menyikapi kegagalan atau kesalahan. Pewawancara juga ingin tahu apa pelajaran yang kamu dapatkan setelah melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan tersebut. 

  • Jawaban:

Ceritakan tentang kesalahan yang pernah kamu perbuat atau kegagalanmu dalam sesuatu. Hal ini bisa seperti pernah gagal menjadi juara kelas atau kalah dalam pertandingan olimpiade mewakili sekolah.

Kamu juga bisa menceritakan kesalahan yang kamu perbuat misalnya seperti bergabung ke dalam klub yang tidak sesuai dengan bakat dan minat karena mengikuti teman. Jangan lupa ceritakan juga bagaimana kamu memperbaiki kesalahan atau menghadapi kegagalan yang terjadi dan apa yang kamu pelajari dari hal tersebut.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Dulu saya pernah gagal dalam mendapatkan juara pertama dalam lomba matematika tingkat provinsi. Kegagalan tersebut saya sadari akibat kurang lamanya istirahat karenaterlalu banyak latihan, mengakibatkan fokus dan konsentrasi dalam menjawab kurang maksimal.

Dari sana saya menyadari betapa pentingnya istirahat yang cukup sebelum mengikuti kompetisi. Namun kegagalan tersebut tidak membuat saya patah semangan dan menyerah untuk mencoba lagi.”

“In the past, I failed to win first place in a provincial level of math competition. I realized that this failure was due to a lack of rest because i did too much practice, which resulted in lesser focus and concentration when answering the question.

From there I realized of how important it is to have enough rest before participating in a competition. But this failure did not discouraged me and gave up trying again.”

Baca juga: Cara Dapat Beasiswa S1 di Luar Negeri Paling Ampuh!

7. Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus sekolah?

Hal ini adalah pertanyaan standar mengenai rencana hidupmu setelah menempuh pendidikan. Jika saat ini kamu sedang berada di bangku SMA dan sedang dalam wawancara beasiswa untuk kuliah, maka kamu bisa menyebutkan juga rencanamu selama mengikuti perkuliahan. 

  • Jawaban Pertanyaan: 

Jelaskan rencanamu setelah kamu lulus dari SMA, seperti bidang apa yang ingin kamu pelajari dan dalami. Lalu apa yang kamu harapkan bisa ketahui dan pelajari dalam bidang tersebut.

Selanjutnya kamu juga bisa menjelaskan apa saja yang ingin kamu capai selama berkuliah di jurusan tersebut seperti akan mencari kesempatan magang di perusahaan terkemuka. Berikut ini contoh bagaimana cara menjawab pertanyaan ini jika mengambil beasiswa di jurusan kedokteran.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Setelah lulus sekolah saya berniat untuk melanjutkan pendidikan dengan kuliah jurusan kedokteran di luar negeri. Saat nanti mulai berkuliah saya akan mencari relasi untuk belajar bersama. Saya juga berharap saat kuliah nanti bisa punya kesempatan praktik magang di rumah sakit terbaik dan mendapatkan pengalaman nyata dalam bidang kedokteran.”

“After graduating from high school, I intend to continue my education to higher level by studying abroad for medical major. When I start college, I will look for relationships to study together. I also hope that when Iam on college, I can have the opportunity to get internships at the best hospitals and gain real experience in medical field.”

8. Apa rencanamu dalam 10 tahun ke depan?

Melalui pertanyaan wawancara beasiswa ini interviewer ingin mengetahui apakah kamu sudah memikirkan rencana hidup jangka panjang. Mereka juga akan melihat apakah kamu telah memiliki gambaran mengenai rencana tersebut dan bagaimana cara eksekusinya. Kamu perlu menjelaskan apa saja yang ingin kamu lakukan dan apakah yang sedang kamu lakukan sekarang sudah mengarah pada rencana tersebut. 

  • Jawaban Pertanyaan:

Kamu bisa mulai dari bagaimana kamu tertarik dengan suatu bidang dan berniat mendalami bidang tersebut. Selanjutnya kamu perlu menjabarkan apa cita-cita kamu dalam bidang pariwisata. Misalnya, ingin menjadi pengusaha atau profesional dalam bidang tertentu sehingga kamu memutuskan untuk mendalami bidang tersebut dan mencari beasiswa. Berikut ini contoh cara menjawab pertanyaan ini jika mendaftar beasiswa perhotelan.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Dalam sepuluh tahun kedepan saya pastinya sudah lulus kuliah jurusan perhotelan dan akan bekerja di bidang tersebut. Juga saya yakin bahwa 10 tahun kedepan saya sudah menjadi manajer pariwisata di antara hotel berbintang 5 bergengsi dunia atau tempat wisata terkenal”

“In the ten years from now I am sure that I already graduated from college with hospitality bachelor also master degree and will work in tourism sector. I am also sure that in the next 10 years I already become a tourism manager in either a prestigious 5-star hotel in the world or famous tourism spot”

9. Kenapa kamu layak diberi beasiswa ini?

Pertanyaan ini seringkali menjadi pertanyaan penutup yang paling penting dalam interview. Ketika kamu sudah sampai pada tahap wawancara beasiswa, biasanya kamu sudah di nilai hebat dan memiliki poin yang di inginkan oleh pemberi beasiswa.

Namun, kandidat lain yang sampai pada tahap yang sama juga tidak kalah hebat dan beberapa mungkin jauh lebih hebat. Dalam hal ini, kamu perlu meyakinkan penerima bahwa kamu layak dipilih dan hal apa yang kamu tawarkan jika berhasil di pilih. 

  • Jawaban Pertanyaan: 

Nyatakan kembali bahwa kamu memiliki kriteria serta visi dan misi yang sama dengan pemberi beasiswa. Selain itu sampaikan pula hal lain yang akan membuatmu dinilai lebih seperti kesediaanmu untuk ikut aktif dalam mengikuti segala kegiatan terkait seperti menjadi duta atau relawan. Berikut contoh cara menjawab jika mengambil beasiswa bidang farmasi maupun biomedik.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Alasan utama saya mengambil beasiswa ini adalah saya ingin ikut berkontribusi dalam pengembangan bidang kesehatan. Banyak penyakit baru maupun lama yang belum di temukan obatnya, dan hal tersebut bisa saja mengancam kelangsungan hidup umat manusia.

Salah satu yang paling nyata adalah HIV/AIDS dimana sudah memakan banyak korban hingga saat ini belum di temukan obatnya. Makanya dengan bantuan beasiswa ini saya berniat untuk aktif dalam kegiatan penelitian obat maupun alat medis demi menyembuhkan penyakit-penyakit mematikan tersebut”

“The main reason I took this scholarship is that I want to contribute to the development of the health sector. There are many new and old diseases for which no cure has been found, and this could threaten the survival of mankind.

One of the most obvious is HIV/AIDS, which has claimed many victims, so far no cure has been found. Therefore, with the help of this scholarship, I intend to be active in research on drugs and medical devices to cure these deadly diseases.”

10. Siapakah orang yang menjadi teladanmu?

pertanyaan paling sering saat interview beasiswa

Salah satu pertanyaan beasiswa yang agak tricky untuk di jawab. Karena hal ini di tanyakan bukan untuk mengetahui mengenai apa yang dirimu suka. Melainkan pihak akademik ingin tahu apakah kamu bisa memberikan kesan positif terhadap panutanmu dan mengikuti hal baik dar mereka.

  • Jawaban:

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan memberikan sosok paling dekat dengan dirimu, yaitu ibu atau ayah. Bisa juga dengan menjawab seseorang yang berkutat dalam bidang studi yang kamu incar, walaupun akan terdengar seperti mengada-ada. Tapi jika memang hal tersebut benar, kamu harus memberikan alasan yang memang mendukung. Bisa juga dengan menjawab selebriti yang memang berprestasi.

  • Contoh Cara Menjawab:

“Saya sangat mengagumi B.J. Habibie. Karena beliau merupakan seorang sosok hebat dalam bidang aviasi yang di akui dunia. Bukan hanya karena prestasi beliau saja, tetapi juga dedikasi beliau dalam mengabdikan diri demi bangsa dan negara asalnya. Walaupun di negara lain beliau bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak namun tidak tergiur karena rasa cinta tanah air B.J. Habibie begitu besar.”

“I really admire B.J. Habibie. Because he was a great figure on aviation field who is recognized by the world. Not only for his achievements, but also for his dedication in devoting himself for the sake of his nation and country of origin. Even though in other countries he can earn more money, but he were not tempted because B.J. Habibie’s love for his homeland are so great.”

Siap untuk menghadapi wawancara beasiswa?

Sumber: Freepik

Nah, itu dia beberapa pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya yang umum di tanyakan. Meski demikian, setiap instansi atau lembaga yang menyediakan beasiswa mungkin memiliki fokus lain dalam wawancara yang biasanya tidak jauh-jauh dari hal di atas. Selain menjadi diri sendiri, kemampuanmu dalam menyampaikan gagasan juga penting bagi pewawancara. Pastikan kamu juga melatih hal tersebut ya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi terkini, follow media sosial SUN Education di Instagram, TikTok dan YouTube. Kamu juga bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Download SUN Education Mobile App atau baca SUN E-Guidebook untuk akses informasi lebih mudah dan GRATIS!

Comments are closed.