harga makanan di jepang
Harga Makanan di Jepang Termurah Hingga Termahal
3 Desember 2022
kuliah di Jerman
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman
3 Desember 2022

Biaya Kuliah Kedokteran, Kriteria Masuk, dan Alur Pendidikan

biaya kuliah kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Biaya kuliah kedokteran disebut-sebut sebagai salah satu yang paling termahal untuk tingkat undergraduate. Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di jurusan kedokteran, kamu sebaiknya mencari tahu seluk-beluk jurusan ini terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu benar-benar memiliki gambaran mengenai jurusan kedokteran, sehingga tidak kaget nantinya. 

Kriteria Masuk Jurusan Kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Sumber: Freepik

Menjadi dokter barangkali adalah cita-cita masa kecil yang paling banyak diimpikan. Saat sudah berada di SMA, jurusan kedokteran identik dengan anak-anak yang memiliki nilai akademik yang di atas rata-rata. Semetara itu, jurusan kedokteran identik dengan masa studi yang panjang dan biaya pendidikan yang mahal.

Tujuan akhir dari kuliah jurusan kedokteran adalah menjadi dokter yang memiliki hubungan erat dengan manusia lain. Makanya sebelum mengetahui biaya kuliah kedokteran kamu harus ketahui terlebih dulu jika calon dokter hendaknya memiliki kriteria berikut:

 

BACA JUGA: Rekomendasi Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2020

 

1. Cerdas dan memiliki kemampuan menghafal serta analisa yang baik

Untuk menjadi seorang dokter, kecerdasan adalah faktor utama. Selama studi kamu akan di jejali banyak hal yang membutuhkan kemampuan menghafal serta kemampuan analisa yang baik. Kecerdasan ini nantinya juga akan mempengaruhi keputusan-keputusan yang kamu ambil untuk menentukan tindakan dalam menangani pasien. 

2. Cermat dan teliti

Tanpa ketelitian, dokter mungkin saja melewatkan hal kecil yang sebenarnya memiliki pengaruh besar dalam kondisi kesehatan pasien. Oleh sebab itu, ketelitian adalah poin yang juga tidak bisa diabaikan sebagai kriteria seorang mahasiswa kedokteran.

3. Memiliki kesabaran, empati, dan tenggang rasa

Dalam praktik di lapangan, dokter akan menemui banyak pasien setiap harinya dengan berbagai keluhan mengenai kesehatan mereka. Untuk bisa menghadapi hal tersebut dari waktu ke waktu, seorang dokter hendaknya memiliki kesabaran, empati serta tenggang rasa terhadap pasien. 

 

BACA JUGA: Spill Biaya Kuliah Jurusan Otomotif di Universitas Inggris!

 

4. Peduli, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi

Profesi dokter sendiri berkaitan dengan kesehatan bahkan nyawa banyak orang. Oleh karenanya, di perlukan seseorang dengan rasa kepedulian yang tinggi serta memiliki rasa bertanggung jawab untuk menjaga masyarakat tetap sehat.

Selain itu, tanpa dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, seorang dokter mungkin tidak akan benar-benar dapat membantu seseorang dari masalah kesehatannya. 

5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan cepat beradaptasi

Keempat hal di atas adalah poin yang sama pentingnya. Terakhir, agar dapat menjadi seorang dokter kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini agar apa yang kamu sampaikan dapat di terima dan di mengerti dengan baik oleh pasien. Kamu juga harus dapat beradaptasi dengan pasien baru setiap harinya.  

 

BACA JUGA: Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?

 

Alur Pendidikan Jurusan Kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Sumber: Freepik

Dalam dunia pendidikan selalu terdapat alur atau satuan akademik dalam menjalankan kegiatan belajar di institusi manapun. Hal tersebut juga berlaku bagi fakultas kedokteran, tidak hanya asal kuliah saja, tetapi terdapat tingkat pendidikan dokter. Apa saja alur pendidikan kedokteran tersebut?

1. Program Sarjana (S1) Kedokteran

Ketika di terima di program S1 kedokteran, kamu akan menjalani proses perkuliahan selama lebih kurang 4 tahun dengan segudang mata kuliah bidang kesehatan. Pada akhir masa studi, kamu akan menulis sebuah skripsi sebagai tugas akhir dan akan lulus dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Apakah kamu sudah menjadi dokter? Masih jauh! Sampai pada tahap ini kamu masih calon dokter yang telah siap secara teori, namun tanpa pengalaman langsung di lapangan.

 

BACA JUGA: Psst.. Ini Biaya Kuliah Ilmu Seni yang Top di University of Sydney!

 

2. Program Profesi Dokter

Kesiapan kamu secara teori akan di tempat pada Program Profesi Dokter di mana kamu akan secara langsung bekerja di rumah sakit sebagai koas.

Kamu akan secara langsung menghadapi pasien mulai dari mendengarkan keluhan, melakukan diagnosa, menganalisa hingga meresepkan obat dengan di awasi secara langsung oleh dosen. Di dalam negeri, fase ini akan berlangsung selama 1,5 sampai 2 tahun tanpa di bayar, sementara kamu masih harus membayar biaya kuliah kedokteran ke universitas. 

3. Internship

Meskipun telah bergelar dokter, kamu belum bisa langsung melakukan praktik begitu lulus program profesi. Sama seperti di dalam negeri di mana kamu akan membutuhkan Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh Konsili Dokter Indonesia, lulusan jurusan kedokteran di luar negeri pun memerlukan lisensi praktik.

Pada masa internship ini, kamu akan melakukan praktik kerja selama sekitar satu tahun untuk mendapatkan lisensi. Kamu akan secara langsung diawasi oleh dokter umum, serta akan mendapatkan gaji untuk pekerjaan yang kamu lakukan. Hal ini adalah untuk memastikan kamu siap terjun ke masyarakat dengan pengalaman yang riil.

4. Praktik Mandiri

Setelah menyelesaikan internship dan mendapatkan STR paten, kamu akhirnya dapat mengurus Surat Izin Praktik (SIP). SIP ini merupakan syarat terakhir yang harus kamu miliki sebelum bisa mulai bekerja sebagai seorang dokter umum. Satu orang dokter dapat memiliki hingga 3 SIP di tiga tempat praktik yang berbeda.

 

BACA JUGA: Biaya Kuliah Jurusan Jurnalistik di 3 Universitas Top Australia

 

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran?

biaya kuliah kedokteran

Sumber: Freepik

Biaya kuliah kedokteran sangat variatif yang bergantung pada banyak hal di antaranya apakah institusi dalam atau luar negeri dan apakah negeri atau swasta. Secara umum, estimasi biaya pendidikan S1 kedokteran untuk universitas negeri di Indonesia adalah sekitar Rp100.000.000  hingga lulus.

Sementara untuk pendidikan dokter di universitas swasta biasanya akan membutuhkan uang pembangunan di awal. Indonesia sendiri memiliki banyak universitas swasta yang memiliki reputasi yang baik dan terkenal dengan kualitas pendidikannya. Oleh sebab itu, estimasi biaya kuliahnya juga akan jauh lebih mahal yaitu sekitar Rp300-400.000.000 hingga lulus. 

 

BACA JUGA: Yuk, Intip Biaya Kuliah di Jerman!

 

Sementara itu, estimasi biaya kuliah kedokteran di luar negeri juga akan lebih mahal yaitu di atas Rp100.000.000 untuk satu tahun. Biaya kuliah tersebut juga akan berbeda-beda tergantung negara dan keunggulan program yang ditawarkan. Namun, biaya kuliah kedokteran yang relatif mahal tersebut umumnya di dukung oleh fasilitas yang lengkap serta tim pengajar yang handal.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini kami jabarkan beberapa estimasi biaya kuliah kedokteran dari tingkat S1 dan S2 di luar negeri

Biaya Kuliah S1 Kedokteran di Luar Negeri

Jurusan kedokteran memang salah satu yang seringkali menjadi incaran bagi para calon mahasiswa baru. Namun ada baiknya sebelum melanjutkan ke jenjang S1 jurusan kuliah kedokteran mencari tahu estimasi biaya yang harus kamu keluarkan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, membutuhkan biaya lebih untuk melanjutkan jenjang pendidikan di jurusan ini. Maka dari itu, berikut ini penjabaran estimasi total biaya kuliah kedokteran di perguruan tinggi terbaik di luar negeri:

Nama Universitas Estimasi Biaya Kuliah
  • Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (Honours) at Monash University
AUD 77.000 / Year
  • BSc Global Health & Social Medicine at King’s College London
GBP 23.900 / Year
  • Bachelor of Paramedicine at Victoria University
AUD 15.600 / Semester
  • Bachelor of Veterinary Biology and Doctor of Veterinary Medicine at University of Sydney
AUD 49.500 / Year
  • Biochemistry and Molecular Medicine BSc at University of Nottingham
GBP 25.000 / Year
  • Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBChB) at University of Auckland
NZD 74.354 / Year
  • Cellular and Molecular Medicine, BSc at University of Bristol
GBP 24.000 / Year
  • Bachelor of Medicine at Newcastle University Malaysia
MYR 105.000 / Year
  • Bachelor of Health Science (Paramedicine) at Western Sydney University
AUD 33.978 / Year
  • BSc (Hons) Biomedicine at Sunway University
MYR 108.640 / FULL

Biaya Kuliah S2 Kedokteran di Luar Negeri

Dunia kesehatan akan terus berkembang dan tidak akan berhenti hingga kapanpun. Jadi bagi kamu yang ingin dan berminat menaikkan tingkat pendidikan kedokteran kamu ke jenjang lebih tinggi maka kuliah S2 adalah jawabannya.

Bagi kamu yang tertarik S2 kedokteran di luar negeri, ini dia beberapa estimasi biaya kuliah S2 kedokteran di universitas luar negeri:

  • Master of Science (Complementary Medicine) at RMIT University: AUD 31.680 / Year
  • MSc Cancer Research and Molecular Biomedicine at The University of Manchester: GBP 24.000 / Year
  • Master of Reproductive Medicine at University of New South Wales (UNSW): AUD 31.440 / FULL
  • MSci Chemistry with Biomedicine at King’s College London: GBP 26.700 / Year

Siap Jadi Dokter?

Profesi dokter adalah profesi yang berkaitan dengan kesehatan bahkan nyawa seseorang. Untuk itu, kamu harus siap menjadi pribadi yang mengutamakan kepentingan orang lain dan mendedikasikan dirimu untuk itu. Tidak sembarang orang layak menjadi dokter, jadi sebelum kamu menempuh studi kedokteran, kamu harus sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai profesi dokter itu sendiri. 

Selain itu, sekalipun kamu memenuhi kriteria individu yang cocok untuk menjadi dokter, kamu harus paham bahwa proses pendidikanmu ke depannya juga akan di penuhi tantangan. Kamu juga harus menempuh studi dengan durasi yang lebih lama dari sebagian besar teman-teman seangkatanmu.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi terkini, follow media sosial SUN Education di Instagram, TikTok dan YouTube. Kamu juga bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Download SUN Education Mobile App atau baca SUN E-Guidebook untuk akses informasi lebih mudah dan GRATIS!

Tinggalkan Balasan