negara dengan biaya hidup termurah
5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Berkelana
22 Februari 2020
Kuliah ‘Culinary’ di Perancis, Industri Makanan Terkenal Dunia
24 Februari 2020

Kriteria, Alur Pendidikan dan Biaya Kuliah Kedokteran

biaya kuliah kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Biaya kuliah kedokteran disebut-sebut sebagai salah satu biaya kuliah termahal untuk tingkat undergraduate. Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di jurusan kedokteran, kamu sebaiknya mencari tahu seluk beluk jurusan ini terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu benar-benar memiliki gambaran mengenai jurusan kedokteran, sehingga tidak kaget nantinya. 

Kriteria Masuk Jurusan Kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Sumber: Freepik

Menjadi dokter barangkali adalah cita-cita masa kecil yang paling banyak diimpikan. Saat sudah berada di SMA, jurusan kedokteran identik dengan anak-anak yang memiliki nilai akademik yang di atas rata-rata. Semetara itu, jurusan kedokteran identik dengan masa studi yang panjang dan biaya pendidikan yang mahal.

Tujuan akhir dari kuliah jurusan kedokteran adalah menjadi dokter yang memiliki hubungan erat dengan manusia lain. Oleh karena itu, calon seorang dokter hendaknya memiliki kriteria berikut:

Baca Juga : Rekomendasi Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2020

1. Cerdas dan memiliki kemampuan menghafal serta analisa yang baik

Untuk menjadi seorang dokter, kecerdasan adalah faktor utama. Selama studi kamu akan dijejali banyak hal yang membutuhkan kemampuan menghafal serta kemampuan analisa yang baik. Kecerdasan ini nantinya juga akan mempengaruhi keputusan-keputusan yang kamu ambil untuk menentukan tindakan dalam menangani pasien. 

2. Cermat dan teliti

Tanpa ketelitian, dokter mungkin saja melewatkan hal kecil yang sebenarnya memiliki pengaruh besar dalam kondisi kesehatan pasien. Oleh sebab itu, ketelitian adalah poin yang juga tidak bisa diabaikan sebagai kriteria seorang calon dokter.

3. Memiliki kesabaran, empati dan tenggang rasa

Dalam praktik di lapangan, dokter akan menemui banyak pasien setiap harinya dengan berbagai keluhan mengenai kesehatan mereka. Untuk bisa menghadapi hal tersebut dari waktu ke waktu, seorang dokter hendaknya memiliki kesabaran, empati serta tenggang rasa terhadap pasien. 

4. Peduli, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi

Profesi dokter sendiri berkaitan dengan kesehatan bahkan nyawa banyak orang. Oleh karenanya, diperlukan seseorang dengan rasa kepedulian yang tinggi serta memiliki rasa bertanggung jawab untuk menjaga masyarakat tetap sehat. Selain itu, tanpa dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, seorang dokter mungkin tidak akan benar-benar dapat membantu seseorang dari masalah kesehatannya. 

5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan cepat beradaptasi

Keempat hal di atas adalah poin yang sama pentingnya. Terakhir, agar dapat menjadi seorang dokter kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini agar apa yang kamu sampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan baik oleh pasien. Kamu juga harus dapat beradaptasi dengan pasien baru setiap harinya.  

Baca Juga : Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?

Alur Pendidikan Jurusan Kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Sumber: Freepik

1. Program Sarjana (S1) Kedokteran

Ketika diterima di program S1 kedokteran, kamu akan menjalani proses perkuliahan selama lebih kurang 4 tahun. Pada akhir masa studi, kamu akan menulis sebuah skripsi sebagai tugas akhir dan akan lulus dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Apakah kamu sudah menjadi dokter? Masih jauh! Sampai pada tahap ini kamu masih calon dokter yang telah siap secara teori, namun tanpa pengalaman langsung di lapangan. 

2. Program Profesi Dokter

Kesiapan kamu secara teori akan ditempat pada Program Profesi Dokter di mana kamu akan secara langsung bekerja di rumah sakit sebagai koas. Kamu akan secara langsung menghadapi pasien mulai dari mendengarkan keluhan, melakukan diagnosa, menganalisa hingga meresepkan obat dengan diawasi secara langsung oleh dosen. Fase ini akan berlangsung selama 1,5 sampai 2 tahun tanpa dibayar, sementara kamu masih harus membayar biaya kuliah kedokteran ke universitas. 

Pada akhir fase ini kamu harus mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Ujian tersebut akan menguji keterampilan dan pengetahuan kamu untuk menghadapi 400 kasus yang telah ditetapkan sesuai SDKI (Standar Kompetensi Dokter Indonesia). Setelah lulus UKMPPD kamu akan mengikrarkan Sumpah Dokter dan akan secara resmi menyandang gelar Dokter (dr). 

3. Internship

Meskipun telah bergelar dokter, kamu belum bisa langsung melakukan praktik begitu lulus program profesi. Kamu masih akan membutuhkan Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh Konsili Dokter Indonesia. Pada masa internship ini, kamu akan melakukan praktik kerja selama sekitar satu tahun untuk mendapatkan STR paten. Kamu akan secara langsung diawasi oleh dokter umum, serta akan mendapatkan gaji untuk pekerjaan yang kamu lakukan. 

4. Praktik Mandiri

Setelah menyelesaikan internship dan mendapatkan STR paten, kamu akhirnya dapat mengurus Surat Izin Praktik (SIP). SIP ini merupakan syarat terakhir yang harus kamu miliki sebelum bisa mulai bekerja sebagai seorang dokter umum. Satu orang dokter dapat memiliki hingga 3 SIP di tiga tempat praktik yang berbeda. 

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran

biaya kuliah kedokteran

Sumber: Freepik

Biaya kuliah kedokteran sangat bervariatif yang bergantung pada banyak hal di antaranya apakah institusi dalam atau luar negeri dan apakah negeri atau swasta. Secara umum, pendidikan S1 kedokteran untuk universitas negeri di Indonesia adalah sekitar 100 juta rupiah hingga lulus. Dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku sejak tahun 2013, angka tersebut dapat jauh lebih murah atau lebih mahal. 

Sementara untuk pendidikan dokter di universitas swasta biasanya akan membutuhkan uang pembangunan di awal. Indonesia sendiri memiliki banyak universitas swasta yang memiliki reputasi yang baik dan terkenal dengan kualitas pendidikannya. Oleh sebab itu, biaya kuliahnya juga akan jauh lebih mahal yaitu sekitar 300-400 juta rupiah hingga lulus. 

Baca Juga : Yuk, Intip Biaya Kuliah di Jerman!

Sementara itu, biaya kuliah kedokteran di luar negeri juga akan lebih mahal yaitu di atas 100 juta rupiah untuk satu tahun. Biaya kuliah tersebut juga akan berbeda-beda tergantung negara dan keunggulan program yang ditawarkan. Namun, biaya kuliah kedokteran yang relatif mahal tersebut umumnya didukung oleh fasilitas yang lengkap serta tim pengajar yang handal. 

Kamu Siap Untuk Jadi Dokter?

Profesi dokter adalah profesi yang berkaitan dengan kesehatan bahkan nyawa seseorang. Kamu harus siap menjadi pribadi yang mengutamakan kepentingan orang lain dan mendedikasikan dirimu untuk itu. Tidak sembarang orang layak menjadi dokter, jadi sebelum kamu menempuh studi kedokteran, kamu harus sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai profesi dokter itu sendiri. 

Selain itu, sekalipun kamu memenuhi kriteria individu yang cocok untuk menjadi dokter, kamu harus paham bahwa proses pendidikanmu ke depannya juga akan dipenuhi tantangan. Kamu juga harus menempuh studi dengan durasi yang lebih lama dari sebagian besar teman-teman seangkatanmu. 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!