Universitas Ternama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Dunia
29 Maret 2021
‘Siapin’ IELTS Tanpa Pusing Biaya? Coba Kursus Profesional Satu Ini!
31 Maret 2021

Mau Tahu Cara Cepat Belajar Grammar? Ikuti Tips Berikut Ini!

cara cepat belajar grammar

Tips Cara Cepat Belajar Grammar. Sumber: Freepik

Grammar atau tata bahasa adalah hal yang banyak dikeluhkan oleh pembelajar bahasa Inggris. Sebagaimana diketahui, bahasa Inggris sendiri memiliki 16 tenses yang merupakan formula dalam struktur kalimat yang baik dan benar. Semua jenis tenses memiliki pola yang berbeda sehingga relatif sulit untuk dihafal dan sering pula pelajar bingung perbedan masing-masingnya. Namun bagaimana cara mudah dan cepat untuk belajar Grammar  tersebut? 

Pada dasarnya, untuk dapat terampil menggunakan bahasa Inggris dengan Grammar yang benar membutuhkan waktu. Kamu harus banyak belajar dan berlatih sehingga berbahasa Inggris menjadi hal yang sangat biasa kamu lakukan. SUN Education akan memberikan beberapa tips yang dapat kamu terapkan sebagai cara cepat untuk menguasai grammar tanpa harus belajar dengan cara membosankan. 

Tips dan Cara Cepat Belajar Grammar

cara cepat belajar grammar

Sumber: Freepik

1. Kuasai struktur kalimat bahasa Inggris

Menguasai 16 tenses kalimat dalam bahasa Inggris adalah hal yang membosankan untuk dilakukan. Namun biasanya di bangku sekolah kamu sudah diajarkan 16 tenses ini sehingga bukan benar-benar hal yang baru buatmu. Nah, jika saat ini kamu mulai berkomitmen untuk mempelajari bahasa Inggris yang benar sesuai grammar, kamu harus menyegarkan ingatanmu kembali tentang 16 tenses tersebut. 

2. Kenali Part of Speech

Salah satu bagian penting lainnya dari tata bahasa Inggris adalah part of speech yang terdiri dari 8 jenis. Masing-masingnya adalah: pronouns (kata ganti), noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), determiner (kata sandang), preposition (kata depan), dan conjunction (kata hubung). Semua jenis part of speech ini juga sudah kamu pelajari di bangku sekolah dan kini saatnya untuk mengulanginya kembali. 

Setelah menyegarkan kembali ingatanmu tentang struktur kalimat serta part of speech dalam bahasa Inggris, sekarang kamu siap untuk mengubah kebiasaanmu. Dengan mengubah kebiasaan ini, diharapkan kamu akan lebih memahami aplikasi dari 16 tenses dan juga part of speech yang sebelumnya kamu pelajari. 

3. Perbanyak bacaan bahasa Inggris

Hal pertama yang harus kamu biasakan adalah dengan memperbanyak bacaan bahasa Inggris. Jika selama ini kamu hanya membaca bacaan dalam bahasa Indonesia, sekarang saatnya kamu untuk mulai mencari bacaan bahasa Inggris. Jangan terlalu memaksakan dirimu, mulailah dari jenis bacaan yang menyenangkan dan cenderung mudah dimengerti seperti komik atau novel. Selanjutnya tingkatkan perlahan-lahan menuju jenis bacaan yang lebih rumit seperti berita atau jurnal. 

4. Belajar dari film

Bagi kamu yang suka menonton film atau series melalui streaming channel, bahasa apakah yang kamu gunakan sebagai subtitle? Jika kamu terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, maka mulailah untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai subtitle. Baik itu film berbahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya, penggunaan subtitle bahasa Inggris akan membantu pikiranmu untuk membuat bahasa Inggris sebagai ‘default set’. Dalam tingkat yang lebih lanjut kamu juga bisa mencoba untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Siap?

5. Selalu sedia kamus

Poin ke-4 dan ke-5 membantumu dalam menerima informasi dalam bahasa Inggris dengan membaca dan mendengarkan. Nah, dalam membiasakan diri melakukan keduanya, kamu akan menemukan banyak kosakata baru yang mungkin belum kamu pernah kamu temui sebelumnya. Oleh karena itu, kamu membutuhkan kamus untuk dapat menerima dan memahami informasi dengan lebih baik. Sejalan dengan itu, jangan lupa untuk mengamati kalimat demi kalimat dan jenis struktur yang digunakan ya!

Selanjutnya, kamu akan masuk ke tahap latihan untuk menulis dan berbicara sesuai dengan tata bahasa. Lakukan secara rutin ya!

6. Latihan menulis

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak selanjutnya adalah dengan mengasah keterampilan menulis bahasa Inggris. Kamu mungkin bisa mulai dengan penggunaan bahasa Inggris pada sosial media, seperti caption Instagram dan tweet di twitter. Kamu juga bisa memfollow akun-akun yang membahas mengenai tata bahasa Inggris melalui media sosial. Selain itu, kamu juga bisa menantang dirimu dengan melakukan writing challenge. Carilah topik untuk ditulis selama jangka waktu tertentu dan lanjutkan dengan melakukan evaluasi tulisan tersebut. 

7. Berlatih bicara

Selanjutnya, berlatihlah berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris yang benar sesuai Grammar atau tata bahasa. Banyak yang berkata bahwa dalam berlatih berbicara bahasa Inggris, sebaiknya kamu mengabaikan Grammar. Meski demikian, karena di sini kamu berfokus pada Grammar itu sendiri, maka usahakanlah untuk menerapkan tata bahasa yang sudah kamu pelajari dengan baik. 

8. Jangan malu jika melakukan kesalahan

Baik dalam latihan menulis maupun berbicara yang sesuai dengan grammar, kamu tentunya akan melakukan banyak kesalahan. Meski demikian, jangan malu apalagi kapok untuk terus mencoba dan belajar. Jika ada orang lain yang memberi koreksi atas kesalahan yang kamu buat, terimalah dengan senang hati. Belajarlah dari kesalahan tersebut dan berusahalah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. 

9. Bertanya kepada guru

Meskipun kamu telah melakukan semua cara cepat belajar Grammar di atas dan menjadikannya kebiasaan, kamu masih mungkin bingung tentang sesuatu. Untuk itu, ada baiknya kamu bertanya kepada yang lebih ahli, seperti guru di sekolah, misalnya. Penjelasan yang kamu dapatkan setelah bertanya biasanya akan lebih terserap dengan baik dan membuatmu jauh lebih paham. 

10. Gunakan aplikasi

Kamu kesulitan mengatur latihanmu? Manfaatkan teknologi dan gunakan aplikasi khusus belajar bahasa Inggris yang dapat membantumu berlatih setiap hari. Biasanya bahasa Inggris yang digunakan oleh aplikasi belajar sudah berpatokan pada tata bahasa yang benar. Dengan demikian kamu tujuanmu untuk mempelajari Grammar akan tercapai dengan latihan yang teratur dan sesuai dengan tingkat kemampuan. 

Siap Berkomitmen?

Sebenarnya cara cepat belajar Grammar dalam bahasa Inggris sendiri membutuhkan komitmen yang kuat untuk belajar dan membiasakan diri. Kamu tidak hanya harus membiasakan menggunakan bahasa Inggris, namun juga harus berlatih untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Prosesnya memang tidak instan, namun hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan. 

Perlu diketahui, jika tujuanmu belajar bahasa Inggris sesuai grammar dengan cepat adalah untuk memenuhi target tertentu, kamu sangat disarankan untuk mengambil kursus. Misalnya untuk kebutuhan pendaftaran sekolah, syarat program tertentu, hingga syarat lulus kuliah, kamu sebaiknya dibantu oleh seorang mentor yang lebih ahli. Dalam hal ini, kamu dapat mengandalkan SUN English untuk membantumu memenuhi target pembelajaran bahasa Inggrismu. Semoga membantu!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.