universitas terkenal di dunia
Universitas Terkenal di Dunia untuk Kamu yang Berjiwa Seni
5 Mei 2020
jurusan hubungan internasional
Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jurusan Hubungan Internasional
7 Mei 2020

Gaji Lulusan Hubungan Internasional: Penuh Peluang dan Prospek Jauh!

gaji lulusan hubungan internasional

gaji lulusan hubungan internasional

Kamu menyenangi hal-hal berbau interaksi internasional? Maka, Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. Dengan keterampilan komunikasi serta minat besar mendalami diplomasi dan segala yang terkait dengan internasional, kamu pasti bisa berkembang dalam bidang studi ini. Terlebih, prospek karirnya punya visi yang cerah dan jauh ke depan. Selain meluaskan jaringan dan pengalamanmu, gaji lulusan hubungan internasional juga terbilang baik dan penuh peluang!

Sumber: Freepik

Namun sebelum terjun dalam karir, kamu harus menyelesaikan studi Hubungan Internasional terlebih dahulu. Hubungan Internasional sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin secara internasional. Hubungan Internasional tidak hanya mempelajari hubungan diplomasi satu negara dengan negara yang lain, tetapi juga tentang konflik, kesejahteraan, ekonomi hingga perdamaian dunia. 

Baca Juga : 8 Tips Agar Siap dan Tidak Bingung Memilih Jurusan Kuliah

Disini kamu akan dibimbing untuk diasah kemampuannya agar mampu memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh dan organisasi internasional yang berpengaruh, serta kerjasama internasional. Kamu pasti akan menemui pembelajaran dinamika kawasan berbagai negara di dunia. Setelah menyelesaikan studi pun, kamu juga tak perlu khawatir mengenai prospek kerja kedepannya.

Nah, saat kamu berprestasi dan benar-benar unggul dalam menguasai Hubungan Internasional, kamu tentu punya peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang menghubungkanmu dengan dunia luar. Untuk mengetahui seperti apa prospek kerja serta range gaji lulusan hubungan internasional, yuk simak beberapa dibawah ini:

 

Diplomat

 

Diplomat merupakan pekerjaan para lulusan jurusan Hubungan Internasional yang paling umum. Kamu dapat bertugas di kantor kedutaan Indonesia di berbagai negara di luar negeri dalam kurun waktu tertentu. So, kamu selalu punya kesempatan untuk dipindah tugaskan dimana saja. Seru bukan? Dan lagi para Diplomat bisa menjadi perwakilan yang dipercaya untuk menjalankan misi diplomatik dengan negara lain maupun organisasi internasional.

Untuk menekuni profesi ini di Indonesia, kamu harus mengikuti seleksi tes CPNS di Kementerian Luar Negeri yang dibuka setiap tahun. Jika memilih untuk bekerja sebagai diplomat, kamu bisa mendapatkan gaji sejumlah 5 juta rupiah dan income tersebut belum termasuk tunjangan lain di luar gaji.

Baca Juga : 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

 

Staf Kedutaan

Sumber: Freepik

 

Staf Kedutaan merupakan salah satu prospek kerja dengan gaji lulusan Hubungan Internasional yang sangat menarik. Staf Kedutaan juga banyak bagiannya. Jika bekerja sebagai staf politik, kamu akan bekerja dengan mengamati serta melaporkan iklim politik negara tujuan pada pemerintah negara dan warga negara asal yang sedang bepergian ke negara tujuan.

Lapangan pekerjaan lainnya, Staf Ekonomi, kamu akan bekerja dengan mengatasi masalah ekonomi antara negara asal dan tujuan seperti negosiasi pajak, salah satunya. Sebagai staf kedutaan, gaji yang diberikan bisa melampaui standar UMR dan bahkan digaji per jam dengan skala mata uang dollar. Sangat menarik, bukan?

 

Government Relations Officer

 

Lulusan Hubungan Internasional juga dibutuhkan untuk bekerja sebagai government relations officer di perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia loh. Pekerjaan ini menghubungkan antara klien tempat government relations officer bekerja dengan pemerintah.

Kamu akan berdiskusi dengan para politisi di berbagai tingkatan pemerintahan dengan tujuan untuk mempengaruhi legislatif dalam membuat kebijakan yang terkait dengan bisnis klien tersebut ataupun meminta dana dari pemerintah. Pengetahuan luas akan kepentingan negara dan juga kemampuan diplomasi sangat dibutuhkan untuk menjadi Government Relations Officer. Gaji yang didapatkan dengan berkecimpung dalam pekerjaan ini bisa berkisar mulai 5 hingga belasan juta rupiah. 

 

Konsultan Internasional

 

Jika bekerja sebagai konsultan internasional, kamu akan membantu perusahaan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan prospek aktivitas perusahaan tersebut di pasar internasional. Konsultan internasional dapat bekerja dengan klien dalam suatu proyek yang spesifik di berbagai bidang, seperti manajemen, market research, sumber daya manusia, corporate strategy, teknik, IT, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : 5 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Kamu perlu memahami betul bidang perdagangan dan bisnis dan tak terkecuali bahasa asing. Bahasa asing sangat penting dalam menganalisis setiap informasi yang ada untuk diaplikasikan dalam strategi perusahaan. Pekerjaan Konsultan Internasional juga punya peluang gaji yang fantastis—kamu bisa meraih penghasilan mulai dari 5 hingga puluhan juta rupiah.

 

Jurnalis

 

Ilmu yang kamu dapatkan dalam jurusan Hubungan Internasional dapat dimanfaatkan untuk bekerja sebagai jurnalis yang kompeten. Pemahaman Ilmu Hubungan Internasional yang dikombinasikan dengan kemampuan menulis dan melaporkan sebuah kejadian bisa membuatmu menjadi wartawan handal untuk berita luar negeri. 

Kamu akan berkesempatan melakukan liputan ke berbagai negara dan menciptakan jangkauan berita yang intelek dengan cakupan yang luas. Seru, bukan? Untuk pekerjaan ini, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar 4 juta sampai 6,5 juta rupiah. Belum lagi dengan tinggi experience yang kamu bangun, kamu bisa achieve pendapatan yang lebih dari itu.

Tinggalkan Balasan