gaji lulusan hubungan internasional
Gaji Lulusan Hubungan Internasional: Penuh Peluang dan Prospek Jauh!
6 Mei 2020
Navitas
8 Mei 2020

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jurusan Hubungan Internasional

jurusan hubungan internasional

jurusan hubungan internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah jurusan yang cukup diminati baik untuk studi di dalam maupun luar negeri. Sesuai namanya, jurusan ini secara umum mempelajari bagaimana membangun dan menjaga hubungan dua negara mitra. Salah satu hal yang identik dengan hubungan internasional adalah prospek kerjanya sebagai diplomat. Benarkah demikian?

Kali ini SUN Education akan membahas seluk-beluk mengenai jurusan Hubungan Internasional, mulai dari apa saja yang dipelajari hingga apakah jurusan ini cocok untukmu.

Apa itu jurusan hubungan internasional?

hubungan internasional

Sumber: Freepik

Secara umum, jurusan hubungan internasional adalah jurusan yang mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi di sini merupakan interaksi internasional baik itu melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta. 

Baca Juga : 6 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Apa saja yang dipelajari?

bendera negara-negara

Sumber: Freepik

Pelajar hubungan internasional akan dihadapkan dengan hal-hal seperti diplomasi, hukum dan kebijakan luar negeri, keamanan dan strategis, institusi internasional, ekonomi-politik, sosial-budaya dan lain-lain. Semuanya berada dalam lingkup internasional. 

Kemampuan dan keahlian

keahlian komunikasi

Sumber: Freepik

Seorang pelajar hubungan internasional akan memiliki kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan sesuai dengan prospek kerja jurusan ini, yaitu:

Komunikasi

Kemampuan komunikasi adalah hal yang paling penting bagi siapa saja yang akan terlibat dalam kerjasama, apapun konteksnya. Pembelajar hubungan internasional akan dipersiapkan untuk membangun kerjasama dalam konteks global sehingga kemampuan komunikasi adalah poin utama yang harus dimiliki. 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS 2020

Bahasa asing

Bahasa asing adalah kemampuan utama lainnya yang juga dibutuhkan karena berkaitan dengan komunikasi skala internasional. Bahasa Inggris adalah hal yang wajib dikuasai baik secara lisan maupun tulisan oleh anak HI. 

Berpikir kritis dan analisis

Hubungan internasional sangat berkaitan dengan berbagai kebijakan, baik dalam bidang politik maupun ekonomi. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis dan analisis sangat kamu butuhkan untuk dapat menyikapinya. 

Negosiasi dan persuasi

Keterampilan selanjutnya yang juga sangat dibutuhkan adalah negosiasi dan persuasi. Kedua hal ini merupakan bagian dari komunikasi penting dalam mebangun kerjasama di tingkat internasional. 

Pemecahan masalah

Problem solving atau pemecahan masalah adalah softskill yang dibutuhkan hampir semua bidang pekerjaan pada saat ini, termasuk dalam hubungan internasional. 

Prospek kerja jurusan Hubungan Internasional

prospek kerja hi

Sumber: Freepik

Jurusan HI identik dengan prospek kerja sebagai diplomat, tetapi sebenarnya ada banyak peluang posisi lain yang juga dapat ditempati oleh lulusan HI. Berikut kami rangkumkan beberapa posisi yang dapat dijadikan pilihan oleh lulusan HI. 

Pejabat Diplomatik (Diplomat)

Menjadi diplomat adalah prospek kerja utama dari jurusan hubungan internasional. Diplomat adalah perwakilan suatu negara pada negara lain yang memiliki tugas utama meliputi representing (mewakili), promoting (promosi), protecting (proteksi), negotiating (negosiasi), dan reporting (melaporkan). Menjadi diplomat membutuhkan alur karir yang cukup panjang dan memakan waktu cukup lama. 

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Banyak lembaga pemerintahan yang memiliki relasi dengan pihak internasional, sehingga lulusan HI juga memiliki peluang di sini. Lembaga pemerintahan yang dimaksud seperti Bank Indonesia, atau Kementerian seperti Kementerian Pertahanan, dan lain-lain.  

Peneliti/Dosen

Menjadi peneliti atau dosen cocok untuk orang-orang yang ingin mengedepankan aspek akademik dari hubungan internasional. Profesi sebagai dosen juga sering dijadikan pilihan oleh lulusan HI di Indonesia.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Terbaik untuk Wanita

Pegawai Perusahaan Multinasional 

Perusahaan multinasional biasanya membutuhkan orang-orang yang terbiasa dalam lingkup koordinasi dan relasi dalam skala global. Oleh karena itu, lulusan hubungan internasional juga banyak dibutuhkan di sini. 

Pegawai Organisasi Internasional

Lulusan HI juga memiliki kesempatan untuk berkarir di organisasi internasional seperti ASEAN atau PBB. PBB sendiri juga memiliki banyak lembaga internasional lainnya dalam bidang tertentu seperti UNESCO dan UNICEF. Peluang karir ini dapat kamu temukan di website masing-masing organisasi. 

Jurnalis 

Karena memiliki dasar pengetahuan yang kuat dalam komunikasi dan relasi, tidak jarang lulusan HI juga memilih karir sebagai jurnalis. Lulusan HI dapat menjadi jurnalis untuk media nasional maupun media internasional. 

Tertarik untuk lanjut studi di jurusan Hubungan Internasional?

hi

Sumber: Freepik

Jurusan HI cukup banyak ditawarkan di lembaga-lembaga pendidikan di berbagai negara dengan berbagai keunggulan masing-masing. Jika kamu berminat untuk melanjutkan studi jurusan HI di luar negeri, kamu bisa mengkonsultasikan rencana studimu dengan SUN Education lho! Segera hubungi konselor kami ya!

Tinggalkan Balasan