Kiat dan Strategi untuk Meningkatkan iBT TOEFL Score Kamu!
27 Maret 2021
Universitas Ternama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Dunia
29 Maret 2021

Ingin Kuliah Jurusan Hubungan Internasional? Ketahui Dulu Persyaratan Masuknya!

persyaratan masuk jurusan hubungan internasional

Sumber: Freepik

Salah satu jurusan yang cukup populer di ranah ilmu sosial adalah jurusan Hubungan Internasional. Banyak pelajar Indonesia tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ini baik di dalam maupun di luar negeri karena prospek kerjanya yang luas. Kamu termasuk salah satu yang tertarik untuk mendalami kuliah di jurusan Hubungan Internasional? Simak hal-hal yang merupakan persyaratan masuk kuliah di jurusan Hubungan Internasional berikut ini!

Persyaratan Masuk Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional (HI)

syarat masuk HI

Sumber: Freepik

Pada dasarnya, persyaratan masuk kuliah jurusan HI sangat beragam tergantung institusi yang menyediakan program studi tersebut. Meski demikian, kamu harus memiliki keterampilan dan bakat yang dapat dikatakan sebagai syarat umum untuk bisa menjadi seorang mahasiswa HI. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tertarik dengan berbagai isu global dan hubungan diplomatik antar bangsa

Persyaratan utama untuk masuk jurusan hubungan internasional tentu saja adalah ketertarikan atau minatmu terhadap bidang hubungan internasional sendiri. Dalam mempelajari jurusan ini kamu akan berhadapan dengan berbagai isu dunia dan relasi antarbangsa. Mulai dari pembahasan politik, ekonomi, sosial dan budaya, hingga keamanan. Bahasan tersebut bisa jadi sangat melelahkan dan membosankan jika kamu tidak memiliki minat di dalamnya. 

Pada semester-semester awal perkuliahan kamu akan belajar mengenai konsep dasar dalam ilmu HI. Pada semester yang lebih lanjut, kamu akan belajar mengenai diplomasi, hukum, hingga kebijakan luar negeri. selanjutnya  kamu juga akan mendalami tentang keamanan, politik, sosial budaya, hingga kajian wilayah. Perlu diketahui juga bahwa kuliah di jurusan HI akan memiliki banyak sekali pengetahuan yang bersifat teori, sehingga kamu tidak akan memiliki banyak praktik. 

2. Mau mempelajari bahasa dan budaya asing

Banyak yang berkata bahwa kamu harus jago berbahasa asing, minimal bahasa Inggris jika ingin melanjutkan studi di jurusan Hubungan Internasional. Hal ini tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah. Kamu akan lebih mudah untuk menguasai materi dan topik yang mungkin menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan. Bahasa Inggris akan sangat membantu dalam perkualihanmu di jurusan Hubungan Internasional. 

Faktanya yang sangat dibutuhkan adalah keinginan dan ketertarikan kamu sendiri untuk menguasai bahasa dan bahkan budaya berbagai negara. Hal ini tidak hanya berguna dalam perkuliahan, namun juga akan sangat membantumu dalam berkarir sebagai profesional di dalam bidang Hubungan Internasional. Memahami bahasa dan budaya juga akan memperkaya wawasanmu sehingga kamu dapat dengan mudah memahami isu-isu internasional. 

3. Berpikiran kritis dan terbuka

Hubungan Internasional memiliki kaitan erat dengan isu-isu global terkait politik, ekonomi, sosial, budaya hingga keamanan. Untuk dapat memahami materi yang dipelajari, kamu harus mampu untuk menjadi pribadi yang terbuka dan berpikiran kritis. Apalagi pembahasan dalam jurusan HI sendiri umumnya bersifat interdisipliner atau lintas ilmu pengetahuan. Oleh karenanya kamu harus memahami bidang-bidang dalam ilmu sosial secara umum. 

Selama menempuh pendidikan di jurusan Hubungan Internasional kamu akan terbiasa dengan berbagai isu yang harus dilihat dalam berbagai sudut pandang. Secara tidak langsung kamu akan menjadi pribadi yang berpikiran kritis, namun terbuka terhadap perbedaan. Selain itu, kemampuanmu untuk berpikiran kritis dan terbuka juga akan membantumu untuk berkarir secara profesional setelah lulus dari jurusan HI nantinya.

3. Memiliki kemampuan analisa yang baik

Sebenarnya hal ini bukan persyaratan mutlak, namun kamu akan sangat terbantu jika kamu memiliki kemampuan analisa yang baik sejak awal. Kemampuan ini sebenarnya memiliki hubungan dengan memiliki pikiran terbuka serta kritis, sehingga kamu dapat lebih baik dalam memproses informasi dan menganalisanya. Menjadi mahasiswa hubungan internasional sendiri akan membuatkan untuk lebih sering berpikir dan menganalisa. 

Seringkali kamu harus mencari tahu banyak hal serta harus selalu mendapatkan informasi terkini mengenai berbagai isu dunia. Umumnya semakin banyak hal yang kamu ketahui, maka semakin mudah kamu dalam menganalisa suatu masalah dan mencari solusinya. Ke depannya kemampuan ini juga akan sangat dibutuhkan ketika kamu berkarir, terutama jika kamu memang berkarir di dunia diplomasi. 

4. Terampil dalam komunikasi terutama negosiasi dan diplomasi

Sesuai dengan nama jurusannya, hubungan internasional sangat berkaitan dengan relasi yang tidak terlepas dari komunikasi. Jika kamu merupakan pribadi yang memiliki hubungan interpersonal serta komunikasi yang baik, maka jurusan Hubungan Internasional ini mungkin cocok untukmu. Selanjutnya,  kamu bisa mengembangkan keterampilan komunikasi ke level yang lebih tinggi yaitu negosiasi dan diplomasi. 

Jika kamu belum memiliki keterampilan komunikasi hingga tahap negosiasi dan diplomasi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan mempelajarinya. Kedua keterampilan ini dibutuhkan karena prospek kerja jurusan internasional umumnya berkaitan dengan kepentingan dua pihak yang memiliki hubungan diplomasi. Oleh karena itu, bagaimana mengkomunikasikan kepentingan adalah tantangan sendiri yang harus kamu kuasai. 

5. Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi

Hal selanjutnya yang sering dianggap sebagai salah satu persyaratan masuk jurusan Hubungan Internasional adalah memiliki jiwa kepemimpinan. Sebenarnya, hal ini tidak mutlak harus dimiliki karena bisa diasah seiring berjalannya waktu. Meski demikian, kamu harus memahami bahwa sebagian besar prospek kerja hubungan internasional berkaitan dengan pengambilan keputusan. 

Ketika kamu memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, kamu akan lebih mudah bagimu untuk menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Hal ini akan sangat terlihat dari bagaimana kecenderunganmu dalam mengambil keputusan yang terkait dengan dua pihak yang memiliki kepentingan berbeda. Keterampilan ini adalah salah satu poin penting yang sangat dibutuhkan dalam karirmu di bidang hubungan Internasional kedepannya. 

Hal Lain yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Persyaratan Masuk Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Pada dasarnya persyaratan masuk kuliah jurusan Hubungan Internasional di atas, hanyalah syarat yang sifatnya lebih kepada keterampilan yang akan membantu perkuliahanmu. Sementara persyaratan akademik untuk kuliah HI sendiri akan berbeda tergantung institusi yang kamu tuju. Selain itu, jika kamu memutuskan untuk melanjutkan studi hubungan internasional di luar negeri, kamu akan membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik. 

Nah, bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan studi jurusan hubungan internasional di luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho! Kamu bisa berkonsultasi mulai dari pilihan negara, universitas program gelar yang sesuai dan informasi akademik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi mengenai biasa hidup, tips dan trik selama tinggal di luar negeri dan lain-lain. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.