SUN English Expo Tangerang Jakarta 05 – 06 Februari 2022
28 Januari 2022
Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris
Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris
2 Februari 2022

Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama

Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama

Sumber: Pexels

Jurusan Hubungan Internasional menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. Pasti banyak dari kamu yang terbayang, dengan titel Hubungan Internasional, jenjang karir dari jurusan ini pasti menjadi diplomat, staff kedutaan besar hingga bisa bekerja di perusahaan multinasional. Nggak salah sih, kamu memang punya jenjang karir yang luas bila menjadi lulusan Hubungan Internasional ini. Tapi, kamu harus menimba ilmu yang tinggi supaya bisa bekerja sesuai dengan minat kamu. Makanya, kamu wajib tahu apa saja mata kuliah jurusan Hubungan Internasional yang akan kamu pelajari kelak. Supaya lebih jelas, kita ambil contoh mata kuliah jurusan Hubungan Internasional dari University Nottingham Malaysia!

 

Apa yang dipelajari dalam Jurusan Hubungan Internasional?

Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama

Sumber: Pexels

Pasti kamu bertanya-tanya, apa sih yang akan kamu pelajari dalam jurusan hubungan internasional ini? Sebenarnya disiplin ilmu hubungan internasional ini memahami berbagai penyebab perang dan perdamaian dalam politik internasional. Tapi, terdapat ilmu yang interdisiplinnya juga dengan pendekatan ilmu lain seperti Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Antropologi, Politik dan banyak lagi. Intinya, kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang menjelaskan interaksi negara dalam sistem global serta interaksi pihak lain yang perilakunya dari satu negara yang menjadi target oleh negara atau pihak lain di luar batas negara. 

Biar kamu lebih faham dengan gambaran apa yang akan kamu pelajari dalam jurusan hubungan internasional ini, kita ambil contoh mata kuliah jurusan hubungan internasional di tahun pertama pada University of Nottingham Malaysia. Buat kamu yang mau kuliah di Malaysia atau kuliah jurusan hubungan internasional, wajib dicatat, ya!

 

Approaches to Global Politics

Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama

Sumber: Pexels

Dalam bahasa Indonesia, mata kuliah ini mempelajari pendekatan pada politik global. Dosen menuntun mahasiswa untuk mampu mempelajari sifat dan kompleksitas. Nantinya kamu akan mendapatkan pemahaman mendasar tentang dasar-dasar baik dari teoritis maupun pendekatan terhadap politik global. Mata kuliah jurusan Hubungan Internasional ini juga akan mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan politik global sehingga mampu menganalisis. Pada akhir semester, mahasiswa akan mendapatkan keterampilan profesional/ praktis untuk memberikan presentasi lisan dan berkontribusi dalam diskusi maupun debat mengenai politik global.

 

Governing the World: Introduction to the International System

Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama

Sumber: Pexels

Dalam Hubungan Internasional, kamu juga akan belajar tentang sistem pemerintahan sekaligus sistem internasional. Makanya, di University of Nottingham, Governing the World: Introduction to the International System menjadi salah satu mata kuliah jurusan Hubungan Internasional pada tahun pertama.

Mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswanya keterampilan dalam mengetahui ide dan argumen utama pada teks politik dan menghubungkannya dengan kehidupan juga pengalaman belajar sendiri. Dengan praktik ini, mahasiswa akan mendapatkan pandangan dan gagasan sendiri terhadap keadaan sistem dan politik yang ada di dunia.

 

Introduction to European Union Politics

Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama

Sumber: Pexels

Sebagai benua yang berisi negara-negara yang memimpin dunia, pada tahun pertama, kamu akan mendapatkan mata kuliah Introduction to European Union Politics. Seperti namanya, kamu akan mempelajari sistem politik yang berlaku dan disepakati oleh negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Bagaimana sistem politik negara masing-masing menerima sistem politik yang ditetapkan oleh Uni Eropa dan penerapannya pada negara masing-masing. Bagi kamu yang tertarik dengan negara-negara Eropa, pastinya kamu akan excited mempelajari mata kuliah jurusan Hubungan Internasional satu ini. 

 

The Making of Modern Asia

Sumber: Pexels

Sebagai benua terbesar di dunia, perkembangan negara-negara Asia menjadi sesuatu yang menjadi pengamatan masyarakat dunia. Apalagi benua ini memiliki jumlah jiwa terbesar di dunia. Namun, yang paling tersorot adalah bagaimana proses modernisasi (imperialisme, nasionalisme, liberalisme, komunisme, kapitalisme, globalisasi, orientalisme, oksidentalisme, dan legitimasi politik) pada sistem pemerintahannya, hubungan dengan antar negara hingga perkembangan penduduknya.

 

Power and Contest: Living in a Political World

Sumber: Pexels

Dalam mata kuliah jurusan Hubungan Internasional satu ini, kamu akan mempelajari pengetahuan khusus tentang bagaimana kekuasaan membentuk dunia politik termasuk identitas, kebijakan publik dan kontes dalam politik global. Kamu juga akan belajar bagaimana memahami isu-isu politik yang berbeda dengan analisis dan cara berbeda. 

Apa yang disebutkan sebelumnya adalah mata kuliah inti yang harus kamu ambil. Tapi kamu juga bisa mengambil mata kuliah pilihan lainnya yang bisa kamu ambil seperti Beginners French or Spanish, Business Economics, Culture and Society.

Sudah tahu apa saja mata kuliah jurusan Hubungan Internasional, sekarang kamu bisa mempersiapkan diri sebelum kuliah. Supaya urusan kuliah di luar negeri makin lancar, jangan lupa konsultasi dengan SUN Education dengan datang langsung ke kantor-kantor cabang terdekat atau hubungan Hotline di 0821 33 34 35 36. Dari mulai english preparation, pengurusan visa, hingga akomodasi bisa kami bantu!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan