Jurusan Kuliah di Perancis yang Populer, Kamu Tertarik?
13 Maret 2020
kuliah di Inggris atau Amerika
Bercita-cita Kuliah di Inggris atau Amerika? Simak Keunggulannya Disini!
15 Maret 2020

Jurusan Kuliah Terbaik untuk Wanita

jurusan kuliah terbaik untuk wanita

Sumber: Freepik

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa bidang di dunia pekerjaan lebih baik dilakukan oleh wanita dan bahkan ada yang bahkan dikhususkan untuk wanita. Oleh sebab itu, jurusan kuliah yang mengarahkan siswanya untuk menuju bidang-bidang tersebut bisa dianggap sebagai jurusan kuliah terbaik untuk wanita. Tentu saja terbaik untuk wanita di sini tidak dimaksudkan agar pelajar wanita hanya mengambil jurusan-jurusan ini. Bukan berarti pula bahwa laki-laki tidak dapat memilih jurusan-jurusan tersebut.

Jurusan Kuliah Terbaik untuk Wanita

jurusan terbaik wanita

Sumber: Freepik

Berikut adalah rekomendasi jurusan-jurusan kuliah yang mengarahkan pada bidang pekerjaan terbaik untuk wanita.

1. Kedokteran

Pada dasarnya, jurusan kedokteran adalah jurusan yang terbuka untuk pria maupun wanita tanpa perbedaan. Namun, salah hal penting yang harus dimiliki oleh calon dokter adalah kepedulian dan simpati terhadap orang lain. Dalam hal ini wanita umumnya unggul karena memiliki naluri yang cenderung mudah untuk peduli dan bersimpati. Selain itu, wanita juga lebih baik dalam bidang spesifik, seperti untuk menjadi dokter anak atau dokter kandungan. Hal ini disebabkan karena wanita cenderung lebih mengerti keluh kesah yang dirasakan oleh sesama wanita ataupun anak-anak. 

Baca Juga : Jurusan Kuliah di Perancis yang Populer, Kamu Tertarik?

2. Pendidikan/Keguruan

Jurusan pendidikan atau keguruan berkaitan dengan mengajar atau mendidik. Untuk menjadi guru, biasanya jurusan pendidikan masih akan dibagi ke dalam bidang-bidang keahlian lainnya yang lebih spesifik, misalnya pendidikan matematika. Dalam hal ini wanita umumnya lebih baik karena memiliki sifat alami untuk mendidik dan mengasuh. Selain itu, menjadi guru adalah profesi yang paling cocok untuk wanita karena yang masih ingin memiliki waktu untuk perannya sebagai ibu. Meski demikian, bukan berarti laki-laki tidak cocok dan tidak disarankan untuk menjadi guru dan mengambil jurusan pendidikan. 

3. Kebidanan

Jurusan kebidanan adalah salah satu jurusan kuliah terbaik untuk wanita karena jurusan ini memang dikhususkan untuk wanita. Berbeda dengan jurusan lainnya yang disebutkan dalam tulisan ini, laki-laki tidak dibenarkan mengambil jurusan kebidanan. Di Indonesia sendiri ada peraturan khusus yang menyebutkan hal tersebut. Hal ini karena pekerjaan kebidanan terkait dengan proses bersalin, perkembangan bayi, dan keluarga berencana (KB). Setelah lulus bidan dapat menjadi pendamping dokter ataupun membuka praktek sendiri sesuai dengan bidang yang dikuasai. 

Baca Juga : 5 Fakultas Hukum Terbaik di Dunia 2020

 4. Keperawatan

Jurusan keperawatan adalah jurusan yang mengarahkan siswanya untuk menjadi perawat yang membantu dokter di rumah sakit. Wanita umumnya cocok dengan jurusan ini karena umumnya lebih baik dalam merawat seseorang. Hal ini karena wanita memiliki sifat kepedulian yang disertai dan ketelatenan yang tinggi.  Jurusan keperawatan sendiri memiliki prospek kerja yang bagus karena seiring bertambahnya populasi manusia, tenaga kesehatan akan semakin dibutuhkan. 

5. Psikologi

Jurusan psikologi merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana manusia berperilaku serta bagaimana fungsi mental manusia. Prospek kerja jurusan ini banyak dan luas sekali karena bagian psikologi tidak hanya psikologi klinis yang akan mengantarkan pelajar untuk menjadi psikolog. Meski demikian, untuk menjadi psikolog, wanita seringkali dapat menjadi lebih baik karena memiliki pembawaan yang mau mendengarkan keluh kesah. Selain itu, salah satu prospek kerja jurusan ini adalah menjadi pegawai di bidang pengembangan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Bidang pengembangan sumber daya manusia ini umumnya mencari wanita untuk menempati posisi-posisi di bidang tersebut.

6. Tata Rias

Salah satu jurusan kuliah terbaik untuk wanita lainnya adalah jurusan tata rias. Berbeda dengan pria, wanita umumnya sangat mahir dalam menggunakan make up dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Selain itu, untuk dapat berkarir di bidang tata rias, biasanya seseorang harus telah memiliki banyak pengalaman dalam hal merias. Wanita biasanya lebih terampil karena senang mencoba make up pada wajah mereka sendiri. Meski demikian, saat ini sudah banyak kita temui make up artist laki-laki yang tidak kalah berbakat daripada wanita. 

Baca Juga : Pengalaman Kuliah di Jepang

Apa Jurusan Kuliah Terbaik Wanita Menurutmu?

jurusan terbaik wanita

Sumber: Freepik

Saat ini sebenarnya wanita bisa masuk ke jurusan kuliah apa saja, baik yang berkaitan dengan bidang kesehatan maupun dalam bidang lainnya seperti teknik atau komputer. Meski demikian, dengan sifat-sifat bawaannya sebagai wanita, beberapa bidang lebih cocok untuk wanita dibandingkan pria. Oleh karena itulah ada jurusan kuliah yang dianggap lebih cocok untuk wanita dibandingkan jurusan lainnya. Selain yang telah disebutkan di atas, jurusan apa lagi yang menurutmu terbaik untuk wanita?

Tinggalkan Balasan