apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur
Penasaran Apa Saja Kegiatan Mahasiswa Arsitektur? Intip di Sini!
30 Juni 2022
University Techonology of Sydney
Menjadi Ahli Teknologi AI di University of Technology Sydney
1 Juli 2022

Apa Aja Sih Materi Reading Comprehension?

Tenang, kali ini SUN Education akan share materi reading comprehension lengkap dengan tips mengerjakannya!

Reading Comprehension merupakan salah satu elemen yang dipelajari dalam Bahasa Inggris. Bukan hanya sekedar membaca, tetapi juga mendapatkan pemahaman yang mendalam dan menyuruh. Reading comprehension ini juga sering diujikan dalam tes Bahasa Inggris, tes kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, dan lain-lain. Meskipun terlihat mudah, ternyata masih banyak lho orang yang justru dapat nilai kurang baik di bagian Reading ini. Alasannya karena teksnya terlalu banyak dan panjang-panjang sehingga fokusnya pun lama-lama menghilang. Tenang, kali ini SUN Education akan share materi reading comprehension lengkap dengan tips mengerjakannya!

Materi Reading Comprehension

Apa Aja Sih Materi Reading Comprehension?

Inilah materi reading comprehension yang nantinya akan kamu temukan di tes bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, TOEIC dan lain-lainnya.

Narrative Text

Narrative Text atau teks narasi merupakan tulisan yang bersifat bercerita yang membentuk alur tertentu. Teks narasi memiliki unsur utama seperti tokoh, latar dan konflik yang dihadapi tokohnya. Strukturnya biasanya nggak terlalu baku, hanya terdiri dari pembukaan, inti, dan penutupan cerita. Untuk di reading comprehension di tes bahasa Inggris, biasanya terdiri dari cerita-cerita dongeng, zaman dahulu atau mitos masyarakat. 

Untuk menguasai materi ini, yang perlu dilakukan adalah memahami alur ceritanya secara garis besarnya saja. Garis besarnya seputar menjelaskan siapa tokoh, latar belakang, konfliknya dan banyak lagi. 

 

BACA JUGA: Jangan Sampe Keliru, IELTS iBT Beneran Ada?

 

Expository Text

Jika narrative bersifat bercerita dan terikat dalam satu jalur, expository text bersifat menjelaskan. Nggak akan ada tokoh, latar, konflik atau alur cerita dalam jenis teks ini. Expository bertujuan untuk memberikan informasi, menjelaskan sesuatu atau bersifat persuasif. Biasanya teks didukung dengan grafik, format bullet and numbering, sub heading dan sebagainya. Elemen-elemen ini ditambah untuk menegaskan hal-hal penting yang hendak disampaikan.

Kunci dalam mengerjakan teks ini adalah memahami struktur apa yang ada dalam bacaan. Kalau sudah mengetahui strukturnya, kamu akan lebih mudah mendapatkan apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh penulis, begitu juga jawaban dari pertanyaan teks. Bahkan ada baiknya kamu baca dulu pertanyaan teksnya baru deh kamu cari jawabannya di dalam teks.

 

Tips Mengerjakan Reading Comprehension

Apa Aja Sih Materi Reading Comprehension?

Mengerjakan reading comprehension memang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Lengah sedikit justru bisa membuyarkan konsentrasi dan berujung nilai tes bahasa Inggrismu tak sesuai dengan keinginan. Ini dia tips mengerjakan reading comprehension spesial buat kamu!

Pahami Ide Pokok 

Inti dari mengerjakan reading comprehension adalah memahami ide pokok atau inti dari bacaan. Nggak semua pertanyaan menyangkut soal ide pokok, tapi kamu akan sangat terbantu kalau kamu sudah memahami keseluruhan teksnya. Kamu pun bisa menangkap apa yang mau disampaikan dan lebih mudah dalam menjawab pertanyaannya.

Baca Pertanyaannya Dulu

Materi reading comprehension apapun yang akan kamu temui nanti tentunya menyajikan teks dalam jumlah banyak. Makanya supaya kamu nggak membolak-balik soal jawabanmu, coba deh sebelum membaca teks, kamu baca dulu pertanyaan yang ada. Nanti kamu jadi bisa lebih fokus pada hal-hal yang ingin kamu temukan. Ingat, jangan terlalu lama membaca pertanyaan, ya! Nanti malah waktunya kurang untuk membaca teks secara keseluruhan. Ada pula pertanyaan-pertanyaan yang menjebak sehingga kamu harus tetap teliti dan hati-hati untuk menangkap makna yang ada di dalamnya.

 

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!

 

Jangan Terpaku di Satu Pertanyaan Saja

Terakhir, jangan terpaku pada satu pertanyaan saat mengerjakan soal reading comprehension. Kalau kamu merasa bingung dan nggak tahu jawabannya, lebih baik berpindah ke pertanyaan selanjutnya. Stuck pada satu pertanyaan tentunya akan membuang waktu untuk membaca teks dengan seksama. Baru setelah semua pertanyaan terjawab, kamu bisa kembali ke pertanyaan tadi.

Sebelum ikut tes Bahasa Inggris, penting banget untuk mengetahui materi reading comprehension yang akan kamu hadapi. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menghadapinya nanti. Masih butuh persiapan menghadapi tes TOEFL atau IELTS? Yuk, belajar bersama SUN English! Kamu bisa datang ke kantor cabang SUN English terdekat di kotamu atau chat kami di 0812 11 86 82 83 sekarang!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan