Gaji Lulusan Ilmu Komunikasi Sesuai Pekerjaannya
Gaji Lulusan Ilmu Komunikasi Sesuai Pekerjaannya
20 Juni 2022
Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum
Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum
22 Juni 2022

Untuk Masuk Jurusan Hukum, Nilai Harus Bagus di Pelajaran Apa?

nilai untuk masuk jurusan hukum

Wanna have an impact? Study and practice law! Seseorang yang punya gelar hukum bisa memiliki dampak besar pada kehidupan orang lain lho. Gelar di bidang hukum memungkinkan seseorang untuk membela individu lain yang dituduh melakukan kejahatan dan membela UU! Penasaran soal nilai untuk masuk jurusan hukum? Keep on reading!

Setelah lulus dari jurusan hukum, kamu bisa bekerja sebagai pengacara atau konsultan dengan perusahaan sejalan dengan nilai-nilainya. Misalnya kalo kamu berminat dalam bidang komunikasi, kamu bisa kerja di perusahaan media. 

Untuk tau lebih lengkap soal jurusan hukum, termasuk nilai untuk masuk jurusan hukum, baca terus di bawah ini!

 

BACA JUGA: Sebelum Masuk Fakultasnya, Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum?

 

Apa Tugas Pengacara?

nilai untuk masuk jurusan hukum

 

Pasti pernah nonton film atau serial TV soal pengacara kan? Entah itu Ally McBeal, Law & Order, atau bahkan Legally Blonde, kamu pasti punya bayangan tersendiri soal pekerjaan pengacara yang membela kliennya dalam persidangan. Sayangnya, media membuat kita percaya bahwa ini satu-satunya tugas seorang pengacara.

Nggak salah kok, pengacara emang mewakili klien dalam persidangan, tapi waktu yang dihabiskan di pengadilan hanya sebagian kecil dari pekerjaan sesungguhnya. Masih banyak pengacara yang melakukan tugas lain yang membuat mereka jarang masuk ke ruang sidang.

Contohnya, pengacara itu juga bertindak sebagai penasihat klien mereka. Untuk melakukan ini, pengacara harus mendengarkan pertanyaan klien dan menggali informasi sebanyak mungkin tentang situasi yang dihadapi. Sebagai seorang pengacara nantinya kamu harus punya pengetahuan lengkap tentang kasus klien bahkan sebelum persidangan berjalan.

Sebagian besar waktu dihabiskan untuk meneliti undang-undang yang terlibat dalam masalah tersebut, keadaan khusus klien, dan keputusan pengadilan sebelumnya yang mungkin berdampak pada suatu kasus.

 

Kenapa Harus Belajar Hukum?

 

Sebelum tau nilai untuk masuk jurusan hukum, penting bagi kamu buat tau benefit dari mempelajari bidang ini. Menjadi mahasiswa hukum menawarkan kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan mengeksplorasi banyak aspek kehidupan manusia.

Dengan menjadi mahasiswa jurusan hukum, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mempertajam pikiranmu, memperkuat pemahaman dan memperdalam pengalaman di bidang humaniora dan ilmu sosial.

Untuk itu, hukum harus menarik bagi mereka yang mau mengembangkan pemikiran abstrak dan pemecahan masalah praktis. 

Walaupun tadi di atas kita udah ngomongin soal pengacara, tapi setelah dapat gelar hukum kamu nggak harus jadi pengacara kok! Banyak lulusan jurusan hukum yang memilih jalan lain. Seorang sarjana hukum bisa memberikanmu keterampilan untuk menjadi pengacara yang sukses tapi kamu bisa juga memilih jalan menjadi diplomat, politikus, manajer, hingga jurnalis.

That being said, gelar hukum membekalimu pengetahuan yang banyak untuk hampir semua profesi yang membutuhkan kekuatan intelektual yang dikombinasikan dengan pendekatan praktis terhadap dunia.

 

BACA JUGA: Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

 

Nilai untuk Masuk Jurusan Hukum

 

Mengetahui subjek apa yang kamu butuhkan untuk jadi pengacara bisa meningkatkan peluangmu untuk mengikuti jalur karir di bidang ini! Terlepas dari tingkat pendidikanmu saat itu, entah SMP, SMK, atau SMA, mengetahui nilai harus bagus pada mata pelajaran apa bakal membantu kamu unggul di sekolah hukum nantinya.

1. Bahasa Inggris

Unggul di mata pelajaran bahasa dan sastra Inggris saat masih duduk di bangku menengah dapat membantu calon pengacara mengembangkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis mereka serta kemampuan pemahaman.

2. Ilmu Sosial

Pengacara umumnya perlu memiliki pengetahuan luas tentang subjek apa pun yang dapat menggambarkan dan mempengaruhi masyarakat, seperti ekonomi, sejarah, politik, urusan pemerintahan, dan hal serupa lainnya. Mengambil kelas studi sosial dapat membantumu memahami konsep-konsep seperti bagaimana hukum dan peraturan dibuat, bagaimana prosedur hukum dan preseden bekerja dan konsep serupa lainnya yang penting untuk berhasil mempraktikkan hukum.

3. Sains

Metode ilmiah melibatkan eksperimen, pengamatan, serta interpretasi dari data yang dihasilkan. Semua langkah ini juga banyak digunakan dalam profesi hukum, menjadikan kelas sains saat sekolah menengah sebagai lingkungan yang tepat bagi siswa untuk mengenal metode ilmiah. Dengan belajar tentang sains, pengacara masa depan dapat mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk memahami berbagai bukti, menggunakannya untuk menyelidiki kasus dan menghubungkan semua informasi yang tersedia untuk menghasilkan kesimpulan yang masuk akal.

4. Matematika

Mahasiswa jurusan hukum sering harus menganalisis sejumlah besar data numerik yang kompleks, seperti statistik dan catatan keuangan. Oleh karena itu, matematika merupakan aspek penting dari profesi ini!

Udah tau kan nilai untuk masuk jurusan hukum harus bagus di mata pelajaran apa aja? Jangan lupa untuk giat belajar karena nilai bagus di mata pelajar di atas bakal membantumu unggul saat masuk jurusan hukum nantinya!

Pingin tau lebih banyak lagi soal opsi jurusan yang bisa kamu pelajari di luar negeri? Gampang banget caranya! Ada banyak jurusan di universitas top dunia yang cocok buat kamu, untuk tau lebih lanjut, baca dulu SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan