‘Siapin’ IELTS Tanpa Pusing Biaya? Coba Kursus Profesional Satu Ini!
31 Maret 2021
raffles
8 Jurusan Desain di Raffles Design Institute Singapore, Kamu Pilih yang Mana?
3 April 2021

Teknik Kimia: Pengertian, Pemanfaatan dan Prospek Kerjanya

prospek kerja jurusan teknik kimia

Sumber: Freepik

Meskipun familiar dengan nama jurusan Teknik Kimia, namun masih banyak yang sulit membedakannya dengan jurusan Kimia. Banyak orang juga tidak memiliki gambaran tentang pengertian, fokus studi hingga prospek kerja jurusan Teknik Kimia ini sendiri. SUN Education akan memberikan penjelasan yang akan membantu kamu untuk memahami jurusan Teknik Kimia. Baca artikel ini sampai habis ya!

Pemanfaatan Teknik Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

jurusan teknik kimia

Sumber: Freepik

Sebagai salah satu bidang ilmu yang sangat luas, aplikasi teknik kimia sangat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali kita tidak menyadari bahwa hal-hal yang kita gunakan merupakan penerapan teknik kimia. Sebelum kita membahas Teknik Kimia sebagai sebuah jurusan kuliah, ada baiknya kamu mengetahui dulu peranan bidang ini dalam kehidupan sehari-hari.

1. Energi ramah lingkungan

Penerapan teknik kimia terlihat dari pemanfaatan tenaga nuklir dalam sebagai sumber energi yang lebih ramah lingkungan daripada minyak dan gas. Teknik kimia memiliki peran besar dalam pengelolaan dan pengembangannya.

2. Plastik ramah lingkungan

Plastik merupakan salah satu produk yang sulit terurai sehingga berdampak buruk bagi lingkungan. Namun dengan penerapan teknik kimia, sekarang sudah ada plastik ramah lingkungan yang lebih mudah terurai secara alami.

3. Liquid Crystal Display

Teknik kimia juga memiliki peran besar dalam teknologi informasi dan komunikasi yaitu dengan penemuan LCD. Layar datar dan tipis ini lebih efektif jika dibandingkan jenis layar sebelumnya.

4. Karet Sintetis

Karet sintetis yang biasa terdapat pada ban kendaraan bermotor juga merupakan produk dari penerapan teknik kimia. Dengan adanya penemuan ini, kita memiliki alternatif lain yang lebih mudah diproduksi dan digunakan.

5. Alat cuci darah

Alat pencuci darah merupakan salah satu temuan bermanfaat yang dapat membantu penderita kerusakan ginjal. Teknologi ini juga merupakan hasil penerapan teknik kimia dalam bidang teknologi kesehatan.

6. Catalytic Converter

Alat ini merupakan penyaring emisi pada kendaraan bermotor sehingga lebih tidak berbahaya. Penerapan teknik kimia dapat meminimalisasi polusi dan zat-zat berbahaya sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan manusia.

7. Pertambangan dan pengelolaan energi

Teknik kimia sangat dibutuhkan pemanfaatannya dalam pengelolaan sumber energi seperti gas, minyak bumi, batubara dan sebagainya. Oleh karena itu, banyak lulusan teknik kimia yang meniti karir di bidang perminyakan dan pertambangan.

8. Pupuk ramah lingkungan

Pemanfaatan teknik kimia juga terdapat dalam pembuatan dan pengembangan produk pupuk ramah lingkungan yang dapat menjaga air tanah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dalam bidang pertanian di mana lahan pertanian dapat digunakan lebih lama.

9. Makanan instan

Saat ini kamu sering menemukan makanan instan yang hanya tinggal dihangatkan dengan menggunakan microwave bukan? Makanan instan seperti ini juga merupakan hasil dari penerapan teknik kimia.

10. Obat antibiotik

Manfaat lain aplikasi teknik kimia dalam bidang kesehatan adalah dalam pembuatan antibiotik. Teknik kimia memiliki peran penting sehingga antibiotik dapat diproduksi secara massal dan lebih hemat biaya. 

Apa Itu Jurusan Teknik Kimia? 

teknik kimia

Sumber: Freepik

Jurusan Teknik Kimia merupakan jurusan interdisipliner yang menggabungkan ilmu teknik dengan ilmu kimia secara khusus dan juga bidang sains lainnya. Jika kamu mengambil jurusan Teknik Kimia, maka kamu akan akrab dengan bidang-bidang sains eksperimental seperti fisika, biologi, kimia, hingga biokimia. Fokus studi dari jurusan ini sendiri adalah untuk mempelajari tentang bagaimana menghasilkan inovasi teknik dan kimia dalam industri. 

Hal-hal yang akan kamu pelajari antara lain adalah bagaimana bagaimana mendesain dan mengembangkan peralatan dan teknologi dalam industri. Kamu juga akan belajar mengenai proses produksi untuk meningkatkan nilai ekonomis namun dengan dengan cara yang lebih efisien dan hemat energi. Mata kuliah yang akan kamu temui antara lain: Kimia Fisika, Rekayasa Lingkungan, Teknologi Pengelolaan Limbah, dan Kimia Industri. 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

teknik kimia

Sumber: Freepik

Setelah lulus dari jurusan Teknik Kimia, kamu biasanya akan dapat secara langsung terjun ke dunia Industri. Terlebih karena lulusan Teknik Kimia biasanya sudah melakukan magang sebagai salah satu kegiatan yang wajib dalam perkuliahan. Nah, berdasarkan pemanfaatan teknik kimia dalam kehidupan sehari-hari di atas, berikut adalah prospek kerja jurusan Teknik Kimia. 

1. Pertambangan dan Perminyakan

Bidang pertambangan dan perminyakan adalah lahan pekerjaan yang sangat membutuhkan lulusan teknik kimia. Hal ini berlaku karena lulusan teknik kimia sendiri biasanya telah berbekal pengetahuan kimia-fisika yang seperti termodinamika, mekanika fluida dan sejenisnya. Menjadi teknisi di bidang pertambangan sendiri akan menuntut kamu untuk banyak bekerja di lapangan yaitu lokasi pertambangan dan perminyakan. 

2. Industri Manufaktur Kimia

Lulusan teknik kimia juga dibutuhkan dalam industri manufaktur yang berhubungan dengan kimia seperti pembuatan sabun, cat, pestisida dan sebagainya. Jika bekerja di bidang ini, kamu akan bertanggung jawab memastikan peralatan pabrik telah berfungsi sesuai standar. Dengan kata lain kamu akan menjadi bagian dari staf yang bertugas memastikan kualitas, keamanan pabrik, serta produk hasil secara keseluruhan. 

3. Produksi Pangan

Salah satu prospek kerja jurusan kimia yang paling umum adalah bekerja dalam bidang produksi pangan. Dalam hal ini kamu bisa melamar di lembaga milik pemerintah hingga perusahaan pangan. Pekerjaanmu akan melibatkan evaluasi nilai gizi, warna, rasa, serta tekstur makanan. Kamu akan banyak melakukan penelitian terkait dengan produk makanan baru yang memenuhi standar untuk dikonsumsi. 

4. Ahli bioteknologi

Seperti diketahui, teknik kimia adalah jurusan yang multidisipliner dimana kamu mempelajari teknik dan sains sekaligus. Prospek kerja jurusan teknik kimia lainnya adalah menjadi ahli bioteknologi. Kamu akan berhubungan erat dengan medis untuk mengembangkan obat-obatan, vaksin, perawatan eksperimental, dan sebagainya. Dalam posisi ini kamu juga akan banyak menghabiskan waktu dengan melakukan penelitian. 

5. Bidang lingkungan dan pengelolaan limbah

Lulusan teknik kimia juga berperan penting dalam pengelolaan limbah, baik bagi lembaga pemerintah, maupun swasta. Beberapa jenis industri manufaktur juga membutuhkan lulusan kimia untuk pengelolaan limbah produksi. Kamu akan memiliki tanggung jawab untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang dapat ditimbulkan oleh berbagai jenis limbah. Pekerjaan ini akan melibatkan penelitian maupun praktik di lapangan. 

Tertarik untuk Masuk Jurusan Teknik Kimia?

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu sudah mendapatkan gambaran mulai dari pengertian hingga prospek kerja teknik kimia, bukan? Jika kamu merupakan pribadi yang menyukai hal-hal yang bersifat teknis dengan orientasi industri, maka jurusan ini mungkin cocok denganmu. Jurusan Teknik Kimia banyak ditawarkan di institusi pendidikan tinggi dalam negeri maupun di luar negeri. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Teknik Kimia di luar negeri, kamu bisa menghubungi SUN Education ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.