Kerja sambil kuliah di Australia
Lancar Kuliah Sambil Kerja di Australia? Simak Tipsnya Disini!
14 April 2021
social work
Social Work / Pekerjaan Sosial
27 April 2021

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah yang Dianggap Bisa Menjamin Masa Depan!

jurusan kuliah yang menjamin masa depan

Sumber: Freepik

Masa SMA adalah waktu yang tepat untuk mulai merencanakan masa depan. Kamu harus mulai segera menentukan pendidikan selanjutnya yang sesuai dengan bakat dan minatmu. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan jurusan di bangku kuliah yang memiliki potensi untuk menjamin masa depanmu. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui jurusan-jurusan yang prospek kerjanya sudah jelas dan terjamin. 

7 Jurusan Kuliah yang Menjamin Masa Depan

jurusan kuliah yang menjanjikan

Sumber: Freepik

Berikut adalah jurusan-jurusan yang sebaiknya kamu pertimbangkan karena lulusannya masih dan akan selalu dibutuhkan. 

1. Kedokteran

Selama populasi manusia terus bertambah, tenaga kesehatan seperti dokter pun akan selalu dibutuhkan. Apalagi jika ingin berkarir di Indonesia di mana banyak daerah masih masih kekurangan tenaga kesehatan. Hal ini juga berlaku secara global, di mana pun kamu memutuskan untuk berkarir, kesempatan akan selalu ada. 

2. Teknik

Jurusan-jurusan teknik merupakan jurusan yang lulusannya banyak dicari dan dibutuhkan. Ada banyak pilihan jurusan teknik yang bisa kamu ambil, mulai dari teknik mesin, teknik pertambangan, dan teknik lingkungan dan sebagainya. Jurusan ini termasuk jurusan kuliah yang menjamin masa depan dengan gaji relatif tinggi. 

3. Statistika

Jika kamu menggemari perhitungan, kamu bisa menjadikan jurusan statistika sebagai pilihan jurusanmu di bangku kuliah. Meskipun pengolahan data dengan perangkat lunak sudah marak ditemui, namun tenaga ahli yang adaptif serta kompeten masih akan dibutuhkan. Apalagi untuk negara berkembang seperti Indonesia. 

4. Ilmu Komputer

Seiring dengan berkembangnya teknologi, ilmu komputer masih aku terus dibutuhkan sehingga ada jaminan untuk peluang karir di masa depan. Akan lebih baik lagi jika kamu mendalami bidang khusus dalam ilmu komputer, seperti pemograman, aplikasi komputer, cyber security dan jurusan spesifik lainnya. 

5. Psikologi

Salah satu prospek kerja jurusan psikologi adalah menjadi psikolog. Saat ini masyarakat dunia, termasuk di negara berkembang seperti Indonesia mulai menaruh perhatian terhadap isu-isu kesehatan mental. Selain itu, hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat menggantikan konseling dengan ahlinya. 

6. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi berkaitan dengan penyampaian informasi dan sangat adaptif terhadap teknologi. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini pun masih memiliki peluang kerja yang menjanjikan di masa depan. Selain itu, prospek kerja jurusan ilmu komunikasi terbilang sangat luas. 

7. Ekonomi Syariah

Bidang ekonomi syariah mulai menggeliat dalam beberapa waktu belakangan, sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga ahli yang spesifik menguasai bidang ini. Apalagi umat muslim termasuk salah satu umat dengan populasi yang besar sehingga memang berpotensi untuk menjanjikan karir di masa depan. Selain itu, jurusan ini bahkan sudah tersedia di universitas-universitas internasional, lho!

Tentukan Jurusan Kuliah Pilihanmu!

jurusan kuliah untuk masa depan

Sumber: Freepik

Nah, itu lah jurusan kuliah dengan prospek kerja yang menjamin masa depan karena masih dan selalu akan dibutuhkan. Meski di masa depan banyak pekerjaan disebut-sebut dapat digantikan oleh robot, percayalah bahwa masih banyak pula yang masih membutuhkan sentuhan keahlian manusia. Hal yang paling perlu kamu asal adalah kemampuan untuk berinovasi dan beradaptasi. Semoga membantu ya!

Bagi kamu yang ingin merencanakan studi dalam bidang-bidang yang lebih spesifik di luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu. 

Comments are closed.