syarat kuliah di jerman
Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Kamu Persiapkan
17 Desember 2022
universitas terbaik di dunia
10 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS Rankings, UniRank, Webometrics, Times Higher Education Terbaru 2023
18 Desember 2022

Khusus Calon Dokter! 10 Mata Kuliah Kedokteran yang Wajib Dikuasai

mata kuliah kedokteran

Mata kuliah kedokteran wajib kamu ketahui selain menyiapkan biaya pendidikannya, karena hal tersebuat akan kamu pelajari selama berkuliah. Di antara banyaknya matkul tersebut, ada sejumlah matkul wajib yang harus kamu kuasai untuk menjadi seorang dokter.

Daftar 10 Mata Kuliah Pokok di Jurusan Kedokteran

Saat baru masuk kuliah, kamu akan menghadapi matkul umum seperti Bahasa Indonesia, Komunikasi Efektif Dokter, Ketrampilan Belajar dan Berpikir Kritis. Saat nanti masuk semester kedua mata kuliah kedokteran yang akan kamu hadapi akan mulai menjurus ke ranah medis. Beberapa contoh matkul semester 2 ada Hemato Imunologi, Metabolisme dan Endokrin. Saat semester 3 dan diatasnya kamu baru akan menghadapi mata kuliah pokok di jurusan kedokteran, Apa saja? Cek terus yang ada di bawah ini ya!

Anatomi

anatomi adalah salah satu mata kuliah kedokteran
Mata kuliah kedokteran anatomi ialah salah satu akar dari disiplin ilmu ini, karena nantinya kamu akan mempelajari bagian dari setiap anggota tubuh. Bukan hanya bagian luar, seperti kepala, tangan, dan kaki saja, namun juga bagian dalam organ tubuh serta yang membentuk susunan tersebut sehingga setiap anggota tubuh dapat bergerak dan berinteraksi secara optimal.

Baca juga: Yuk, Siapin Nilai untuk Masuk Jurusan Kedokteran Terbaik Inggris Ini!

 

Biologi seluler

Seperti yang dipelajari di matkul anatomi, bedanya biologi seluler akan mempelajari ilmu biologi di tingkat yang lebih kompleks, yaitu di tingkat perkembangan sel. Nantinya, kamu akan mempelajari bagaimana sel dapat berkelompok dan berkembang menjadi jaringan. Lalu jaringan berkembang menjadi organ, lalu menjadi sistem organ, hingga akhirnya membentuk suatu makhluk hidup.

Baca juga: Ilmuwan Drew University Meraih Nobel Prize di Bidang Kedokteran

Genetika

mata kuliah kedokteran

Ilmu Genetika. Sumber: unsplash.com

Pernah menyadari kenapa seorang anak bisa mewarisi sifat, bakat, atau bentuk fisik dari orang tuanya? Nah, kamu sebagai mahasiswa kedokteran, akan mempelajari hal tersebut di dalam matkul genetika. Sebagai salah satu mata kuliah kedokteran dari cabang ilmu biologi ini, kamu juga akan memahami mengapa ada kesalahan atau mutasi genetika pada suatu organisme atau makhluk hidup. 

Baca juga: Seru Banget! Simak Pengalaman Kuliah Kedokteran di Inggris

Kardiovaskuler

mata kuliah kedokteran

Ilmu Kardiovaskuler. Sumber: unsplash.com

Segala hal yang berhubungan dengan darah, akan kamu pelajari di matkul kardiovaskuler. Seperti bagaimana fungsi jantung dan pembuluh darah mengalirkan darah yang berisi oksigen dan nutrisi lainnya ke jaringan di dalam tubuh. Dalam mata kuliah kedokteran yang satu ini kamu akan mempelajari juga dasar- dasar penanganan masalah jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Penting, Ini Dia 5 Syarat Masuk Jurusan Kedokteran di Luar Negeri!

Respiratorius

Setelah mempelajari tentang sistem peredaran darah, kita lanjut ke  salah satu mata kuliah wajib di kedokteran, yaitu tentang sistem pernapasan. Organ respiratorius adalah organ yang menyediakan tempat untuk pertukaran gas antara darah dan atmosfir. Kamu akan memahami bagaimana proses oksigen masuk dari rongga hidung sampai ke paru-paru. Lalu apa saja penyakit dan kelainan dalam sistem pernapasan, serta cara pengobatannya.

Baca juga: Apa Saja Sih Syarat dan Pilihan Beasiswa Kedokteran di Indonesia?

Gastrointestinal

Selain butuh oksigen untuk bernapas, manusia juga butuh makanan agar dapat beraktivitas sehari-hari. Dalm mata kuliah kedokteran ini, kamu akan mempelajari bagaimana saluran pencernaan dan proses pencernaan bekerja di dalam tubuh manusia. Bisa di bilang matkul gastrointestinal ini mengharuskan mahasiswa memahami cara kerja organ sistem pencernaan seperti lambung dan usus.

Baca juga: Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Berapa Lama, Sih? Temukan Jawabannya di Sini!

Metabolisme dan energi

Metabolisme & Energi. Sumber: unsplash.com

Setiap aktivitas manusia pasti melibatkan proses metabolisme dan energi dalam tubuh. Hal tersebut yang akan kamu dalami di mata kuliah kedokteran yang banyak membahas proses kimia ini. Salah satunya, bagaimana tubuh memproses makanan hingga menjadi energi. Kamu juga akan mempelajari bagaimana faktor usia, jenis kelamin, dan genetika dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.

Baca juga: Intip Cara Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Paling Esensial Disini!

Reproduksi

mata kuliah kedokteran

Ilmu Reproduksi. Sumber: unsplash.com

Nah, mata kuliah kedokteran ini mungkin jadi favorit kamu sejak bangku sekolah karena menyajikan gambar dan visual yang menarik. Namun saat di perkuliahan, matkul reproduksi sangat penting karena berhubungan dengan banyak pelajaran lainnya, seperti genetika, anatomi, dan biologi seluler. Dalam matkul reproduksi kamu akan mempelajari bagaimana proses biologis suatu individu untuk menghasilkan individu baru serta peranan reproduksi dalam kelangsungan kehidupan makhluk hidup.

Baca juga: Jurusan Kedokteran – Biaya Kuliah, Kriteria Masuk Dan Alur Pendidikan

Ilmu bedah

mata kuliah kedokteran

Ilmu Bedah. Sumber: unsplash.com

Mata kuliah kedokteran ini wajib kamu kuasai juga, walaupun kamu tidak berminat untuk melanjutkan ke spesialis bedah. Sebagai calon dokter, kamu tetap harus menguasai ilmu dan teknik dasar dalam pembedahan, lho! Nantinya, kamu akan mendapatkan banyak praktik di dalam mata kuliah ilmu bedah agar dapat menyeimbangkan teori yang sudah dipelajari sebelumnya. 

Baca juga: Negara dengan Biaya Sekolah Kedokteran Termurah

Ilmu penyakit dalam

Pada dasarnya, ilmu kedokteran berfungsi untuk memahami penyakit pada manusia dan bagaimana upaya kita dalam mengobati penyakit dan kelainan tersebut. Nah di dalam mata kuliah ilmu penyakit dalam ini, kamu sebagai mahasiswa kedokteran akan mendalami beragam penyakit dalam yang umum menyerang manusia. Kamu akan mempelajari bagaimana cara pemeriksaannya, mengetahui penyebabnya, menentukan obat beserta dosis yang tepat serta metode pengobatan terbaik untuk penyembuhan.

Baca juga: Ingin Jadi Dokter, Ini Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui

Kemampuan Dasar dalam Mata Kuliah Kedokteran

Selain mata kuliah kedokteran yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap calon mahasiswa kedokteran harus menguasai kemampuan dasar untuk mendukung penguasaan materi selama perkuliahan. Kemampuan dasar ini sifatnya cenderung bersifat non akademis dan kombinasi antara kognitif dan afektif yang baik.

Pemahaman yang Kuat dan Seimbang antara Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika

Jika kamu berpikir mata kuliah kedokteran hanya membahas pelajaran biologi, coba kamu gali lebih dalam deh. Karena, dalam setiap mata kuliah di kedokteran itu akan mempelajari hal yang lebih detail, mengingat tubuh manusia pun terbentuk dari berbagai susunan sel, jaringan, dan sistem organ yang kompleks. Artinya, butuh pemahaman yang seimbang antara pelajaran lainnya.

Kita ambil contoh saja, setiap sel dapat berkembang membentuk jaringan karena adanya reaksi kimia. Proses pencernaan makanan di dalam lambung pun erat hubungannya dengan proses kimia. Selain itu, dibutuhkan pula kemampuan fisika dalam implementasi berbagai alat kedokteran, seperti X-Ray, USG, dan alat rekam jantung. Agar dapat menghitung dan memastikan semuanya sesuai dengan perhitungan yang tepat, tentunya dibutuhkan kemampuan matematika yang sepadan kan.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Hewan Kira-kira Berapa Ya?

Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Mata kuliah kedokteran erat dengan menghapal berbagai istilah, dan kebanyakan materi tersebut berasal dan luar negeri. Otomatis, penguasaan Bahasa Inggris menjadi syarat utama untuk menempuh mata kuliah ini. Bahkan, tidak sedikit yang harus menggunakan istilah Bahasa Latin, lho!

Proses penerjemahan bahasa tersebut juga membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa berbeda hingga 5 tahun antara versi Indonesia dengan versi original. Artinya, kalau kamu hanya mengandalkan materi versi bahasa Indonesia, kemampuan dan pengetahuan kamu bisa ketinggalan.

Selain itu, ilmu di dalam kedokteran sifatnya universal, baik di Indonesia, di Inggris, maupun di negara manapun. Artinya, jika nantinya kamu harus menghadapi keanekargaman mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

Baca juga: Jurusan Astronomi: Syarat Masuk, Mata Kuliah & Prospek Kerja

Memiliki kondisi mental yang baik dan stabil

Nah, ini salah satu hal paling penting yang harus dimiliki mahasiswa kedokteran. Dimulai dari perkuliahan, mental kita sudah diuji oleh alur kuliah yang berat, mulai dari berbagai tugas teori dan praktik yang menyita waktu dan tenaga. Ritme perkuliahannya pun berlangsung cepat dan padat. Artinya, kuliah kedokteran membutuhkan komitmen tingkat tinggi bagi diri sendiri. 

Setelah menyelesaikan di teori perkuliahan, tantangan sesungguhnya pun dimulai. Selama praktik bekerja, kita akan disuguhi kondisi yang menantang dengan darah di mana mana, pasien yang memiliki cedera tubuh yang serius, dan kondisi antara hidup dan mati. Setiap keputusan bergantung pada kita, sebagai dokter, dalam menentukan nasib seseorang. Artinya, profesi ini menuntut zero mistake alias tidak boleh ada kesalahan sedikitpun.

Siap Menghadapi Kuliah Kedokteran Di Luar Negeri?

Sekarang pertanyaannya, “Sudah siapkah kamu menjadi mahasiswa kedokteran?”   

Kalau kamu mau masuk jurusan kedokteran di universitas top luar negeri dengan taraf internasional kamu bisa konsultasi secara gratis di SUN Education. Kamu juga bisa coba bekali diri dengan informasi paling komprehensif seputar kuliah di luar negeri . Baca info terlengkap di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.