Kuliah Sains Top Edisi Malaysia: Coba Cek Taylor’s, Nottingham, dan Universiti Sains Malaysia
27 September 2020
Biaya Kuliah Luar Negeri Mahal? Tidak Kalau Kamu Diskusi Bersama Konsultan Pendidikan!
29 September 2020

Cara Membuat Visa Pelajar untuk Kuliah ke Luar Negeri

cara mengurus visa pelajar

Sumber: Freepik

Sebagaimana diketahui, visa merupakan akses untuk mengunjungi suatu negara untuk berbagai keperluan baik itu bisnis, pariwisata, studi dan lain-lain. Jenis visa juga akan sangat bergantung pada apa yang akan kamu lakukan di negara tersebut. Jika kamu bermaksud mengunjungi suatu negara tertentu untuk melanjutkan studi, maka kamu membutuhkan visa pelajar. 

Setiap negara memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda dalam pengurusan visa pelajar. Umumnya, jenis dan durasi program yang kamu ambil di suatu negara sangat berpengaruh terhadap dokumen penting seperti visa. Dalam kasus tertentu, ada pula negara yang tidak mensyaratkan visa pelajar jika hanya mengambil program singkat misalnya hanya selama 3 bulan, seperti Australia. 

Cara Membuat Visa Pelajar untuk Kuliah ke Luar Negeri

visa pelajar

Secara umum berikut adalah langkah-langkah umum yang perlu kamu lakukan dalam pembuatan visa pelajar. 

Mendaftarkan Diri di Visa Center Sesuai dengan Negara Tujuan

Hal pertama dalam cara pembuatan visa adalah mendaftarkan diri di kedutaan atau Visa Center negara yang akan kamu tuju. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu sudah dapat mendapatkan berbagai informasinya melalui website resmi milik kedutaan besar negara yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa membaca syarat dan ketentuan serta mengakses dan mengunduh file-file yang dibutuhkan. Pada website tersebut kamu biasanya juga dapat langsung mendaftar hingga menjadwalkan sesi wawancara dan verifikasi dokumen. 

Menyiapkan Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen-dokumen yang biasanya dibutuhkan dalam pembuatan visa dapat berbeda-beda setiap negara. Namun, secara umum kamu harus mempersiapkan:

– Paspor dan KTP yang masih berlaku
Formulir permohonan
– Pas foto
– Bukti pembayaran visa
– Surat keterangan terdaftar dalam program studi di institusi pendidikan
– Dokumen keuangan seperti slip gaji, rekening koran atau buku tabungan. 

Selain itu, beberapa negara mungkin juga meminta bukti perjalanan berupa bukti booking tiket pesawat. Ada pula yang mensyaratkan bahwa pelamar harus telah memiliki tempat tinggal di negara tujuan, ada pula yang mewajibkan harus telah terdaftar asuransi kesehatan. Perhatikan setiap detail persyaratan yang dituliskan seperti dokumen yang harus diterjemahkan terlebih dahulu, dan lain-lain. 

Proses Verifikasi Dokumen dan Wawancara

Kamu akan diminta mengunjungi pusat visa atau kedutaan untuk melakukan verifikasi berkas-berkas yang sebelumnya sudah kamu persiapkan. Sebaiknya, bawa semua berkas dan fotokopiannya untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan. Disarankan juga untuk datang lebih pagi karena sama dengan pembuatan paspor, pembuatan visa juga biasanya memiliki antrian yang panjang. 

Selain itu, untuk pembuatan visa pelajar, sebagian besar negara menjadikan wawancara sebagai salah satu syarat pendaftarannya. Biasanya kamu akan ditanya mengenai tujuanmu mengunjungi di negara tersebut dan kenapa kamu memilih melanjutkan studi di negara tersebut. Jadi berlatihlah agar kamu tidak gugup saat menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara tersebut. 

Proses Pengambilan Visa

Sama dengan pengurusan paspor, pengurusan visa tidak dapat selesai dalam satu hari. Biasanya kamu harus menunggu selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu terlebih dahulu dan baru dapat mengambil jika sudah dikirimi email pemberitahuan bahwa visa kamu jadi. Selain itu, yang dimaksud satu minggu dalam pembuatan visa biasanya adalah 5 hari kerja. Saat pengambilan visa, kamu biasanya harus mengambil sendiri atau boleh dibantu orang lain dengan memberikan surat kuasa. 

Studi ke Luar Negeri dengan SUN Education

kuliah ke luar negeri

Sumber: Freepik

Nah itu dia cara membuat visa pelajar untuk kuliah ke luar negeri. Jika kamu ingin untuk melanjutkan studi ke luar negeri, kamu bisa merencanakannya dengan SUN Education. Selain menyediakan jasa konsultasi, SUN Education juga bisa membantumu dalam proses aplikasi studi, penerjemahan dokumen hingga pendaftaran visa pelajar juga, lho! Hubungi SUN Education sekarang yuk!

Comments are closed.