cara mendapatkan beasiswa
7 Cara Mendapatkan Beasiswa yang Penting Kamu Persiapkan!
26 Agustus 2020
SUN Education
5 Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah Untuk Pelajar Internasional!
28 Agustus 2020

Cari Tahu Biaya Kuliah S2 di Luar Negeri Yuk!

biaya kuliah s2 di luar negeri

Sumber: Freepik

Melanjutkan studi ke luar negeri selalu menjadi impian banyak generasi muda Indonesia. Meskipun telah menyelesaikan studi S1 di dalam negeri, harapan untuk studi ke luar negeri masih ingin diwujudkan untuk jenjang pendidikan S2. Beberapa di antaranya mungkin sengaja untuk bekerja terlebih dahulu untuk melanjutkan studi di tingkat yang lebih tinggi tersebut. Nah, kira-kira berapa ya biaya kuliah S2 di luar negeri tersebut? Kali ini SUN Education akan memberikan gambaran biaya studi S2 di beberapa negara. 

Biaya Kuliah S2 di Luar Negeri

biaya kuliah S2

Sumber: Freepik

Amerika Serikat

Negara adidaya Amerika Serikat adalah salah satu destinasi favorit untuk melanjutkan pendidikan di tingkat S2. Fasilitas yang lengkap, serta teknologi pendidikan yang sudah sangat maju adalah hal yang melatarbelakanginya. Terutama untuk bidang-bidang terkait teknologi dan teknologi informasi, negeri Paman Sam kerap dijadikan pilihan pertama. 

Biaya kuliah di Amerika sangat variatif, tergantung universitas yang akan kamu pilih. Untuk universitas publik atau milik pemerintah umumnya menerapkan biaya yang lebih rendah, yaitu sekitar 20.000- 30.000 USD (295-443 juta rupiah) per tahun. Sementara jika kamu memutuskan untuk mendaftar di universitas swasta, kamu akan mungkin harus membayar uang kuliah sebesar 40.000 USD (590 juta rupiah) atau lebih untuk setahun. Sementara biaya yang akan kamu keluarkan dapat berkisar antara 800-2000 USD per bulan. 

Britania Raya (United Kingdom)

Jika Amerika adalah destinasi utama untuk jurusan-jurusan terkait teknologi, maka Inggris adalah pilihan yang tepat untuk berbagai ilmu murni. Jurusan seperti ekonomi dan filsafat adalah jurusan yang banyak ditawarkan dan populer di Inggris. Namun bukan berarti negara ini tidak cukup baik untuk bidang-bidang ilmu lainnya, karena nyatanya Inggris juga merupakan destinasi studi terbaik di dunia.

Sama dengan semua negara, biaya kuliah S2 di Inggris juga sangat bergantung pada pilihan universitasnya. Kuliah S2 di Inggris umumnya hanya berdurasi satu tahun sehingga kamu hanya akan membayar satu kali uang kuliah, jumlahnya sekitar 19.000-20.000 GBP atau sekitar 370-400 juta rupiah. Sementara biaya yang harus kamu keluarkan untuk kehidupan sehari-hari rata-rata adalah 500 GBP per bulan atau setara sekitar 9-10 juta rupiah per bulan. 

Australia

Negara selanjutnya yang juga menjadi destinasi favorit generasi muda di Indonesia adalah Australia. Selain institusi pendidikan yang berkualitas dan diakui secara global, negara ini juga cukup dekat dengan Indonesia. Australia juga terdepan dalam berbagai jenis riset, termasuk dalam bidang biologi dan pertanian. 

Program master atau S2 di Australia umumnya berdurasi 1-2 tahun, namun jika kamu lulus S1 dengan pujian, studinya dapat ditempuh dalam satu tahun. Biaya kuliah S2 di negara ini berkisar antara 15000-36.000 dolar atau sekitar 160-380 juta rupiah per tahun. Rata-rata biaya hidup yang diperlukan oleh pelajar di Australia umumnya berkisar antara 2.000-2.500 dolar (18,5-23,5 juta rupiah) per bulan.

German

Jerman merupakan salah satu negara dengan pendidikan paling bergengsi di Eropa dan dunia. Selain itu, negara ini juga relatif ramah bagi ekspatriat, termasuk bagi pelajar Internasional. Hal ini membuat banyak anak Indonesia yang tertarik untuk mendalami studi di negara ini. 

Pendidikan pascasarjana di Jerman berorientasi pada praktik atau penelitian dan dapat ditempuh dalam waktu satu sampai dua tahun. Universitas negeri di Jerman menyediakan fasilitas sekolah gratis, termasuk untuk tingkat S2. Kamu hanya perlu membayar uang administrasi yang senilai €60-80 EUR atau hanya sekitar 1-1,5 juta dalam rupiah. Namun, jika kamu memilih melanjutkan di institusi swasta, biaya kuliah S2 yang harus kamu bayar adalah sekitar 2500-5000 euro per tahun. Sementara untuk biaya hidup berkisar antara 600-1000 euro atau sekitar 10,5-17,5 juta rupiah per bulan. 

Jepang

Salah satu destinasi studi favorit di Asia bagi generasi muda Indonesia adalah Jepang. Meski berada di Asia, negara tersebut dikenal sebagai salah satu negara maju dunia yang juga terdepan dalam pendidikan. Salah satu daya tarik tersendiri dari jepang juga adalah budaya dan masyarakatnya. 

Sama halnya dengan negara lain, Jepang juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi biaya antara universitas swasta dan negeri. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk biaya kuliah S2 berkisar antara 515.000 hingga 1.250.000 yen. Sementara untuk biaya hidup berkisar rata-rata adalah 10.000 yen. 

Tertarik untuk Kuliah S2 di Luar Negeri?

s2 ke luar negeri

Sumber: Freepik

Nah, itu dia informasi mengenai biaya kuliah S2 di luar negeri, tepatnya di 5 negara favorit mahasiswa Indonesia. Bagi Kamu yang tertarik untuk kuliah S2 di luar negeri, kamu juga dapat berkonsultasi dengan SUN Education, lho!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!