Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Pangan? Wajib Tahu!
21 September 2022
jurusan desain produk
Jurusan Desain Produk, Pilihan Karirnya Banyak!
23 September 2022

Jangan Sampai Salah! Britania Raya dan Negara Inggris Raya, Ini Adalah Perbedaan Keduanya

britania raya adalah negara

Punya mimpi kuliah di Inggris? Kamu harus tau terlebih dahulu perbedaan antara Britania Raya, Inggris, dan Inggris Raya. Kalo kamu sendiri masih belum tau Britania Raya adalah negara apa, dijamin abis baca artikel ini, kamu bakal ngerti!

Pertama-tama, Britania Raya Adalah Negara Apa?

bendera britania raya

 

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, yuk kita telah lebih dalam apa itu Britania Raya dan wilayah Britania Raya itu apa aja.

Jadi, Britania Raya adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Wilayah Britania Raya adalah negara kepulauan yang terdiri dari Pulau Britania Raya, bagian timur laut Pulau Irlandia, dan sejumlah pulau-pulau lain yang lebih kecil. 

Sementara itu, Irlandia Utara adalah satu-satunya bagian dari Britania Raya yang berbagi perbatasan darat dengan negara berdaulat lainnya, Republik Irlandia. Detail lainnya yang perlu kamu tau adalah bendera Britania Raya yang berwarna merah, putih, dan biru dan kerap disebut “Union Jack”

 

BACA JUGA: Seperti Apa Rasanya Kuliah di Inggris? 

 

Faktor Perbedaan

britania raya adalah

 

Nah udah tau kan Britania Raya adalah negara apa? Selanjutnya kita akan bahas lebih dalam soal perbedaan Inggris dan Britania Raya. Ada beberapa faktor yang bisa ditelaah untuk melihat perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Geografis

Bagian dari kebingunganmu bisa aja akibat fakta bahwa sebagian besar Inggris terletak di satu pulau yang merupakan bagian dari kumpulan pulau yang lebih besar.

Dalam istilah geografisnya, seperti yang udah dijelaskan di atas, Britania Raya (juga dikenal sebagai Britain) adalah pulau yang terletak di antara Laut Utara dan Selat Inggris. Pada titik tersempitnya, Britania Raya berjarak sekitar 20 mil dari benua Eropa. Britania Raya adalah bagian dari British Isles atau Kepulauan Inggris, kumpulan lebih dari 6.000 pulau termasuk Irlandia di barat dan pulau-pulau kecil lainnya kayak Anglesey dan Skye.

Perbedaan Wilayah Britania Raya

To start with, ada United Kingdom (UK) of Great Britain and Northern Ireland. UK atau Inggris Raya adalah negara berdaulat yang terdiri dari empat negara yakni Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

UK memiliki parlemen yang berdaulat, tetapi masing-masing negara punya otonomi sampai batas tertentu. Meskipun terikat pada Kerajaan dan terikat bersama dalam persatuan, masing-masing negara di Inggris Raya mempertahankan identitas lokal mereka sendiri dan bahkan bahasa regional mereka sendiri.

Ini penting kamu inget ya! Misalnya kamu mau kuliah di Skotlandia, meskipun mayoritas orang menggunakan bahasa Inggris, mereka juga berbicara pakai bahasa Scottish juga! Same goes with Wales.

Di Balik Perbedaan Nama Keduanya

Setelah udah tau apa aja wilayah Britania Raya dan perbedaan Inggris dan Britania Raya, kamu sekarang udah paham kan meskipun Inggris Raya dan Britania Raya sering dipakai secara bergantian, keduanya bukan sinonim.

Singkatnya, Great Britain atau Britania Raya adalah istilah geografis yang mengacu pada pulau yang juga hanya dikenal sebagai Britain atau Inggris. Inggris Raya, di sisi lain, adalah murni istilah politik: sebutan bagi negara merdeka yang mencakup seluruh Inggris Raya dan wilayah yang sekarang disebut Irlandia Utara

 

BACA JUGA: Ini Dia 4 Universitas di Inggris yang Banyak Orang Indonesia!

.

Benefit Kuliah di Britania Raya

wilayah britania raya

 

Mulai dari bendera Britania Raya, wilayah Britania Raya, hingga perbedaan Inggris dan Britania Raya udah dibahas. We’re not done yet!

Nggak mungkin kita kelewatan bahas soal studi di Inggris! Ada banyak banget benefit yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di negara ini. Mau tau apa aja? Baca terus ya!

1. Kuliah di Universitas Ternama

Gelar dari universitas Inggris dipandang tinggi di seluruh dunia. Dengan studi di Britania Raya, kamu bisa memilih untuk belajar di beberapa universitas top dunia seperti University of Glasgow, Coventry University, the University of Manchester, King’s College London, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, gelar dari universitas Inggris mana pun akan membuat CV-mu lebih bagus pastinya! Ketika mencari pekerjaan di masa depan, memiliki kualifikasi dari Inggris akan menjadi nilai jual yang bagus.

Selain itu, sistem pendidikan tinggi Inggris telah menjadi dasar standar pendidikan tinggi di seluruh dunia. Sejak lama, sistem pendidikan mereka dipandang sebagai gaya pengajaran yang revolusioner dan fasilitas modern.

2. Negara Multikultural

Inggris adalah negara multikultural dan sangat populer di kalangan siswa internasional. Faktanya, Inggris adalah tujuan terpopuler kedua bagi pelajar asing di dunia.

Dengan keragaman yang bisa kamu alami, kamu akan bergaul dengan mahasiswa dari seluruh dunia. Terlebih lagi, kamu jmempelajari hal-hal yang nggak kamu dapatkan di ruang kelas. 

3. Peluang Kerja

Umumnya, mahasiswa internasional mendapatkan izin kerja hingga 20 jam seminggu selama masa semester, dan 10 jam ketika masa liburan kuliah. Hal ini memungkinkan kamu mengambil pekerjaan paruh waktu atau magang, untuk mempelajari keterampilan baru dan mendapatkan uang sambil belajar.

Nggak cuma itu, universitasmu bahkan bisa membantu mendapatkan magang. Ini adalah bagian dari program studi yang pasti akan memberi Anda keunggulan kompetitif saat lulus nantinya. 

Udah nggak kepo dong soal benefit kuliah di Inggris? Setelah mengerti Britania Raya adalah negara yang kaya akan potensi dan kesempatan kuliah, pastinya nggak sabar dong buat studi di sini!

Sebelum angkat kaki buat studi di Inggris, jangan sampe skip bekali diri dengan informasi kuliah di luar negeri paling lengkap hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan