Apa Itu Resesi Ekonomi? Ini Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Krisis Yang Satu Ini!
13 Januari 2023
tingkatan sekolah di malaysia
Tingkat Pendidikan Dan Sekolah di Malaysia, Apakah Mirip Dengan Di Indonesia?
14 Januari 2023

Pertukaran Pelajar Itu Apa Sih? Syaratnya Gimana? Cek Aja Disini!

syarat pertukaran pelajar

syarat pertukaran pelajar

Pertukaran pelajar adalah program yang memungkinkan siswa sekolah atau mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar di sekolah atau universitas lain. Program ini biasanya di adakan sebagai bentuk kerja sama dengan pihak sekolah atau lembaga pendidikan lain di luar negeri, meskipun ada juga yang di dalam negeri.

Penyelenggaraannya juga dapat disertai kerjasama dengan pihak ketiga yang menyediakan uang saku dan akomodasi. Nah, lalu apa sajakah syarat untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar khususnya ke luar negeri? Simak penjelasannya ya!

Tujuan Dan Manfaat Pertukaran Pelajar (Student Exchange)

pertukaran pelajar

Sumber: Freepik

Seperti yang di sampaikan sebelumnya, Program pertukaran pelajar dapat terlaksana atas kerja sama kedua sekolah atau universitas maupun diselenggarakan pihak ketiga yang menyediakan beasiswa atau fasilitas.

Umumnya student exchange terjadi antara institusi pendidikan di dua negara berbeda dengan salah satu misi untuk saling memperkenalkan budaya masing-masing negara. Selain hal tersebut masih ada lagi manfaat dan tujuan pertukaran pelajar bagi mahasiswa dan universitas yaitu sebagai berikut:

Manfaat Untuk Mahasiswa Manfaat Untuk Universitas
  • Meningkatkan kemampuan bahasa inggris.
  • Menjadi bukti baiknya kualitas organisasi bagi institusi penyelenggara.
  • Mempermudah mencari pekerjaan.
  • Mencari ide dan gagasan baru bagi Universitas.
  • Belajar hidup mandiri.
  • Mempererat relasi antar institusi
  • Memberikan pengalaman berharga dan unik.
  • Membuka kesempatan kerjasama yang saling menguntungkan
  • Mencari dan memperluas relasi.
  • Meningkatkan kualitas lulusan universitas tersebut.

Setelah tau apa itu manfaat serta tujuan dari program student exchange, maka kamu juga wajib tau siapa saja penyelenggaranya.

BACA JUGA: Mau Lolos Program Pertukaran Pelajar ke Jerman? Begini Rahasianya!

Penyelenggara Pertukaran Pelajar

syarat pertukaran pelajar

Penyelenggaraan student exchange ke luar negeri di Indonesia umumnya sudah di sertai dengan beasiswa dengan syarat dan ketentuan. Program pertukaran pelajar ada yang bersifat tertutup yaitu hanya diberikan untuk sekolah-sekolah tertentu ada pula yang menyelenggarakan pendaftaran terbuka. Biasanya penyelenggaranya adalah lembaga-lembaga baik milik pemerintah maupun pun swasta yang memiliki fokus pada pendidikan. Berikut ini beberapaa contoh lembaga penyelenggara Student Exchange:

  • Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEYAP)
  • YFU (Youth for Understanding)
  • Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (MEP)
  • CISV International
  • Rotary International
  • United World College (UWC)
  • Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Program (AFS-YES)
  • Bina Antarbudaya
  • MUN (Model United Nations)
  • AFS Intercultural Programs

Lembaga-lembaga ini ada yang dari Indonesia dan ada pula yang dari luar negeri tempat student exchange akan di adakan. Umumnya lembaga penyelenggara tersebut sudah menyediakan uang saku dan/atau akomodasi bagian setiap pesertanya. Namun tidak tertutup kemungkinan ada program student exchange yang tidak ditanggung atau disponsori oleh pihak manapun, sehingga berbayar. 

BACA JUGA: Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar ACU

Syarat Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri

student exchange

Sumber: Freepik

Sebagai sebuah program yang di selenggarakan oleh penyelenggara tertentu, umumnya syarat student exchange berbeda-beda, tergantung keputusan dari lembaga tersebut. Hanya saja, ada beberapa syarat mutlak yang harus kamu penuhi untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar ini. Berikut adalah syarat pertukaran pelajar ke luar negeri:

1. Nilai akademik atau prestasi di bidang tertentu

Kebanyakan program student exchange ke luar negeri menjadikan prestasi akademik mahasiswa tersebut sebagai syarat utama untuk dapat mengikutinya. Hal ini karena pelajar yang akan berangkat nantinya akan menjadi representasi negara yang di harapkan mampu mengikuti semua kegiatan yang diadakan dengan baik dan menonjol.

Siswa dengan prestasi akademik yang baik cenderung memiliki karakter yang mau berusaha keras serta kompetitif dalam banyak hal. Selain itu, hal ini juga mempertimbangkan kemampuan siswa untuk mengejar ketertinggalan pelajaran di sekolah selama program student exchange berlangsung. 

BACA JUGA : 16 Macam Macam Kepribadian MBTI Untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Beberapa program pertukaran pelajar mungkin berfokus pada bidang tertentu, misalnya matematika. Untuk program seperti ini biasanya juga akan meminta bukti prestasi seperti keikutsertaan dalam suatu kompetisi dan memenangkannya.

Selain itu, ada pula yang mengadakan seleksi tertulis atau praktek (untuk bidang olahraga atau seni) untuk melihat kemampuan dan pemecahan masalah secara langsung. 

2. Kemampuan bahasa asing

Syarat pertukaran pelajar ke luar negeri selanjutnya adalah kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Exchange student  ke luar negeri akan membuatmu bertemu dengan banyak orang dari negara berbeda. Oleh sebab itu, diperlukan penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. 

Persyaratan bahasa Inggris yang di minta biasanya di buktikan dengan sertifikasi TOEFL atau IELTS. Standarnya pun beragam tergantung negara yang di tuju, namun rata-rata untuk TOEFL adalah 550 atau 80 untuk iBT, sedangkan IELTS adalah sekitar 6.5. Perhatikan detail yang di minta, misalnya skor tertentu untuk keahlian tertentu, misalnya writing minimal 15. 

Selain itu, beberapa program student exchange yang di adakan oleh lembaga dari negara tertentu juga mungkin mensyaratkan kemampuan berbahasa negara mereka. Tingkatan kemampuan yang di butuhkan biasanya di sesuaikan dengan jenis program student exchange yang di ikuti. Ada yang hanya membutuhkan kemampuan dasar, menengah, maupun tingkat lanjutan. 

BACA JUGA: Deretan Menteri Lulusan Amerika Di Indonesia yang Inspiratif!

3. Kemampuan finansial

Tidak semua program student exchange bersifat gratis atau di sediakan uang saku, ada pula program yang sifatnya berbayar. Oleh sebab itu kemampuan finansial termasuk ke dalam salah satu syarat pertukaran pelajar ke luar negeri untuk program seperti ini.

Biasanya pihak calon peserta membayarkan sejumlah uang untuk penyelenggara yang kemudian akan di alokasikan untuk transportasi, akomodasi, biaya program dan lain-lain. Sementara uang saku biasanya tidak termasuk di dalam jumlah yang di bayarkan. 

Biaya yang di butuhkan untuk program pertukaran pelajar berbayar ini juga sangat variatif, tergantung program yang di adakan serta negara yang di tuju. Jika masih di kawasan Asia, biayanya dapat sekitar belasan hingga puluhan juta rupiah. Sementara untuk negara-negara Eropa atau Amerika bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Salah satu perbedaan program student exchange berbayar dan yang di biayai adalah syarat di terapkan. Program pertukaran pelajar yang di biayai biasanya memiliki persyaratan yang tinggi dan seleksi yang ketat untuk dapat terpilih. Sementara program student exchange yang berbayar biasanya tidak terlalu selektif dalam memilih calon peserta. 

BACA JUGA: Apa Itu Sains dan Jurusan Apa yang Paling Diminati?

4. Kesehatan

Hal yang tidak kalah penting dalam syarat pertukaran pelajar ke luar negeri adalah kondisi kesehatan calon peserta yang di buktikan dengan catatan kesehatan yang di keluarkan oleh rumah sakit. Hal ini untuk memastikan pelajar berada dalam kondisi sehat dan prima untuk dapat mampu beradaptasi dan mengikuti program dengan baik di negara tujuan.

Biasanya ada beberapa riwayat penyakit yang tidak memenuhi kualifikasi, tergantung penyelenggaraan program student exchange tersebut. Misalnya, jika program pertukaran pelajar tersebut di adakan di akhir tahun di negara yang mengalami musim dingin, maka peserta dengan riwayat asma, atau alergi dengan cuaca dingin akan tidak memenuhi kualifikasi. Biasanya para pelajar yang ikut program student exchange ini akan di ikut sertakan dalam asuransi kesehatan negara tempat berkuliah nantinya.

5. Mengikuti tahapan seleksi dan wawancara

Sebagian besar program pertukaran pelajar, terutama yang di biayai, memiliki rangkaian seleksi untuk di ikuti setiap calon peserta. Kamu harus mengikuti semua rangkaian seleksinya dan mengirimkan semua dokumen yang diminta agar dapat dipertimbangkan.

Selain itu, setiap program pertukaran pelajar juga menjadikan wawancara sebagai salah satu tahap seleksi dan syarat programnya. Beberapa program student exchange yang di sediakan untuk pelajar SMA biasanya juga membutuhkan wawancara orang tua. Dalam banyak kasus, tahapan wawancara ini sendiri merupakan salah satu syarat yang akan menentukan apakah kamu lulus atau tidak. 

BACA JUGA: Mau Studi di Prancis? Ini Sejarah Hingga Fakta Uniknya!

Berencana Ikut Program Pertukaran Pelajar?

syarat pertukaran pelajar

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang pernah terpikir untuk mengikuti program pertukaran pelajar, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui syarat pertukaran pelajar itu sendiri. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan diri untuk memenuhi kualifikasinya.

Dua modal utama yang bisa kamu persiapkan sejak awal SMP adalah adalah nilai akademik dan kemampuan berbahasa asing yang baik. Kedua hal tersebut akan menjadi pembuka kesempatan bagimu baik untuk program pertukaran pelajar, beasiswa maupun pendaftaran universitas. 

Seperti yang di sampaikan sebelumnya, setiap program student exchange memiliki persyaratan yang berbeda. Perhatikan baik-baik persyaratannya dan pilihlah program pertukaran pelajar yang paling sesuai dengan minat, bakat serta kemampuanmu. Pengalaman pertukaran pelajar tentunya akan memberimu pengalaman yang akan membuka wawasan. 

Supaya siap dalam menghadapi perkuliahan di luar negeri, lengkapi gadget-mu dengan SUN Education Mobile App. Semua informasi tentang perkuliahan di luar negeri bisa kamu dapatkan di dalamnya. Apalagi SUN Education Mobile App sudah bisa di-download GRATIS di App Store maupun Play Store!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan