tes cara mengetahui bakat diri sendiri
Pentingnya Tes Bakat dan Minat untuk Pilih Jurusan Kuliah
21 Oktober 2022
syarat visa china
6 Syarat Penting Apply Visa China
25 Oktober 2022

Catat, Ini Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Tes TOEFL

Mau ikut tes TOEFL? Ternyata persiapannya nggak boleh sembarangan, lho! Test of English as a Foreign Language (TOEFL) sendiri adalah tes bahasa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Biasanya tes ini dijalankan untuk persyaratan kelulusan sekolah atau kuliah, atau persyaratan masuk ke universitas atau perusahaan. Makanya, tes satu ini pastinya akan mulai kamu kenali sejak duduk di bangku SMA. Biasanya ada minimum score tes TOEFL yaitu 600 sebelum peserta dinyatakan lulus. Namun score minimal dari tes ini juga tergantung dengan kebutuhan maupun keinginan institusi.

Sadar akan pentingnya hasil score test TOEFL itp, makanya banyak orang yang berbondong-bondong dalam menyiapkannya sebaik mungkin. Bahkan sampai ada yang niat les bahasa Inggris untuk TOEFL prep demi mendapatkan nilai yang mereka impikan. Nah, kalau memang kamu ingin mengikuti tes TOEFL, ada baiknya kamu baca dulu bagaimana persiapan, harga, dan kegunaannya untuk apa saja terlebih dahulu. Yuk, kita simak selengkapnya!

Aneka jenis tes TOEFL

central international education

Ada dua jenis TOEFL yang paling sering menjadi pilihan siswa Indonesia yaitu ITP dan iBT. Yuk, kita secara detil bahas satu per satu! Check it out!

TOEFL Institutional Testing Program  (ITP)

Selain dikenal sebagai Institutional Testing Program TOEFL (ITP TOEFL), jenis tes TOEFL ini juga punya nama lain yaitu Paper-Based TOEFL. TOEFL jenis ini hanya untuk mendaftar short course tertentu, ujian saring masuk atau melamar pekerjaan. 

TOEFL Internet Based Test (iBT)

Hasil tes dari iBT TOEFL ini diakui secara internasional. Seperti namanya, TOEFL internet-based test (iBT) ini dilakukan dengan bantuan jaringan internet. Fungsi dari score iBT TOEFL ini adalah sebagai salah satu persyaratan bahasa Inggris di universitas luar negeri dan banyak lagi.

Biaya tes TOEFL

Beda jenis TOEFL tentu beda biayanya. ITP TOEFL memiliki harga yang lebih murah karena penggunaannya juga terbatas. Untuk mengikuti jenis tes ini, kamu cukup membayar sekitar Rp550.000 namun tergantung lembaga penyelenggaranya.

Di sisi lain, iBT TOEFL harganya lebih mahal karena fungsinya yang lebih luas dan masa aktifnya juga lebih lama yakni dua tahun. Harga yang harus kamu bayarkan untuk mengikuti tes ini sekitar Rp2,5 juta – 3 juta per tes. Harganya bisa berubah-ubah tergantung kurs dollar terhadap rupiah saat kamu mengikuti tesnya.

BACA JUGA: Berencana S1 di Luar Negeri? Ketahui Kategori Standar Skor TOEFL Saat Ini!

Test TOEFL Jakarta, ada dimana?

tes toefl itp

Ada beberapa tempat test TOEFL Jakarta yang bisa kamu datangi kalau kamu mau berdomisili di Jabodetabek. Apa saja, ya?

British Council

Rekomendasi tempat tes TOEFL pertama adalah British Council. Untuk harganya sekitar Rp2.9 juta untuk sekali tes. Tapi ingat, perhatikan keadaan mata uang di negaranya biar kamu nggak salah.

International Test Center (ITC)

Pilihan selanjutnya adalah International Test Center yang menyelenggarakan tes TOEFL. Biasanya prosesnya dilakukan setiap bulan atau di akhir pekan. Pendaftaran dan cek skor bisa dilakukan secara online.

SUN English

SUN English menjadi salah satu lembaga penyedia tes TOEFL itp dan tes-tes lain yang berhubungan dengan persyaratan masuk kuliah. Selain menjadi penyelenggara test TOEFL Jakarta yang resmi, SUN English juga menyediakan prep test course buat kamu yang sedang menyiapkan diri menghadapi tes-tes tersebut.

Kini tinggal pilihannya ada di tangan kamu. Tentunya tempat-tempat ini memiliki harga dan fasilitas berbeda yang mungkin sesuai dengan kamu. Jangan lupa untuk mempersiapkan tes TOEFL sebaik-baiknya, ya!

Persiapan untuk tes TOEFL

Sudah pasti banyak hal yang harus kamu lalukan sebelum melakukan ujian yang sulit ini. Maka dari itu disini kami akan memberikan beberapa tips dan trik yang akan meningkatkan tingkat keberhasilan kamu dalam mengerjakan tes ini. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan TOEFL! Read carefully !

Minta bantuan orang lain yang faham akan tes TOEFL

Belajar untuk TOEFL itu sebenarnya paling ampuh dengan meminta bantuin orang lain. Dengan meminta bantuan mereka, kamu akan lebih mudah bertanya bahkan mengevaluasi apa saja yang perlu kamu perbaiki sebelum mengikuti tes ini.

Perkaya kosakata

Cobalah setiap harinya kamu punya target berapa banyak kosakata yang bisa kamu hafalkan. Selain itu kamu juga bisa belajar menerjemahkan soal Test TOEFL Jakarta atau teks yang ada di dalamnya. Jika teratur, pasti kosa kata kamu makin kaya! 

Berlatihlah dari jauh-jauh hari

Faktanya, kamu nggak bisa mempersiapkan TOEFL sehari bahkan seminggu sebelum mengikutinya. Setidaknya, kamu harus persiapan sejak tiga atau enam bulan sebelumnya. Kenapa harus lama menyiapkannya? Semakin matang persiapan kamu, dijamin kamu bisa mencapai hasil yang kamu inginkan!

Ikut TOEFL Preparation Class

Sekarang sudah banyak tempat les bahasa Inggris yang menyediakan TOEFL Preparation Class. Dalam kelas ini kamu bisa belajar secara intens mengenai TOEFL yang akan kamu hadapkan. Salah satu tempat les bahasa Inggris yang menyediakan TOEFL Preparation Class adalah SUN English. All the teachers are certified and helpful! Pasti kamu bakalan 100 PERSEN siap untuk ikut TOEFL, deh!

 

Strategi menghadapi tes TOEFL IBT

test toefl jakarta

Selain persiapan, ada strategi yang perlu kamu lakukan saat menghadapi TOEFL IBT Test. Apa saja, ya? Simak yang ada di bawah ini!

Jangan panik dan takut salah

Selama melaksanakan TOEFL, kamu hanya bisa mengandalkan kamu sendiri dan tentunya bergantung pada persiapan yang sudah kamu siapkan dari jauh-jauh hari. Saat kamu menghadapi tes toefl itp, usahakan jangan panik dan takut salah. Justru hal ini yang membuat kamu nggak bisa konsentrasi. Usahakan untuk tenang supaya kamu bisa berpikir jernih saat mengerjakan.

Jangan terpatok pada satu soal saja

Kalau kamu merasa kesulitan pada satu soal, jangan diam saja! Biarkan saja terlebih dahulu dan kerjakan yang lebih mudah baru kembali pada soal tersebut. Dengan begini kamu tidak stuck pada satu soal saja dan bisa mengerjakan yang lain terlebih dahulu.

Atur waktu yang baik

Di setiap TOEFL section ada waktunya masing-masing. Waktu ini wajib kamu manfaatkan semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. Saat mempersiapkan TOEFL, perhatikan berapa waktu yang kamu gunakan dalam mengerjakan satu soal. Jangan sampai kamu belum selesai tapi waktunya sudah habis. What a nightmare!

 

BACA JUGA: 5 Beasiswa Keluar Negeri tanpa TOEFL yang Bisa Kamu Apply!

Kegunaan nilai tes TOEFL untuk apa saja?

Kegunaan score TOEFL sangat beragam. Buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri, kamu wajib memiliki sertifikat IBT TOEFL Test yang diakui secara internasional untuk menjadi syarat bahasa Inggris. Selain untuk kuliah, score TOEFL juga menjadi salah satu syarat lulus bagi anak SMA dan mahasiswa, lho. Terakhir, beberapa perusahaan juga menyarankan nilai TOEFL ini sebagai salah satu syarat naik jabatan.

 

Itu dia bocoran persiapan TOEFL IBT Test yang wajib kamu tahu! Persiapkan TOEFL dengan lebih baik bersama SUN English. Kelasnya fleksibel, teachers nya sangat berpengalaman dan ada dimana-mana. Untuk melihat jadwal test TOEFL Jakarta atau IELTS, kamu bisa melihat di SUN Education Mobile App. Dalam satu aplikasi kamu bisa lihat jadwal tes TOEFL itp juga kabar-kabar terbaru mengenai kuliah di luar negeri, wajib download!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan